10 aneka resep roti
Gambar: youtube

10 Resep Kreasi Roti Enak: Cocok Untuk Ide Jualan

Kreasi roti, nah saya buat dari 250 gram tepung terigu dan saya membuat 10 varian roti, ini sangat cocok untuk ide jualan ataupun untuk isian snack box.

10 Resep Kreasi Roti

Bahan adonan:

  • 250 gram protein
  • Tersedia tempat tidur 3 sdm
  • 2 sdm susu bubuk
  • 1 sdt ragi instan
  • 1 raja telur
  • 125 ml udara
  • 25 gr margarin
  • ½ sdt garam

Cara membuatnya:

Pertama kita buat dulu adonan rotinya, disini saya sudah menyiapkan 250gram tepung terigu protein tinggi, tambahkan 3 sendok makan gula pasir, 2 ragi instan, 1buah kuning telur, 125ml air dingin dari kulkas, kalau mau menggunakan susu cair juga boleh, lalu aduk sampai semua bahan tercampur rata agar lebih mudah, selanjutkan mengaduk menggunakan tangan, cuci tangan terlebih dahulu dan pastikan tangan sudah bersih.

Aduk sampai menjadi sebuah adonan yang menggumpal, selanjutnya tambahkan 25gram margarin dan ½sendok teh garam, tambahkan ½sendok teh SP, kalau teman-teman tidak menggunakan SP bisa diganti menggunakan ½sendok teh bread improver, kemudian aduk sampai margarin tercampur rata, selanjutnya dimixer menggunakan kecepatan paling tinggi mixer, sampai adonan menjadi kalis elastis, setelah dimixer (-+) selama 10menit kemudian kita cek kekalisan adonan, kita bentangkan dan adonan sudah tidak mudah sobek ini tandanya adonan sudah kalis elastis.

Selanjutnya kita bulatkan dan tutup menggunakan plastik atau kain bersih dan kita istirahatkan kurang (-+) 60menit, sampai mengembang 2 kali lipat, setelah diistirahatkan (-+) selama 60menit adonan sudah mengembang 2 kali lipat kemudian kita kempiskan adonan, siapkan alat kerja dan ini kita ulen sebentar kira-kira selama 30detik, bertujuan agar udara yang terperangkap dalam adonan bisa keluar, selanjutnya langsung kita bagi menjadi 10bagian, bila ditimbang beratnya (-+) 50gram, selanjutnya langsung kita bulatkan, pastikan permukaannya halus dan mulus ya.Lakukan sampai semuanya selesai, Nah kita mulai untuk varian roti:

👉TRENDING:   Resep Olahan Nasi: Arem-arem Dan Nasi Uduk

1. Roti sosis

Roti sosis
Gambar: instagram
Roti sosis nah ini kita pipihkan menggunakan rolling pin, kita pipihkan bulat kemudian langsung kita masukkan kedalam cup, saya menggunakan cup diameter 7cm, kemudian bagian atasnya ini saya beri saus tomat juga, bisa menggunakan saus sambal, tambahkan oregano, tambahkan juga sosis, beri toping keju dan saus sambal serta mayones.

2. Roti strawberry

Roti strawberry (2)
Gambar: instagram
Varian kedua ini sama seperti tadi, kita pipihkan saya mau membuat roti strawberry, ini langsung kita masukkan ke dalam cup.

3. Roti isi meises

Roti isi meises
Gambar: instagram

Varian ketiga saya membuat roti isi meses ya, Nah ini kita pipihkan dan bagian tengahnya kita biarkan agak tebal kemudian kita tambahkan Meises secukupnya. Kemudian kita tutup dan kita cubit-cubit agar nanti meisesnya tidak keluar, selanjutnya masukkan ke dalam cup.

4. Roti abon

Roti abon
Gambar: instagram

Untuk varian keempat ini saya mau membuat roti abon, ini sama seperti tadi, kita pipihkan dan bagian tengahnya kita biarkan agak tebal, sebenarnya ini optional kalau tidak diberi isian apa pun juga enggak papa, jadi nanti abonnya kita buat untuk toppingnya saja, tapi ini sengaja saya buat dalamnya ada abonya, kita bulatkan dan langsung kita masukkan ke dalam cup.

5. Roti keju

Roti keju
Gambar: instagram

Varian kelima Saya mau membuat roti keju, ini sama seperti tadi kita pipihkan dan bagian tengahnya kita buat agak tebal, kemudian kita tutup dan kita cubit-cubit dan langsung kita masukkan ke dalam cup, kemudian adonan kita istirahatkan kembali selama 15-20 menit.

