Hindari Makan Buah Dan Sayuran Ini !

25+ Buah-Buahan yang Bersifat Asam dan Basa

25 Buah-Buahan yang Bersifat Basa – Mengkonsumsi makanan dan minuman yang bersifat basa atau bisa disebut juga dengan asam, dapat membantu untuk melawan asam lambung berlebih yang sebagai pemicunya adalah makanan yang banyak mengandung lemak, makanan yang terlalu pedas atau juga karena stres.

Pada saat asam lambung meningkat, sebaiknya anda harus mengimbanginya dengan makanan atau minuman tertentu yang memiliki kandungan basa (alkali) dan berfungsi untuk menetralisir asam yang berlebih pada tubuh karena produksi asam dalam tubuh yang berlebihan, Disamping itu badan juga bisa menjadi lebih sehat.

Daftar Buah-Buahan yang Bersifat Basa

Daftar Buah-Buahan yang Bersifat Basa

Berbagai macam makanan memiliki kadar kandungan tinggi basa (alkali), misalnya pada sayuran, buah-buahan, umbi-umbian, beberapa biji-bijian, dan masih ada banyak lagi beberapa macam makanan yang dikonsumsi lainnya.

Makanan yang dapat membantu mengurangi asam pada lambung yang berlebih :

Susu Produk

Dengan mengkonsumsi susu kedelai, susu almond, keju kedelai, keju kambing, buttermilk dan whey, maka anda sudah mengkonsumsi sebagian kecil yang mengandung kadar basa. Parmesan dan keju olahan membuat tubuh menghasilkan asam, maka dari itu harus dihindari.

Umbi-umbian

Ada beberapa makanan umbi-umbian atau jenis tanaman menjalar yang bisa dikonsumsi dan bersifat basa juga merupakan salh satu sumber serat yang baik untuk tubuh, seperti lobak, bit, wortel,dan ubi jalar.

Disamping bermanfaat untuk meningkatkan bakteri baik dalam usus, menurunkan kadar tinggi kolesterol dan juga mencegah adanya resiko penyakit jantung dan usus.

👉TRENDING:   Cara Membersihkan Muka Yang Benar

Sayur

Beberapa macam sayur sayuran menjadi sumber basa (alkali) dan mampu untuk mengurangi asam lambung yang berlebih.

Misalnya pada sayuran hijau seperti, bayam mentah, brokoli, peterseli, dan seledri memiliki kandungan jumlah tinggi alkali, begitu halnya dengan bawang putih dan artichoke.

Disamping itu juga, kembang kol, kacang hijau, kacang polong, asparagus, wortel, selada, zucchini, labu, jagung segar, jamur dan kentang efektif untuk dapat mengurangi tingkat asam pada lambung.

Hindari atau kurangi makanan seperti kacang merah, acar, ubi jalar dan bayam masak yang bisa memicu perut menghasilkan asam.

Minuman

Konsumsi minum-minuman alkali dapat membantu mengurangi asam dalam lambung, seperti teh hijau, teh herbal dan minuman jahe diketahui tinggi kadar basa (alkali). Hindari konsumsi kopi, teh hitam, minum-minuman keras, soda, anggur dan cokelat karena dapat meningkatkan kadar asam dalam tubuh.

Buah-buahan

Ada beberapa makanan buah-buahan yang diketahui memiliki kandungan sifat basa, termasuk buah kurma, kismis, kiwi, ara kering, blackcurrant, pepaya dan pir.

Buah mangga, kelapa, semangka, ceri asam, alpukat, tomat, persik dan strowberry diketahui memiliki kandungan kadar rendah basa. Disamping itu juga, hindari buah pisang, cranberry, blueberry, plum dan juice buah olahan yang memiliki kandungan asam.

Kacang-kacangan

Makanan dari jenis kacang-kacangan yang bisa mengurangi kadar asam dalam perut yaitu almond, chestnut hazelnut dan kacang brazil. Tetapi sebaliknya seperti, kacang mete, kacang tanah, walnut, kemiri dan pistachios bisa mengakibatkan naiknya asam lambung.

Sereal dan Biji-bijian

Sementara tidak ada sereal dan biji-bijian yang memiliki kandungan basa tinggi jagung, nasi, millet, lentil dan soba memiliki sifat sedikit basa yang bisa membantu untuk menyeimbangkan kadar asam yang dihasilkan oleh tubuh.

