9 Tips Sebelum Kuliah Teknik Elektro Yang Perlu Kamu Ketahui
Gambar: istockphoto.com

9 Tips Sebelum Kuliah Teknik Elektro Yang Perlu Kamu Ketahui

10 Tips sebelum masuk jurusan Teknik Elektro
Gambar: istockphoto.com

Semakin berkembangnya zaman, teknologi pun semakin maju dan berkembang terus-menerus, setiap detiknya selalu saja berkembang. Banyak anak-anak muda di Indonesia yang tertarik dengan teknologi dan ingin masuk ke dunia elektro, banyak juga yang lulusan SMA atau SMK ingin melanjutkan kuliah di Teknik Elektro. Berikut adalah tips buat kamu yang ingin masuk kuliah jurusan Teknik Elektro.

10 Tips sebelum masuk jurusan Teknik Elektro

1. Kemauan sendiri

Jika kamu sudah yakin ingin melanjutkan pendidikan di jurusan Teknik Elektro, kamu harus memantapkan niatmu bahwa kamu ingin masuk ke jurusan Teknik Elektro. Karena ini adalah yang sangat penting, jika kemauan hati kamu sudah menyetujui untuk masuk ke dunia elektro maka dengan otomatis seiring berjalannya perkuliahan, maka kamu akan senang hati untuk menjalaninya, berbeda jika yang tidak sesuai hatinya atau kemauannya sendiri, untuk masuk ke jurusan Teknik Elektro atau dipaksa oleh pihak tertentu terutama orang tua dan yang lainnya, maka kuliahnya akan semakin berantakan dan tidak sesuai dengan keinginannya.

2. Punya background teknik elektro

Punya background teknik elektro
Gambar: istockphoto.com

Background pendidikan harus sesuai, ini  tidak terlalu wajib banget, tetapi ini juga sangat penting bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di dunia elektro atau teknik elektronika. Dengan background kamu yang sebelumnya SMA atau SMK nya sesuai, contoh SMA jurusan IPA itu sangat sesuai untuk masuk ke dunia elektro atau Teknik Elektro, kemudian untuk SMK ini banyak backgroundnya ada teknik elektronika, teknik elektronika industri, kemudian ada teknik pendingin dan lainnya. Jurusan ini bisa masuk ke Teknik Elektro dan jurusan lainnya juga bisa masuk ke dunia elektro, tetapi dengan background yang sesuai, maka kamu akan dengan mudah untuk melanjutkan pendidikan di jurusan Teknik Elektro.

👉TRENDING:   Kuliah Manajemen Pemasaran: Ini Yang Akan Kamu Pelajari

3. Pelajari dasar elektro

Jika kamu yang memiliki background, juga harus memiliki atau mengetahui dasar-dasar elektro dan bagi kamu yang tidak memiliki background elektro, contohnya dasar-dasar seperti tipe-tipe arus listrik dan lain-lainya. Wajib pelajari dasar-dasar elektro agar mudah untuk menempuh pendidikan di bangku kuliah, karena jika kamu sudah tau tentang elektro maka kamu sudah mempunyai dasar tersendiri untuk belajar elektro.

4. Biasakan praktek tanpa disuruh

Biasakan praktek tanpa disuruh
Gambar: istockphoto.com

Maksudkan tanpa di suruh ini kamu harus banyak-banyak praktek sendiri, seperti menyolder, membuat rangkaian sendiri, atau mengkoneksikan listrik rumah sendiri, walaupun mungkin ada yang salah atau konslet, meledak, itu adalah tahap-tahap awal kamu belajar, jadi masih sangat wajar jika kamu salah atau membuat kesalahan, terbakar atau meledak pada rangkaian yang kamu buat sendiri, karena kesalahan sebelum atau saat menjalani kuliah itu sangat wajar, tetapi sudah tidak wajar jika kamu sudah lulus di bangku kuliah, kamu melakukan kesalahan itu akan berakibat fatal. Praktek ini sangat penting, jadi kamu harus benar-benar praktek sebelum menempuh pendidikan di dunia elecktro.

