5 cara mengatasi kebiasaan mengiggau
Gambar: istockphoto.com

5 Cara Menghilangkan Kebiasaan Mengigau Saat Tidur

5 Cara Menghilangkan Kebiasaan Mengigau Saat Tidur
Gambar: istockphoto.com

Mengigau itu kan ketika kita tidur itu seperti kita berbicara sendiri ataupun meracau ataupun mengeluarkan kata-kata. Nah kalau seandainya tidak terlalu sering ini enggak papa, tapi kalau terlalu sering bahkan sampai mengganggu orang sekitar bahkan berulang-ulang, ini kan berarti sudah tidak normal lagi ataupun gangguan tidur. Gangguan tidur yang abnormal.

Mengigau itu banyak macamnya bisa hanya bergumam sekedar berbicara, orang mengigau ini ada yang sampai tertawa menangis berteriak karena dia berbicara dengan dirinya sendiri kalau seandainya dia tidur sendiri mungkin dia tidak tahu kalau dia mengigau. Biasanya kan orang mengigau itu tidak sadar, tetapi kalau tidur dengan orang lain atau misalnya sudah berkeluarga, dengan pasangannya otomatis ini akan ketahuan ataupun yang masih tinggal serumah dengan orang lain ini tentu akan ketahuan kalau memang dia mengigau.

Cara menghilangkan kebiasaan mengigau

Cara menghilangkan kebiasaan mengigau
Gambar: istockphoto.com

Apa penyebab mengigau? Penyebab mengigau ini banyak faktor yang mendasarinya mulai dari stres, demam, karena kecapean kemudian menggunakan obat-obatan tertentu, minum alkohol, bahkan Terlalu ngantuk ini bisa berakibat mengigau. Cara menghilangkan kebiasaan mengigau yang bisa di lakukan diantaranya:

1. Hindari stres

Hindari stres
Gambar: istockphoto.com

Dengan cara menghindari stres bisa menghilangkan kebiasaan mengigau, memang setiap hari, sepanjang waktu, kita akan berpikir, kemudian kita untuk  mendapat stres, Nah walaupun demikian tentu kita harus mengelola stres karena dengan cara kita mengelola tres ini bisa bermanfaat untuk tidur kita, kalau kita stres tidur kita terganggu walaupun kita sedang istirahat tapi pikiran kita kemana-mana.

👉TRENDING:   Praktek Bagaimana Cara Memutihkan Kulit

Karena kalau kita memang sedang stres cara menghindari stres banyak sekali yang bisa di lakukan, intinya adalah melakukan kegiatan yang menurut anda menyenangkan, mulai dari misalkan olahraga, ataupun meditasi kemudian melakukan kegiatan di luar rumah jogging, ataupun kegiatan-kegiatan lain yang membuat tenang, nyaman dan kemudian jangan lupa untuk tetap mencukupi kebutuhan gizi.

2. Perbaiki jam tidur

Perbaiki jam tidur
Gambar: istockphoto.com

Ketika tidur nya berantakan, kacau, tidak teratur, Ini meningkatkan kemungkinan untuk mengigau. Dengan memperbaiki pola tidur, jam tidur, kebiasaan mengigau bisa dihilangkan. Nah bagaimana caranya? tidur 6-8 jam sehari ,malam harinya, ini akan membuat anda cukup istirahat.

Kalau seandainya  kurang istirahat tentu kebiasaan mengigau akan menetap. Jadi memang perlu sekali untuk cukup istirahat tidur 6-8 jam sehari. Kalau zaman sekarang biasanya di malam hari kebanyakan sering memegang handphone, memegang laptop, telepon, gadget dan lainnya sebelum waktu tidur.

👉TRENDING:   Ini Dia 7 Manfaat Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil Dan Janin

Nah kemungkinan ini tidak terasa waktu berjalan akhirnya begadang, akhirnya kurang tidur, kurang istirahat, paginya aktivitas terganggu malamnya akhirnya juga bisa mengigau. Jadi memang ketika malam hari jauhkan dulu alat-alat elektronik gadget. Buat suasana kamar nyaman, intinya sunyi jadi tidurnya lebih enak.

3. Menggunakan white noise

Memasang ataupun menggunakan white noise
Gambar: istockphoto.com

Nah jadi ketika tidur memang perlu mendengarkan suara-suara yang membuat nyaman. Ini bisa di pakai yang bisa di internet ataupun di manapun, banyak sekali ataupun bisa menggunakan alat khusus supaya saat tidur lebih nyaman, ataupun misalkan kalau mendengarkan musik-musik yang Slow itu jadi ngantuk, jadi nyaman tidurnya atau juga sebelum tidur mendengarkan suara-suara ataupun lantunan ayat suci Al Qur’an itu akan membuat lebih nyaman.

Jadi usahakan pendengaran, pikiran rileks, jadi ketika rileks itu akan membuat tidur akan lebih nyaman. Kalau tidur lebih nyaman kualitas hidup juga akan baik, kebiasaan mengigau juga akan menghilang. Ini bisa di coba di rumah.

4. Konsumsi makanan sehat

Konsumsi makanan sehat
Gambar: istockphoto.com

Selain mencoba yang tiga tadi, tetap mengkonsumsi makanan sehat. Kenapa perlu mengkonsumsi makanan sehat? agar tubuh kita tercukupi nutrisi gizinya, kemudian misalkan kita seharian capek bekerja tetapi nutrisi gizinya tercukupi kemungkinan untuk beregenerasi sel-sel akan lebih baik, kemungkinan untuk pergantian energi juga lebih baik.

👉TRENDING:   Cara Membersihkan Muka Yang Benar

Nah jadi ini perlu untuk mencukupi kebutuhan gizi maupun nutrisinya, mulai dari protein, lemak baik, vitamin, mineral kemudian juga karbohidrat, ini penting tapi jangan juga terlalu berlebihan.

5. Berkonsultasi ke dokter

Berkonsultasi ke dokter
Gambar: istockphoto.com

Jika memang mengigaunya sangat mengganggu bahkan sampai menjerit-jerit sampai kadang tertawa terbahak-bahak atau sampai menangis terlalu keras intinya mrngganggu di lingkungan sekitar bahkan mengganggu kesehatan, sebaiknya konsultasikanlah masalah itu ke dokter, atau ada masalah kesehatan yang menyertai yaitu akan sangat bagus sekali kalau berkonsultasi ke dokter untuk memecahkan masalah .

Nah itu 5 cara yang bisa di gunakan untuk menghilangkan kebiasaan mengigau ketika tidur. Ketika tidur kalau mengigau sekali itu normal, tapi kalau sampai mengganggu orang sekitar sering terjadi kemudian juga mengganggu teman-teman sendiri tentunya sangat disayangkan sekali kalau itu tetap dipertahankan.