Macam macam informasi yang disampaikan melalui radiotelevisi mencakup

Macam macam informasi yang disampaikan melalui Radio/Televisi mencakup?

Apakah kamu lagi mencari jawaban dari soal Macam macam informasi yang disampaikan melalui radio/televisi mencakup?

Berikut adalah jawabanya:

Penjelasan Soal

Pengertian Informasi adalah sekumpulan data atau fakta yang telah diproses dan diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan sesuatu yang bisa dipahami dan memberikan manfaat bagi penerimanya. Data dan fakta adalah “bahan baku” informasi, tetapi tidak semuanya bisa diolah menjadi informasi. Istilah “informasi” berasal dari bahasa Perancis kuno, “informacion,” yang mengambil dari bahasa Latin, informare yang artinya “aktivitas dalam pengetahuan yang dikomunikasikan”.

Macam macam informasi yang disampaikan melalui radio/TV mencakup peristiwa-peristiwa terkini dan peristiwa-peristiwa aktual.

Peristiwa terkini adalah peristiwa atau kejadian yang baru saja terjadi. Contoh headline news pada TV atau radio. Headline news menampilkan berita-berita yang baru saja terjadi dan menjadi bahan pembicaraan. Peristiwaaktual adalah peristiwa atau kejadian yang sedang menjadi pembicaraan orang banyak. Peristiwa aktual belum tentu peristiwa terkini atau tebaru. Bisa jadi peristiwa lama yang muncul lagi. Contoh pada berita-berita lama yang menjadi trending topic karena ada berita terkini yang mirip dengan berita lama.

Baca Juga:  Simpatika Kemenag: Cara Login PTK Simpatika Kemenag

Macam-macam informasi yang disampaikan melalui radio atau televisi adalah mencakup sejumlah bidang, mulai dari informasi politik, informasi ekonomi, informasi sosial dan budaya, informasi yang berkenaan dengan pendidikan, informasi yang berhubungan dengan gaya hidup, kesehatan ataupun hiburan dan masih banyak lagi lainnya.

Beragam jenis informasi yang disampaikan lewat radio atau televisi ini secara umum dibagi ke dalam dua jenis yakni AUDIO dan AUDIOVISUAL. Termasuk kategori audio jika informasi yang disajikan hanya berupa SUARA saja seperti pada siaran radio. Adapun yang termasuk kategori audiovisual jika informasi yang disajikan bukan hanya suara namun disertai GAMBAR (bergerak atau video) seperti pada televisi. Baik informasi audio maupun informasi audiovisual memiliki kelebihannya masing-masing.

Berikut ini adalah macam-macam informasi yang disampaikan melalui radio ataupun televisi:

  • Informasi politik
  • Informasi ekonomi
  • Informasi sosial dan budaya
  • Informasi yang berkenaan dengan pendidikan
  • Informasi yang berkenaan dengan gaya hidup
  • Informasi yang berkenaan dengan kesehatan
  • Informasi yang berkenaan dengan hiburan
  • Dan masih banyak lagi lainnya.
Baca Juga:  500 gram berapa kg? Ini Jawabanya

Beragam macam informasi yang tersaji melalui radio dan televisi ini dikemas semenarik mungkin sehingga menarik untuk disimak oleh pendengar atau
penonton.

Jadi begitulah jawaban soal pelajaran tentang Macam macam informasi yang disampaikan melalui radio/televisi mencakup? semoga bisa membantu.