Arti Bahasa Jawa Sugeng Enjing

Arti Bahasa Jawa Sugeng Enjing, Wilujeng Enjing dan Pengucapannya

Arti Bahasa Jawa Sugeng Enjing, Wilujeng Enjing dan Pengucapannya – Disamping membiasakan diri saling bertegur sapa atau salam sebelum mengawali kegiatan untuk menjadi penyemangat seseorang, juga dapat membangun suatu kepribadian yang sopan dan ramah tamah.

Selain memakai sapaan ada juga unggah ungguh, etika kesopanan, atau tata krama didalam bahasa jawa. dengan penempatan yang berbeda beda sesuai dengan usia, kasta atau derajat, dan status sosial.

Tata Krama Bahasa jawa

Salah satu bahasa adat indonesia yaitu bahasa jawa, diajarkan bagaimana anda untuk saling menghargai dan menghormati antar sesama manusia. Sehingga para masyarakat kembali mengetahui nilai moral serta budaya daerah.

Dalam tata krama bahasa jawa itu sendiri terbagi menjadi beberapa macam bahasa, yaitu :

Bahasa jawa ngoko

Bahasa jawa Ngoko merupakan tingkatan bahasa jawa yang cara pengucapannya bersifat kasar atau paling rendah. Pada umumnya bahasa tersebut dipakai dalam kalangan orang jawa untuk bercakap-cakap terhadap yang seusia sama ataupun lebih muda, maka kurang pantas jika dipakai untuk berbicara dengan orang yang lebih tua. Bahasa ngoko ini dibagi menjadi dua bahasa, yaitu ngoko alus serta ngoko lugu.

👉TRENDING:   Cara Belajar Bahasa Korea: Cepat dan Mudah di Pahami untuk Pemula

Bahasa jawa krama

Bahasa jawa krama sendiri juga terbagi menjadi 2 yaitu :
Krama lugu dipakai untuk menghormati seseorang, namun sudah mempunyai jalinan erat terhadap orang lebih muda yang disegani.
Krama inggil yaitu bahasa yang derajatnya tinggi sekali dan bahasa ini paling lembut dalam bahasa jawa. maka dari itu, dipakai beberapa anak muda terhadap seseorang yang usianya lebih tua darinya. Sebagai bentuk tata krama dan saling menghargai.

Ucapan salam selamat pagi bahasa jawa

Apa arti selamat pagi dalam bahasa jawa ?
Selamat dalam bahasa jawa artinya sugeng, atau wilujeng,
Sedangkan pagi dalam bahasa jawa artinya enjing atau enjang,
Maka, makna dari selamat pagi dalam bahasa jawa artinya sugeng enjing atau wilujeng enjing.

Diemikian juga, didalam bahasa jawa terdapat ucapan untuk saling bertegur sapa dengan orang lain, seperti Selamat Pagi, Selamat Siang, Selamat Malam.

Dalam pengucapan salam selamat pagi dengan bahasa jawa, ternyata masih ada juga pendapat lain yang sama salah kaprahnya, yaitu mempercayai jika sugeng enjing lebih rendah tingkatannya dengan wilujeng enjing yang dianggap mempunyai makna lebih halus. Sehingga, sebagai orang jawa yang penuh tata krama tentulah memandang wilujeng lah yang lebih pantas.

👉TRENDING:   Seleksi PPG Kemenag 2022, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Kemudian, ada juga yang menerjemahkan sebenarnya wilujeng enjing dapat diganti dengan sugeng enjing, karena mempunyai makna yang serupa yaitu selamat atau slamet.

Apabila hal semacam itu dirasa benar, adapun kata selamat yang lain yaitu rahayu. Maka, sugeng enjing dapat diganti menjadi rahayu enjing, akan tetapi kata itu malah kurang pantas.

Suatu contoh ucapan sapaan yang menggunakan bahasa inggris yaitu good morning yang memiliki arti selamat pagi, bila di definisikan sepotong good itu baik. Sementara nice serta fine, juga memiliki atau mempunyai arti baik. Jadi tidak mungkin dalam pengucapannya berganti atau berubah kata menjadi nice morning.

Meski sebetulnya , menurut bausastra jawa yang tertulis, jika sebenarnya selamat itu dalam bahasa jawa ngoko artinya slamet, wilujeng (krama) dan sugeng (krama inggil). maka dari itu telah dapat ditegaskan jika sugeng mempunyai tingkatan lebih tinggi dibandingkan dengan kata wilujeng ( dalam bahasa jawa krama inggil )

Perbedaan Enjang dan Enjing

Kata Enjang dengan kata Benjang merupakan bahasa krama inggil. Akan tetapi berbeda dalam segi arti, kata Enjang artinya esuk atau Pagi, sedangkan kata Benjang artinya sesuk atau besok.

Kata Enjing dengan kata Benjing merupakan bahasa krama desa, yaitu bahasa yang telah krama (bentuk kata yang paling santun) dibuat lebih santun lagi walau secara kebahasaan jdi cukup aneh atau kurang pantas diucapkan ataupun didengarnya.

👉TRENDING:   7 Cara Menghafal Kosakata Bahasa Inggris Dengan Mudah Dan Cepat

Ucapan selamat dengan bahasa jawa krama inggil

Selamat pagi, dalam bahasa jawa krama inggil :

  •  Sugeng Enjing
  • Sugeng enjang
  • Wilujeng enjang
  • Wilujeng Enjing

Contoh kalimatnya :
Sugeng enjang poro sedulur ?
Artinya : Selamat pagi saudaraku ?

Sugeng enjing, Mugi kita tansah . . . . .
Artinya : Selamat pagi, Mudah-mudahan kita selalu . . . . .

Selamat Siang, dalam bahasa jawa krama inggil :

  • Sugeng siang
  • Wilujeng siang

Selamat sore, dalam bahasa jawa krama inggil :

  • Sugeng sonten
  • Wilujeng Sonten

Selamat malam, dalam bahasa jawa krama inggil :

  • Sugeng dalu
  • Wilujeng Dalu

Selamat Tidur : (Sugeng Sare )
Selamat Makan : (Sugeng Dahar )
Selamat Datang : (Sugeng Rawuh )
Selamat Jalan : (Sugeng Tindhak )
Selamat Minum : (Sugeng Ngunjuk )
Selamat Duduk : (Sugeng Lenggah )
Selamat Bekerja : (Sungeng Makarya )
Selamat Tahun Baru : (Sugeng Warsa Enggal )
Selamat Mendengarkan : (Sugeng Midangetaken )
Selamat Ulang Tahun : (Sugeng Tanggap atau Ambal Warsa )

Demikian penjelasan dari kami mengenai, Arti bahasa jawa sugeng enjing, wilujeng enjing dan pengucapannya. Semoga ulasan tersebut dapat memberikan manfaat untuk anda.

Mari kita saling bertegur sapa dengan siapapun, kapanpun dan dimanapun berada, supaya semakin dekat dengan orang lain serta membuat hidup menjadi lebih senang sekaligus bahagia.