5+ Aplikasi Pdf Gratis: Fitur dan Penggunaanya
5+ Aplikasi Pdf Gratis: Fitur dan Penggunaanya

5+ Aplikasi Pdf Gratis: Fitur dan Penggunaanya

PDF (Portable Document Format) adalah format file yang sangat populer digunakan untuk menyimpan dokumen seperti surat, CV, atau ebook. Namun, tidak semua aplikasi membaca dan menyimpan PDF secara gratis. Berikut ini adalah beberapa aplikasi PDF gratis terbaik yang dapat digunakan untuk menyimpan dan membaca dokumen.

Aplikasi Pdf Gratis

1. Adobe Acrobat Reader

Adobe Acrobat Reader adalah aplikasi PDF gratis yang paling terkenal dan banyak digunakan. Aplikasi ini dapat membaca, mencetak, dan bahkan menandatangani dokumen PDF. Selain itu, Adobe Acrobat Reader juga menyediakan fitur untuk mengedit dan mengkonversi dokumen PDF

2. Foxit Reader

Foxit Reader adalah aplikasi PDF gratis yang terkenal karena ukurannya yang kecil dan penggunaannya yang mudah. Aplikasi ini dapat membaca dan mencetak dokumen PDF, serta menyediakan fitur untuk menandatangani dokumen dan menambahkan catatan.

3. Sumatra PDF

Sumatra PDF adalah aplikasi PDF gratis yang sederhana dan ringan. Aplikasi ini dapat membaca dan mencetak dokumen PDF, serta mendukung berbagai format file seperti ePub, MOBI, dan CHM.

4. Nitro PDF Reader

Nitro PDF Reader adalah aplikasi PDF gratis yang dapat digunakan untuk membaca, mencetak, dan menandatangani dokumen PDF. Selain itu, Nitro PDF Reader juga menyediakan fitur untuk mengonversi dokumen PDF ke berbagai format file lainnya.

5. PDF-XChange Editor

PDF-XChange Editor adalah aplikasi PDF gratis yang dilengkapi dengan fitur pengeditan PDF yang canggih. Aplikasi ini dapat digunakan untuk menambahkan teks, gambar, dan tanda tangan ke dokumen PDF, serta menyediakan fitur untuk menghapus atau mengganti halaman pada dokumen PDF.

Dengan menggunakan salah satu dari aplikasi PDF gratis di atas, Anda dapat menghemat waktu dan uang saat menyimpan dan membaca dokumen PDF. Selamat mencoba!

Keunggulan aplikasi PDF gratis

PDF atau Portable Document Format merupakan format dokumen digital yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Salah satu faktor utama yang membuat format ini disukai banyak orang adalah kemampuannya untuk menjaga format dokumen yang sama di semua platform, mulai dari sistem operasi hingga jenis perangkat, dan mudah dikirim melalui email atau penyimpanan awan. Dalam beberapa tahun terakhir, aplikasi PDF gratis telah menjadi salah satu alat penting dalam dunia bisnis dan pekerjaan. Keunggulan dari aplikasi PDF gratis adalah sebagai berikut:

Memperingan Kertas dan Peralatan Kantor

Dokumen dalam bentuk digital memungkinkan Anda untuk mempercepat proses kerja dengan menghindari penggunaan kertas dan peralatan kantor. Dari mulai tidak perlu mencetak dokumen, mengisi printer tinta, dan mencari pena atau penghapus untuk menyesuaikan kembali dokumen, semuanya bisa dilakukan dengan mudah di aplikasi PDF gratis. Belum lagi dengan dokumentasi dalam bentuk digital, Anda tidak harus memeriksa dokumen fisik satu per satu karena semua dokumen tersimpan dalam satu folder.

Setiap kali kita mencetak dokumen, kita memberikan kontribusi pada pencemaran lingkungan. Oleh karena itu, dengan memilih menggunakan aplikasi PDF gratis, Anda dapat membantu melestarikan lingkungan. Dalam perkembangan terbaru, banyak perusahaan serta institusi dapat mempertimbangkan penggunaan alat ini sebagai upaya membuat lingkungan kerja yang lebih ramah lingkungan.

Dalam aplikasi PDF gratis, Anda dapat mengambil bagian dalam program konversi dokumen ke PDF, melalui layanan yang disediakan dari internet, atau lewat fitur yang sudah tersedia pada beberapa software. Anda dapat mengkonversi dokumen menjadi format PDF hanya dengan beberapa klik. Anda juga dapat membuat, mengedit, dan menambahkan tanda tangan atau komentar pada dokumen dengan mudah.

