12 Makanan Ampuh Penghilang Ngantuk

12 Makanan Ampuh Penghilang Ngantuk, Bikin Mata Melek

12 Makanan Penghilang Ngantuk – Ada beraneka macam jenis makanan yang dapat dikonsumsi setiap hari, tetapi banyak juga yang belum tahu makanan yang buat mata melek serta penghilang rasa ngantuk yang paling efektif. Makanan penghilang ngantuk bisa saja menjadi solusi terbaik untuk kamu yang sulit bangun pagi.

Sering kita harus menenggak segelas kopi lebih dulu supaya pada pagi hari kita tidak ngantuk dan mata jadi melek, lalu mulai melakukan aktivitas rutin sehari-hari. Kita memerlukan makanan ini guna membantu dalam soal melakukan aktivitas bekerja yang berlebihan, misalnya saja kerja lembur.

Sebenarnya, malam hari memanglah bukan waktu yang baik untuk bekerja, karena selayaknya badan dan pikiran perlu istirahat supaya besok bisa bugar kembali. Tapi, tuntutan tugas tidak dapat dihindari. Terkadang, ada banyak orang yang mempunyai tugas yang bertumpang tindih hingga mereka harus bergadang untuk menyelesaikannya pada malam hari.

Ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi agar membuat kita tidak merasa ngantuk atau membuat mata jadi melek pada saat kita sedang dituntut dalam suatu pekerjaan yang harus diselesaikan.

Ada makanan alternatif untuk penghilang ngantuk, yaitu :

  1. Konsumsi makanan yang memiliki kandungan cafein.
  2. Konsumsi makanan yang pedas.
  3. Konsumsi makanan yang ada kandungan banyak nutrisi.

Tiga cara ini merupakan cara alternatif yang ampuh dan benar-benar efisien untuk menyingkirkan rasa kantuk yang anda alami.

Akan tetapi sangat disayangkan, kopi tidak seutuhnya sehat jika diminum setiap hari. Apalagi bagi kamu yang ternyata sensitif pada cafein, bisa jadi nanti kamu malah akan merasa pusing sesudah minum kopi. Tetapi, rupa-rupanya ada banyak alternative yang lain dan dapat dilakukan. Satu diantaranya dengan konsumsi beberapa makanan sehat yang dapat melenyapkan rasa kantuk.

12 Makanan Penghilang Ngantuk

Tidak harus minum kopi, kamu bisa juga konsumsi beberapa macam makanan dan buah-buahan sehat untuk membantu mata melek sepanjang hari. Karena kandungan gizinya yang banyak dan minimnya efek buruk yang kemungkinan diakibatkannya, beberapa makanan tersebut jelas baik untuk dimakan setiap hari.

👉TRENDING:   Cara Menghilangkan Kentut Yang Berbau Busuk

Tidak harus mahal, beberapa dari makanan tersebut malah dapat kamu temui secara mudah dan murah di sekitarmu. Inilah beberapa makanan yang dapat memberimu energi tanpa membuat kecanduan:

1. Buah Semangka

Buah Semangka

Tidak ada yang dapat menolak buah semangka yang fresh dan manis ini. Kandungan airnya yang banyak bisa membuat ngiler dan ingin cepat menghabiskannya, khususnya pada siang hari yang terik dan membuat ngantuk. Namun ternyata, buah ini bermanfaat mengusir ngantuk.

Pertimbangannya, kandungan airnya yang banyak dalam semangka ini, dapat menghilangan dehidrasi badan hingga kembali fresh dan tidak lemas lagi. Disamping itu, semangka penuh dengan kandungan mineral, vitamin, dan antioksidannya yang pasti bagus untuk menghilangkan kantuk.

2. Buah Apel

Apel tidak memiliki kandungan cafein tapi memiliki kandungan sekitaran 13 gr gula alami. Gula ini menimbulkan respon yang mirip dengan cafein karena vitamin dari apel dilepaskan secara perlahan-lahan ke semua badan, membuat kita berasa lebih terjaga. Tidak seperti cafein, tidak ada efek kekhawatiran, rasa grogi dan efek yang lain saat konsumsi apel.

3. Kacang Almond

Kacang Almond

Almond adalah makanan ringan kacang paling sempurna untuk melawan rasa ngantuk, juga capek karena memiliki kandungan magnesium. Magnesium ini dapat membantu pembuluh dalam darah arteri kita santai dan meningkatkan aliran dalam darah serta oksigen ke seluruh organ tubuh.

Biasanya kecapekan karena sirkulasi dalam tubuh yang buruk, sehingga tambahan dari magnesium yang masuk dalam tubuh melalui kacang almond bisa membuat kita lebih memiliki tenaga. Disamping itu, kacang almond tinggi protein yang berguna untuk melenyapkan rasa mengantuk pada siang hari.

4. Buah Kurma

Tidak semua makanan yang kaya akan gula dapat membuat kamu ngantuk. Kenyataannya, kurma yang populer dengan manisnya rasa yang khas, justru buah kurma ini membuat kamu semakin berenergi, semangat, dan melek sepanjang hari. Tidak heran jika buah ciri khas Bulan Ramadhan ini kerap jadi opsi makanan yang paling cocok untuk mengawali harimu.

Dalam buah ini terdapat banyak mineral seperti kalium, zat besi, fosfor, zinc, serta magnesium yang dapat menghasilkan energi lebih cepat. Walaupun demikian, kamu tidak perlu kelewatan saat makan kurma. Tiga atau lima butir kurma saja cukup untuk memberikan energi sepanjang hari.