👉TRENDING:   Live Skor Piala Dunia 2022 Qatar : Jadwal, Hasil, Klassemen dan Top Score

Buah-buahan dan kadar basa

1. Buah Kismis dengan kadar basa pH 9.0
2. Buah Kurma dengan kadar basa pH 8.0
3. Buah Blackcurrant dengan kadar basa pH 9.0
4. Buah Pepaya dengan kadar basa pH 9.0
5. Buah Kiwi dengan kadar basa pH 9.0
6. Buah Pir dengan kadar basa Ph 9.0
7. Buah Kelapa dengan kadar basa pH 10.0
8. Buah Ceri dengan kadar basa pH 8.0
9. Buah Tomat dengan kadar basa pH 8.0
10. Buah Persik dengan kadar basa pH 8.0
11. Buah Alpukat dengan kadar basa pH 8.0
12. Buah Mangga dengan kadar basa pH 9.0
13. Buah Semangka dengan kadar basa pH 10.0
14. Buah strowberry dengan kadar basa pH 8.0
15. Buah Lemon dengan kadar basa pH 8.0
16. Buah Nanas dengan kadar basa pH 8.0
17. Buah Apel dengan kadar basa pH 8.0
18. Buah Pisang dengan kadar basa pH 8.0
19. Buah Anggur dengan kadar basa pH 9.0
20. Buah Melon dengan kadar basa pH 8.0
21. Buah Jeruk dengan kadar basa pH 8.0

Efek Makanan Asam

Konsumsi terlalu banyak makanan yang menghasilkan kadar asam, seperti gula atau protein, bisa meningkatkan keasaman pada urin dan efek negatif pada kesehatan lainnya.

Makanan asam dapat memicu terciptanya semacam batu ginjal yang disebut dengan batu asam urat atau uric acid stone. Terlalu banyak konsumsi makanan asam dapat mengakibatkan kerusakan pada otot juga tulang.

Kondisi ini timbul karena kalsium pada tulang dipakai tubuh untuk mengembalikan dan menyeimbangkan pH dalam darah saat menjadi terlalu asam.

👉TRENDING:   Makanan Sehat Untuk Anak Dan Sumber Gizi Kelor

Bukti memperlihatkan jika kandungan asam fosfat yang umum ditemukan dalam soda, mengakibatkan terjadinya kepadatan tulang yang lebih rendah, khususnya ketika tidak diimbangi dengan mengkonsumsi susu.

Kebanyakan kadar asam berlebih dapat mempertingkat resiko penyakit jantung, penyakit kanker dan hati. Cobalah untuk membatasi konsumsi beberapa makanan berikut, karena dapat memengaruhi keseimbangan asam-basa atau memengaruhi kesehatan secara negatif. Contohnya sebagai berikut :

Minyak, Garam, Kecap, mayones dan cuka.
Kopi, Keju olahan dan hard cheese.
Biji-bijian, seperti gandum, jagung dan beras.
Pemanis seperti madu olahan, gula, sirup maple, molase dan aspartam

Kesimpulan

Beberapa contoh diatas merupakan makanan dan minuman yang memiliki kadar basa tinggi ataupun rendah, dan sebaiknya untuk dikonsumsi atau lebih baiknya lagi untuk dihindari, disamping untuk menjaga kesehatan atau daya tahan tubuh, juga untuk mencegah beberapa penyakit yang kemungkinan terjadi.

Dilain sisi juga ada beberapa makanan yang banyak mengandung vitamin seperti vitamin A, vitamin C dan vitamin D. Selain itu, untuk memperlancar pencernanaan dalam organ tubuh juga untuk memperlengkap kebutuhan pada tubuh kita.

Penutup

Demikian pembahasan untuk kali ini mengenai menghindari konsumsi buah dan sayuran, untuk asam lambung yang berlebih. Semoga penjelasan dari kami dapat memberikan banyak manfaaat untuk anda. Sebagai pesan dari kami, jagalah selalu diri anda dan kesehatan anda.

Buah Pepaya Bersifat Asam Atau Basa , Buah Yang Bersifat Asam , Minuman Bersifat Basa , Pisang Bersifat Asam Atau Basa , Tabel Makanan Basa , Contoh Makanan Yang Bersifat Basa , Contoh Makanan Yang Bersifat Basa, Madu Bersifat Asam Atau Basa , Makanan Ph Basa Tinggi