RESEP CUMI GORENG TEPUNG, CUMI MASAK COMBRANG
Gambar: instagram

Resep Cumi Goreng Tepung Dan Cumi Masak Combrang Ala Rumahan

Resep cumi yang sederhana tapi enak

1. Resep cumi masak combrang

Resep cumi masak combrang
Gambar: youtube

Bahan:

  • 1 kilogram cumi
  • Mnyak goreng

Bumbu halus:

  • 4 bwang ptih
  • 10 bwang mrah
  • 3 kemiri
  • 1 sndok teh garam
  • 1 ½ sndok teh gulapasir

Bumbu yang di potong:

  • 1 kecombrang
  • 4 cabe mrah bsar
  • 5 cabe hijau bsar
  • 4 tomat ijo
  • 1 tomat mrah
  • Lengkuas sebesar ibu jari
  • Cabe rawit

Bumbu cemplung:

  •  3 sndok makan kecap mnis
  • 1 sndok makan saostiram
  • Penyedap rasa

Cara masaknya:

Siapkan cuminya sebanyak 1 kilogram, Nah cumi ini sudah di bersihkan sebelumnya jadi tinggal rajang aja, potong cumi nya (+-) panjangnya 2-3 cm, tapi kalau cuminya kecil-kecil udah nggak usah dipotong, setelah cumi dipotong nanti kita akan siapkan bmbu halusnya, siapkan 4 bwang ptih, kemudian 10 bwang mrah, 3kemiri dan juga ½ sndok teh mrica boleh pakai hitam atau putih, kemudian 1 sndok teh garam, 1½  sndok teh gula pasir.

Kita akan ulek sampai halus, kalau sudah. siapkan lagi bumbu rajang nya atau bumbu iris, di sini ada satu buah kecombrang, 4 cabe merah besar, kemudian ada 5 cabe hijau besar dan 4 buah tomat hijau, lalu tambahkan tomat merah supaya nanti warnanya lebih cantik, kemudian sekarang kita siap untuk memasaknya.

👉TRENDING:   Resep Bihun Goreng & Resep Ikan Panggang Teflon Sederhana

Pertama goreng cumi nya terlebih dahulu, ini fungsinya supaya nanti ketika cumi dicampur dengan bumbu udah enggak ada airnya lagi, jadi cuma tinggal aduk-aduk aja, goreng sampai cuminya matang, tapi jangan terlalu lama supaya cuminya enggak alot, jika udah matang, kemudian kita tumis bumbu halusnya, kita masukkan wajan yang sama cuman minyaknya dikurangin supaya nggak kebanyakan, Nah kita akan tumis bumbu nya sampai harum, kalau sudah.

Masukkan bumbu rajang yang tadi, ada Laos, cabe merah, cabe hijau, tomat hijau, dan tomat merahnya, kemudian kita akan tumis bumbu rajang nya sampai nanti berbau harum, tapi enggak boleh terlalu lama, jadi supaya tetap segar dan warnanya tetep cantik.

Kemudian masukkan cumi yang tadi sudah digoreng, kemudian tambahkan bumbu lainnya, ada kecap manis sebanyak 4sendok makan, saus tiram sebanyak 1 sendok makan, penyedap rasa sesuai dengan selera, setelah ini kita akan aduk cepat, kalau cuminya sudah masuk, berarti masaknya enggak boleh lama-lama, cuma tinggal di aduk-aduk sebentar dengan api besar masak nya, setelah itu siap untuk dihidangkan.

👉TRENDING:   10 Resep Kreasi Roti Enak: Cocok Untuk Ide Jualan

2. Cumi goreng tepung

Cumi goreng tepung
Gambar: instagram

Bahan untuk membuat :

  • 600 gr cumi
  • 2 butir telur
  • 10 sndok makan tepung bmbu (mamasuka)

Bumbu yang di potong:

  • 10 bwang ptih
  • 4 cabe mrah bsar
  • 2 btang daunbawang

Bumbu cemplung:

  • 1 sndok teh gulapasir
  • ¼ sndok teh garam
  • ¼ sndok teh merica
  • Penyedap rasa

Cara Memasaknya:

Siapkan cuminya sebanyak 600gram, sekarang kita langsung aja buat bumbunya, di sini ada 10 siung bawang putih, bawang putihnya dicincang halus aja, kalau sudah halus taruh dulu dalam wadah, kemudian siapkan bumbu lainnya, siapkan cabe merah sebanyak 4 biji, tapi dalamnya sudah dibuang, supaya enggak terlalu pedas.

Kalau misalnya mau pedes boleh isinya usah dibuang dan tambahkan lagi cabe rawit supaya lebih pedas, kalau sudah. Sisihkan lagi ke dalam wadah, Nah kalau cabenya sudah, sekarang potong lagi daun bawang, siapkan sebanyak 2 batang, kemudian potong serong-serong ya supaya lebih cantik, kalau sudah campurkan ke dalam wadah berisi bawang putih dan cabe, kalau sudah. Kita akan siap untuk membuat cuminya terlebih dahulu.

Siapkan telur sebanyak 2 butir, kemudian telurnya kocok, kita akan menggunakan bahan lainnya, siapkan tepung tapi tepungnya yang instan banget kali ini aku pakai tepung krispi dari memasuka jadi kita nggak perlu bikin adonan, kalau sudah saatnya kita akan balurkan cuminya kedalam tepung kemudian balurkan lagi ke dalam telur, setelah itu balurkan lagi ke dalam tepungnya, kenapa sih harus tepung dulu baru ke telur? Soalnya kalau langsung dari telur ketepung nanti hasilnya enggak cantik.

👉TRENDING:   Resep Sayur Asem Ikan & Ikan Saos Telur Asin: Masakan Simple Enak

Nah kalau sudah seperti ini siap masukan ke dalam wajan yang sudah diisi minyak yang sudah panas, inget ya minyaknya harus benar-benar panas dan kita akan goreng dengan api yang sangat besar, gorengnya juga harus langsung banyak karena nanti suhu panasnya akan menurun, kalau semua sudah digoreng, Sekarang saatnya tumis bumbunya, bawang putih terlebih dahulu, kita tumis bawang putih sampai nanti warnanya menjadi kecoklatan, jika sudah wangi baru masukkan cabe dan daun bawangnya, kita aduk sebentar, tambahkan bumbu lainnya supaya lebih sedap.

Tambahkan lagi gulapasir sebanyak 1 sndok teh, kemudian garam sejumput aja, mrica sebanyak ¼ sendok teh kita aduk lagi sebentar, setelah ini baru masukkan cumi yang sudah tadi kita goreng, aduk dengan api yang besar, kalau sudah. Kita matikan kompor dan kita sajikan dipiring.