👉TRENDING:   Prediksi Timnas Inggris vs Iran di Piala Dunia 2022, Link Live Streaming

5. Buah Berry

Buah Berry

Buah berry, seperti blackberry, blueberry dan raspberry, ialah hidangan cemilan yang tepat dan sempurna untuk membantu kita selalu memiliki tenaga sepanjang hari. Belum pula, dengan rasa manis alaminya dapat menghindari kita untuk konsumsi camilan manis lainnya.

Memiliki kandungan anti-oksidan, karbohidrat untuk sumber energi, magnesium, asam folat, kalium dan serat, semua gizi ini membantu badan dan pemikiran kita terlepas dari stres. Karena sebetulnya kekhawatiran dan depresi bisa mengakibatkan kecapekan, jadi dengan cemilan buah berry bisa membantu melepaskan pemikiran kita dari beberapa hal negatif.

6. Cokelat Hitam

Sudah menjadi rahasia umum jika dark chocolate adalah sumber anti-oksidan bagus dan terbaik untuk memperlancar aliran dalam darah. Aliran darah yang lancar pastinya dapat membantu mengurangi rasa capek dan tingkatkan situasi hati kita secara keseluruhan.

Selain itu, dark chocolate memiliki kandungan sedikit cafein, lebih rendah dibanding jumlah cafein yang berada di kopi. Konsumsi sedikit cafein bisa tingkatkan energi kita lebih konstan, dan menghindari kita dari rasa gelisah.

7. Kuaci

Kuaci

Kuaci adalah salah satu makanan favorit untuk penghilang rasa ngantuk, dengan bentuknya yang kecil ini juga mengandung kafein. Kecil imut dan menjengkelkan ini cocok untuk menemani anda melek sampai pagi.

8. Buah Pisang

Pisang yang umumnya jadi alternatif sarapan pagi beberapa orang ini, bisa juga dijadikan solusi untuk kamu yang sulit melek pada pagi hari. Buah yang tinggi akan kandungan potasiumnya ini pun mengandung banyak serat yang baik dicerna, dan diserap oleh tubuh.

Dengan mengkonsumsi buah ini sebagai sarapan pagi, gula darah pada tubuh yang bisa membuat ngantuk juga akan dilepaskan secara perlahan. Kamu dapat konsumsi pisang ini langsung atau menambahnya pada oatmeal, yoghurt, atau parfait.

9. Sayur Bayam

Sayur Bayam

Sayur yang banyak manfaat ini rupanya pas sekali untuk menu makan pagi, untuk kamu yang bangun tidur pada kondisi tidak memiliki tenaga dan lemas. Bayam ini memiliki kandungan banyak gizi dan kaya vitamin C yang sudah pasti dapat membuat kamu berasa lebih segar.

👉TRENDING:   8 Makanan Yang Membantu Menyuburkan Kandungan Agar Cepat Hamil

Kaya kandungan zat besinya, bayam ini bagus sekali dimakan oleh beberapa orang yang sering kali merasa lemas dan sakit di kepala karena anemia. Dengan rajin konsumsi sayur ini, asupan sel darah merah dalam tubuh akan stabil sehingga energipun akan kembali dan menaklukkan rasa ngantuk.

10. Buah Jeruk

Apabila ingin terlelap, jeruk bukanlah jenis makanan yang membuat rasa ngantuk apa lagi jeruk lemon atau jeruk nipis. Karena dengan kandungan vitamin C nya akan membuat Anda lebih terbangun dan semangat. Anda cukup konsumsi jeruk seadanya atau membuat sebagai jus.

11. Buah Alpukat

Buah Alpukat

Alpukat rupanya bisa juga hilangkan ngantuk. Apa lagi, buah yang nikmat untuk dijadikan salad, dibuat juice dan smoothies, atau dibalurkan ke atas roti ini memiliki kandungan banyak mineral, vitamin, dan lemak sehat yang dapat memberimu energi yang dapat bertahan sepanjang beberapa jam hingga kamu akan terasa lebih aktif dan fresh.

Alpukat yang kaya asam amino ini bisa juga aktifkan kerja otak hingga kamu langsung akan melek. Disamping itu, alpukat memiliki kandungan banyak serat yang dapat mengontrol gula darah supaya tidak terlalu berlebih sampai membuat kamu ngantuk.

12. Telur

Apa kamu sering makan telur pada pagi hari ? Ternyata, bahan pokok satu ini bisa juga jadi alternative makanan pemusnah ngantuk. Guna memperoleh manfaat ini, sudah pasti kamu harus konsumsi semua bagian telur, tetapi jangan kulitnya juga ikut dimakan.

Alasan mengapa telur ini dapat membuat kamu melek ? karena kandungan lemak sehat dan protein berkualitas tinggi di dalamnya. Gizi penting ini akan memberimu energi yang cukup untuk satu hari penuh hingga rasa mengantukmu akan terusir. Telur juga mempunyai tinggi kandungan mineral dan vitaminnya yang membuat badan terasa makin segar.

Penutup

Demikian, itulah beberapa macam makanan ampuh penghilang ngantuk yang mungkin dapat kamu coba. Karena semua makanan tersebut adalah bahan pangan yang alami serta kaya akan gizi, kamu tidak perlu khawatir mengenai efek sampingnya. Semuanya aman dan tidak ada efek rasa akan kecanduan. Selamat mencoba.