5. Sering menonton video tema elektro

Sebelum kamu masuk dunia elecktro atau kuliah di dunia elektro, kamu boleh coba cara ini untuk sering-sering menonton video-video di YouTube yang berkaitan atau bertemakan tentang Elektro, di situ banyak terdapat tips-tips atau ilmu tentang dunia elecktro, cara-cara tersendiri, cara mengukur resistor, cara mengoneksikan listrik atau instalasi listrik yang paling dasar, Semakin kamu banyak nonton video-video itu maka kamu akan semakin menginspirasi untuk membuat suatu produk tersendiri.

👉TRENDING:   Cakupan materi esensial dan Tidak Esensial

6. Cari komunitas elektro

Cari komunitas elektro
Gambar: istockphoto.com

Ini sangat penting, cari komunitas elektro sebelum masuk kuliah atau sesudah masuk kuliah, contohnya kamu bisa masuk komunitas Elektro di Facebook, WhatsApp, Line, Instagram, Telegram dan lain-lainnya. Tapi di sarankan kamu gabung di grup facebook, banyak group-group facebook yang bertemakan tentang elektro, banyak terdapat di Facebook bertebaran, kamu bisa pilih dan gabung group mana yang kamu suka.

Kemudian setelah masuk kuliah, kamu juga harus perbanyak cari komunitas elektronik, kamu bisa masuk Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro di kampus-kampus kamu sendiri, sebelum itu kamu bisa cari tahu tentang komunitas itu di Instagram Hima elektro di kampus, selain itu juga kamu bisa masuk organisasi lainnya, komunitas lainnya, di lain elektro itu untuk mengasah soft skill kalian.

7. Cari Universitas terbaik

Cari universitas terbaik ini sangat penting, minimal kalau bisa masuk universitas yang jurusan Teknik Elektro nya terakreditasi B, karena jika kamu ingin jenjang lebih tinggi ke Universitas Negeri, S2 universitas negeri, kamu minimal harus kampusnya atau jurusannya itu adalah akreditasinya B, Kenapa akreditasi di sini sangat penting? Karena dengan akreditasi kamu bisa melihat jurusan atau kampus tersebut baik atau tidaknya tentang mengajari mahasiswa nya,

👉TRENDING:   7 Tema Modul dengan Topik dan Tujuan yang lebih Spesifik

8. Rencanakan progres

Rencanakan progres
Gambar: istockphoto.com

Rencanakan progress kedepannya sebelum kamu masuk jurusan Teknik Elektro, kemudian setelah setelah lulus mau ngapain? perbanyak waktu di luar, contoh kamu ingin buka usaha sendiri maka lakukanlah sedikit demi sedikit dari kamu sebelum kuliah sampai setelah kamu lulus, banyak diantara orang-orang yang kuliah di jurusan Teknik Elektro menyepelekan ini, mereka hanya mengikuti alur perkuliahan, padahal perkuliahan itu hanya menyerap ilmu sebesar sekitar 15%-20% sisanya kamu cari sendiri di luar atau autodidak, karena kuliah tidak tidak menjamin kamu untuk sukses di masa depan, yang menjamin adalah kamu sendiri mau bergerak atau tidak.

9. Siapkan mental

Siapkan mental disini maksudnya adalah kamu harus siapkan mental fisik dan mental hati, karena Jurusan Elektro itu adalah salah satu jurusan tersulit di Indonesia atau di dunia untuk lulusnya, terdapat banyak mata pelajaran seperti tentang fisika, kimia, jadi elektro tidak hanya tentang membuat robot atau membuat instalasi listrik, tetapi banyak pelajaran-pelajaran yang harus kamu pelajari.

Siapkan mental kamu, jika mental kamu tidak siap maka akan mental di tengah jalan, banyak kejadian-kejadian seperti itu, mereka tidak kuat di jurusan Teknik Elektro, kemudian mereka mental dan keluar dari kuliahnya sehingga membuang-buang waktu pada kuliahnya.