6. Roti pisang coklat

Roti pisang coklat
Gambar: instagram

Varian keenam saya mau membuat roti pisang coklat, adonan kita pipihkan memanjang seperti, tambahkan meises secukupnya kemudian kita beri pisang di atasnya, ini saya menggunakan pisang tanduk, teman-teman juga bisa menggunakan pisang kepok, sebelumnya pisang sudah direbus atau ditumis menggunakan margarin, Nah sisa adonan nya kita potong menggunakan spatula kemudian kita gulung, kemudian langsung kita masukkan kedalam cup, ini saya menggunakan cup dengan panjang 14 cm

👉TRENDING:   Resep Ayam Panggang Santan Dan Ayam Panggang Kecap

7. Roti sosis potong

Roti sosis potong
Gambar: instagram
Untuk varian ketujuh saya mau membuat roti sosis potong, ini saya pipihkan memanjang, kemudian letakkan sosis diatas adonan dan kita gulung, bagian ujungnya ini kita cubit-cubit agar lebih rapi, selanjutnya potong menjadi 6 bagian dan langsung saya tata di dalam cup.

8. Wall bread

Wall bread
Gambar: instagram

Varian ke-8 ini saya mau membuat Wall bread, nah ini sama seperti tadi, kita pipihkan memanjang, letakkan meises secukupnya, bagian ujungnya ini kita gulung dan sisa adonan ini sama seperti tadi, kita potong menggunakan spatula atau scraper, kemudian ini langsung kita gulung lalu masukkan ke dalam cup.

9. Roti pizza

Roti pizza
Gambar: instagram

Untuk varian ke-9 ini saya mau membuat roti pizza, Nah ini kita pipihkan bulat, pindahkan langsung ke loyang agar lebih mudah, untuk bagian tengahnya ini mau saya cetak menggunakan gelas, kemudian langsung kita tusuk-tusuk menggunakan garpu, ini bertujuan agar nanti adonan tengahnya tidak mengembang, kemudian beri saus, sambal atau saus tomat, tambahkan juga oregano dan kita tata sosis di atasnya, selanjutnya kita tambahkan mayones dan untuk toppingnya saya menggunakan tomat, cabe hijau dan Kismis.

10. Roti semir

Roti semir
Gambar: instagram

Untuk varian ke-10 ini saya mau membuat roti semir, nah ini langsung kita bulatkan sama seperti tadi, adonannya kita istirahatkan (-+) 10menit.

Adonan yang pertama tadi sudah saya istirahatkan selama 20 menit dan untuk roti strawberry ini bagian tengahnya saya tusuk menggunakan garpu agar nanti adonan tengahnya ini tidak mengembang, kemudian langsung isi menggunakan selai strawberry dan sebelum dipanggang, permukaan rotinya mau saya oles menggunakan susu cair,  ini bertujuan agar rotinya nanti tidak keras, untuk yang roti meses ini saya beri topping meses diatasnya dan untuk yang roti strawberry ini saya beri wijen, wijen ini sudah saya sangrai sebelumnya.

Sedangkan untuk roti abon dan roti keju ini cukup kita oles menggunakan susu cair saja, jadi nanti topping kita tambahkan setelah roti matang dan ini siap kita oven, sebelumnya oven sudah saya panaskan selama 10menit, kemudian letakkan adonan di rak paling bawah, panggang di suhu 180° menggunakan api atas bawah, kita panggang selama 15 sampai 20 menit atau bisa disesuaikan dengan oven masing-masing, Nah ini adonan yang kedua sudah saya istirahatkan selama 20 menit, ini juga kita beri olesan susu cair, untuk roti pisang, dibagian atasnya saya beri topping meses.

👉TRENDING:   Cara membuat Kue Lapis Legit Kukus, Empuk Dan Enak Banget

Nah untuk roti sosis ini kita juga menggunakan susu cair, kemudian beri oregano keju parut, kemudian kita beri topping saus sambal dan mayones, untuk roti pizza kita oles juga menggunakan susu cair kemudian kita beri taburan biji wijen, untuk yang wall bread ini, kita oleh saja menggunakan susu cair, lakukan hal yang sama untuk adonan roti semir karena nanti topingnya kita tambahkan saat roti sudah matang.

Nah ini siap kita oven,  adonan yang pertama ini sudah saya oven selama 20 menit dan permukaan adonan sudah berwarna kecoklatan ini bisa kita angkat dan langsung adonan kedua kita masukkan ke oven, untuk suhu sama ya seperti tadi, Nah untuk adonan yang pertama setelah keluar dari oven ini langsung kita oles menggunakan margarin, ini bertujuan agar permukaan roti tidak keras, kemudian kita biarkan sampai benar-benar dingin.

Adonan yang kedua sudah saya panggang selama 20menit, keluar dari oven langsung kita olesin menggunakan margarin, biarkan sampai benar-benar dingin terlebih dahulu ya guys. Kalau rotinya sudah dingin sekarang kita beri topping, ini untuk roti abon permukaan saya oles menggunakan mayones yang dicampur dengan susu kental manis dan langsung kita gulingkan di atas abon.

Kemudian kita buat topping untuk yang roti keju, saya oles menggunakan margarin yang dicampur dengan gula pasir dan susu kental manis dan untuk roti semir ini kita belah rotinya tapi jangan sampai terputus, kemudian ini kita beri olesan margarin yang dicampur gula pasir dan susu kental manis. untuk ketebalan krimnya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing, kemudian kita beri meses secukupnya atau bisa juga diisi menggunakan keju parut.