ketahui penyebab Rasa Sakit Saat Menelan

Ketahui 6 Kondisi Yang Bisa Menyebaban Rasa Sakit Saat Menelan

Cara menghilangkan rasa sakit saat menelan
Gambar: istockphoto.com

Bagi yang pernah mengalami nyeri menelan, ya jadi nyeri menelan ini mungkin akan mengganggu kita ketika kita makan, ketika kita minum, makanpun jadi tidak nikmat dan harus hati-hati, kadang tidak bisa makan makanan kesukaan kita akibat gangguan nyeri menelan.

kemudian kepikiran kira-kira apanya yang gak beres nih, kok bisa sakit? kenapa ni?  apanya yang salah? menyebabkan nyeri menelan, sakit apa sih sebenarnya.  Mungkin banyak orang yang berpikir kalau seandainya tidak nyaman di tenggorokan nyeri menelan orang akan mengatakan panas dalam, Hai coba minum-minuman Ini, Coba minum-minuman ini ya memang sebenarnya ketika kita menelan ya merasa tidak nyaman di bagian tenggorokan.

Penyebab rasa sakit saat menelan

Obat untuk mengatasi rasa sakit saat menelan
Gambar: istockphoto.com

Banyak sekali yang bisa terjadi, banyak sekali penyakit yang bisa menjadi penyebabnya bukan hanya misalkan panas dalam ataupun radang tenggorokan, keluhan ini memang tidak nyaman untuk minum saja jadi perih, jadi nyeri ya memang membuat orang tidak enak. jadi apa saja sih yang sebenarnya atau penyakit apa saja sih yang bisa menyebabkan nyeri menelan saya.

1. Tonsilitis

Tonsilitis ini adalah radang amandel, jadi tonsil meradang ataupun amandelnya meradang, amandelnya membengkak akibat radang, ini keluhannya bisa menyebabkan nyeri menelan, saat makan jadi nggak enak, minum jadi enggak enak, untuk berbicara juga jadi susah kemudian juga nafasnya tidak normal karena pembengkakan dari amandel.

👉TRENDING:   Cara Menghilangkan Kentut Yang Berbau Busuk

Tonsillitis atau radang amandel ini disebabkan oleh infeksi bakteri maupun virus. Gejalanya adalah mandelnya bengkak, kemerahan, demam menggigil, nyeri sendi, kemudian juga sakit tenggorokan jadi susah menelan, nyeri menelan kemudian juga terganggu saat berbicara karena sakitnya suara menjadi serak. jadi memang banyak sekali gejala yang bisa ditimbulkan karena tonsilitis ini.

2. Faringitis

Faringitis ataupun radang tenggorokan ini umum sering terjadi, faringitis ini kalau di Indonesia disebut dengan panas dalam. Ini disebabkan oleh bakteri maupun disebabkan oleh virus,  faringitis ataupun radang tenggorokan ini bisa membuatt rasa nyeri, nyeri haid, kemudian juga merasa kering sehingga kesulitan ketika berbicara.

Ketika menelannya sakit tenggorokan, memang ini sangat tidak nyaman kemudian akibat faringitis bisa mengalami demam kemudian juga karena gatal tenggorokan akibatnya batuk, kemudian bisa timbul pilek, badannya bisa pegal-pegal dan sakit kepala.

3. Esophagitis 

esophagitis adalah peradangan pada esofagus atau pada kerongkongan, ini juga sering dialami ini biasanya terjadi pada orang yang memiliki penyakit Gerd ataupun refluks asam lambung. Jadi peradangannya biasanya disebabkan oleh asam lambung yang naik sehingga esofagus ataupun kerongkongannya itu mengalami peradangan akibat asam lambung.

👉TRENDING:   Praktek Bagaimana Cara Memutihkan Kulit

Ini sangat tidak nyaman sekali karena esofagus itu kan yang menghubungkan antara bagian atas kemudian ke bagian lambung kalau seandainya meradang otomatis selain nyeri menelan kadang rasa sakit di bagian dada panas, kemudian bisa mengalami mual bahkan mengalami muntah.

4. Infeksi jamur

Jadi nyeri menelan juga atau sakit saat menelan juga bisa diakibat infeksi jamur. Mulai dari mulut, tenggorokan maupun
kerongkongan. Saat kondisi mulutnya putih atau mulutnya putih kemerahan dan ini bisa saja terjadi disebabkan oleh
jamur candida albicans.

5. epiglotitis

Dari namanya epiglotitis artinya peradangan pada epiglotis. Jadi epiglotis ini bisa meradang yang bukan hanya tonsil saja, bukan hanya tenggorokan saja, epiglotis pun bisa ikut meredang. Kalau seandainya mengalami epiglotitis ini gejalanya bisa demam tinggi kemudian bisa liurnya berlebih dan rasa tidak nyaman di tenggorokan, sakit saat menelan, kesulitan menelan, kemudian akan cenderung untuk duduk agak kedepan supaya posisi nyaman, Jadi ada posisi yang bikin nyaman sehingga nyerinya agak berkurang.

6. Luka pada tenggorokan ataupun trauma pada tenggorokan

Jadi kalau mengalami trauma pada tenggorokan ataupun luka pada tenggorokan otomatis itu akan menimbulkan nyeri ketika menelan tergantung di mana lokasinya. Ini diakibatkan kalau seandainya makanan panas, minuman yang panas yang, makan dan minum minuman panas ini sebaiknya tidak dilanjutkan kebiasaan jelek ini karena memang tidak bagus untuk tubuh kita.

👉TRENDING:   Bumbu Pencegah Kanker Dan Manfaat Makanan Pedas

kalau yang hangat boleh Yang panas-panas ini enggak boleh. kemudian trauma pada tenggorokan Ini juga bisa diakibatkan mengkonsumsi makanan yang tajam-tajam seperti kripik ataupun tertusuk duri ikan ataupun sejenisnya.

Bagi yang mengalami trauma ataupun luka jadi memang sebaiknya kalau mengkonsumsi makanan itu dikunyah sampai halus, seperti keripik, ikan, daging ataupun sebagainya. Semua makanan bisa berpotensi akan luka di tenggorokan jika makanya terburu-buru, mengunyah dengan cepat-cepat yaitu nggak bagus jadi memang kunyahlah makanan secara perlahan sampai halus, santai, rileks, kemudian masuk ke tenggorokan itu lebih halus, kemudian lambung juga mencernanya dengan baik, serta makanan sudah halus jadi kerjanya tidak berat.

Nah itu tadi penyakit ataupun kondisi yang bisa menyebabkan mengalami sakit menelan, nyeri menelan. semoga mudah dipahami dan semoga bisa bermanfaat.