6 Cara Mengatasi Rambut Ubanan Secara Alami

6 Cara Ampuh Mengatasi Rambut Ubanan Secara Alami

Mengatasi rambut ubanan secara alami
Gambar: istockphoto.com

Hallo sobat aloberita, Siapa nih disini yang rambutnya sudah ubanan? walaupun usianya masih muda tapi ubanan, kali ini aloberita akan membahas bagaimana cara mengatasi rambut beruban secara alami, kita kembalikan menjadi hitam dengan cara yang alami tentunya tanpa menggunakan obat-obatan, cara ini efektif dalam menghitamkan rambut yang sudah ubanan, tetapi banyak orang yang memilih cara yang lebih singkat dan juga cara yang lebih gampang seperti mengecat rambut, tapi kali ini kita akan bahas cara yang alami dalam menghitamkan.

Cara mengatasi rambut beruban secara alami

Mengatasi rambut ubanan secara alami-2
Gambar: istockphoto.com   

1. Minyak kelapa dan lemon

Minyak kelapa dan juga lemon ini bisa buat mengatasi uban, karena di minyak kelapa itu ada vitamin E, vitamin K dan juga zat besi, itu bisa merangsang regenerasi dari batang rambut, kemudian vitamin C yang terdapat pada Lemon itu tidak kalah penting untuk menjaga kesehatan rambut kita, campuran minyak kelapa dan lemon ini lebih bagus dan lebih baik, bisa dilihat dari aromanya apabila mencampurkan minyak kelapa dan lemon, dibandingkan kalau  hanya memakai minyak kelapa saja, jadi aromanya itu lebih wangi.

Caranya itu ambil 1 buah lemon, kemudian 5 sendok minyak kelapa, 1 buah lemon tadi diperas, lalu dicampur 5 sendok minyak kelapa tadi, diaduk sampai rata, lalu diaplikasikan pada rambut, tunggu 10-30 menit, kemudian dibilas.

👉TRENDING:   Permasalahan Penyakit Diare Dan Gula Dalam Makanan

2. Minyak kemiri

Ini sudah terekspos ataupun sudah terkenal minyak kemiri ini dari zaman dulu sampai sekarang, bisa membuat rambut menjadi hitam dan juga lebih tebal dan lebat, biasanya kalau orang yang rambutnya sudah mulai menipis itu pakai minyak kemiri. Kenapa minyak kemiri itu bisa menghitamkan dan juga menebalkan rambut? itu karena vitamin dan juga asam lemak yang terkandung di dalam minyak kemiri.

Jadi bisa mendapatkan minyak kemiri ini di mana saja atau misalnya ingin membuat sendiri minyak kemiri itu bisa, kalau seandainya memakai minyak kemiri sendiri di rumah. Caranya ambil kemiri kemudian bakar, kemudian ditumbuk dan diperas minyaknya, minyaknya ini yang akan dipakai di rambut.

Nah ini bisa diaplikasikan setiap hari, ini bisa dipakai misalnya sebagai masker rambut juga bisa, jadi bisa dipakai sewaktu sebelum tidur kemudian pagi harinya dibilas. Ini bisa diaplikasikan di rumah, mau beli kemiri sendiri di pasar, mau membuat dengan cara tradisional tadi juga boleh.

3. Kulit kentang

Pati dalam kulit kentang itu bisa sebagai pewarna alami untuk rambut. Caranya ambil kulit kentang, campur dengan air, direbus hingga mendidih kurang lebih 25 menit, setelah mendidih disaring, yang kita perlukan air rebusan tadi bukan kulit kentangnya, sudah disaring kemudian diamkan hingga dingin, takarannya 1 gelas kulit kentang ditambahkan 2 gelas air.

👉TRENDING:   5 Penyebab Yang Menyebabkan Telinga Jadi Gatal

Jika tidak suka dengan aromanya karena tidak enak, bikin pusing. Nah itu bisa dicampurkan dengan minyak esensial supaya aromanya lebih fresh, lebih segar, lebih enak jika dipakai ataupun diaplikasikan. Cara mengaplikasinya bisa menggunakan tangan langsung diambil dipijat-pijat rambutnya atau menggunakan sikat seperti mengecat rambut, dilakukan sampai warna rambutnya kembali seperti semula.

4. Daun jambu biji

Jadi daun jambu biji ini juga bermanfaat dalam menghitamkan kembali rambut, vitamin C serta kandungan tinggi antioksidan yang terdapat didalam daun jambu biji, bisa menjaga kesehatan rambut, memperkuat rambut, dan juga mempertahankan pigmentasi rambut.

Cara mengaplikasikan daun jambu biji ini bisa ambil beberapa lembar saja daun jambu bijinya, kemudian ditumbuk alus bisa dicampurkan dikita aja air, lalu dioleskan ataupun dipijat di rambutn, dipijat sampai enjoy, sambil santai, jadi lakukan kegiatan-kegiatan tadi dengan enjoy, balurkan keseluruh rambut, tunggu kira-kira 1 jam, kemudian baru dibilas. Lakukan 2-3x seminggu.

5. Bawang bombai

Jadi kandungan yang tinggi bawang bombai, kandungan enzim katalase itu mampu menghilangkan hidrogen peroksida, ini adalah penyebab terjadinya uban. Kandungan vitamin lain juga di bawang bombai ini bisa membuat rambutn kuat, kemudian bebas ketombe, walaupun memang agak bau aromanya itu tidak enak, tapi manfaatnya bisa di dapatkan.

Cara mengaplikasikannya itu bawang bombai itu diparut ya diparut, kemudian disaring, kemudian baru dibalurkan di rambut, kemudian memakai handuk ditutup pakai handuk atau pakai sower cup, tunggu kira-kira 30 menit lalu dibilas, jangan lupa di shampo, kalau tidak dishampo itu baunya ataupun aromanya jadi tidak enak.

👉TRENDING:   Menjaga kesehatan Dan Dampak Balita Minum Kopi

6. Kembang sepatu

Jadi kembang sepatu ini bermanfaat juga untuk mengatasi uban. Kandungan polifenol dan juga saponin di kembang sepatu ini bermanfaat untuk mengatasi uban ataupun ubanan.

Cara menghilangkan uban dengan kembang sepatu itu bisa mencampurkan kembang sepatu dengan minyak kelapa, minyak kemiri, ataupun minyak zaitun, Nah cara mengaplikasikannya ambil minyak salah satu tadi, kemudian dipanaskan, ambil beberapa helai kelopak kembang sepatu tadi setelah panas, baru didinginkan, setelah didinginkan minyak tadi dioleskan ke rambut, setelah dioleskan dan tunggu 30 menit baru dibilas sampai bersih, jangan lupa di shampo juga.

Itulah cara alami untuk menghitamkan rambut yang sudah memutih, yang sudah ubanan sebelum waktunya, jadi bisa diterapkan dirumah cara tersebut, gampang tinggal cari berbagai macam bahan-bahan tadi, mana yang mudah didapatkan dan juga mana yang mudah diterapkan menurut kalian di rumah.