Dalam beberapa aplikasi PDF gratis, seperti Foxit Reader atau Nitro Reader, Anda dapat menggabungkan beberapa dokumen dalam satu file dengan mudah. Anda cukup memilih dokumen yang ingin digabungkan, menarik dan melepaskan di aplikasi, lalu menyimpannya sebagai satu file PDF yang terpisah. Dalam hal ini, penggunaan aplikasi PDF gratis menjadikan Anda lebih fleksibel dalam mengelola dokumen Anda.

Baca Juga:  Begini Cara Edit Foto Pakai Jas Online Untuk Pria & Wanita

Satu lagi keuntungan dari aplikasi PDF gratis adalah dapat menyimpan dan memacu keamanan pada dokumen digital. Dalam beberapa aplikasi, seperti Adobe Acrobat Reader atau Foxit Reader, pengguna dapat mengamankan dokumen mereka dengan menerapkan kata sandi sehingga hanya orang tertentu yang memiliki hak akses untuk membuka dokumen tersebut. Sehingga, aplikasi PDF gratis memberikan keamanan lebih baik pada dokumen Anda.

Dalam rangka mengembangkan penggunaan teknologi dengan menyertakan lingkungan yang ramah, penggunaan aplikasi PDF gratis tidak hanya berkontribusi dalam penghematan kertas serta alat yang dibutuhkan. Namun juga membuat penggunaan teknologi semakin nyaman dan mudah sambil melestarikan alam. Dalam kesimpulan, aplikasi PDF gratis menawarkan kemudahan dan kecepatan dalam mengelola dokumen, memudahkan koordinasi dalam pekerjaan, memberikan tingkat efisiensi yang lebih baik, dan dapat membantu melestarikan lingkungan.

Pilihan aplikasi PDF gratis terbaik

PDF atau Portable Document Format adalah format dokumen yang sangat populer dan digunakan di seluruh dunia. Namun, tidak semua orang memiliki aplikasi yang dibutuhkan untuk membaca dan mengedit dokumen PDF. Untungnya, ada banyak aplikasi PDF gratis yang dapat digunakan untuk membantu Anda membuka dan bahkan mengedit dokumen PDF. Berikut adalah beberapa pilihan aplikasi PDF gratis terbaik yang dapat Anda gunakan.

1. Adobe Acrobat Reader

Adobe Acrobat Reader adalah aplikasi PDF gratis yang paling populer dan banyak digunakan di seluruh dunia. Acrobat Reader dapat membantu Anda membuka, menandatangani, mengomentari, dan bahkan mengedit dokumen PDF. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur keamanan, seperti enkripsi dan perlindungan kata sandi. Adobe Acrobat Reader tersedia untuk diunduh secara gratis di berbagai platform.

2. Foxit Reader

Foxit Reader adalah aplikasi PDF gratis yang paling populer setelah Adobe Acrobat Reader. Aplikasi ini menawarkan banyak fitur yang serupa dengan Acrobat Reader, seperti membuka, menandatangani, dan mengedit dokumen PDF. Selain itu, Foxit Reader juga memiliki beberapa fitur tambahan, seperti integrasi dengan Google Drive dan OneDrive. Aplikasi ini juga diklaim lebih cepat daripada Acrobat Reader dalam membuka dokumen PDF. Anda dapat mengunduh Foxit Reader secara gratis di situs web resminya.

3. Nitro PDF Reader

Nitro PDF Reader adalah aplikasi PDF gratis yang dapat membantu Anda membuka, membuat, dan bahkan mengedit dokumen PDF. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan, seperti konversi PDF ke file Microsoft Office dan penciptaan dokumen PDF dengan penggabungan dokumen. Nitro PDF Reader tersedia untuk diunduh secara gratis di situs web resminya.

4. Sumatra PDF

Sumatra PDF adalah aplikasi PDF gratis yang sangat sederhana dan ringan. Aplikasi ini dirancang untuk membantu Anda membuka dan membaca dokumen PDF tanpa lag atau hambatan. Meskipun sederhana, Sumatra PDF masih memiliki beberapa fitur yang berguna seperti dukungan untuk beberapa format file e-book dan dukungan untuk pencarian di dalam dokumen PDF. Sumatra PDF dapat diunduh secara gratis di situs web resminya.

5. PDF-XChange Editor

PDF-XChange Editor adalah aplikasi PDF gratis yang sangat populer di kalangan pengguna Windows. Aplikasi ini menawarkan banyak fitur berguna seperti pencarian teks, penandaan teks, dan bahkan pengeditan teks di dalam dokumen PDF. Selain itu, PDF-XChange Editor juga dilengkapi dengan sejumlah fitur keamanan seperti enkripsi dan perlindungan kata sandi. Anda dapat mengunduh PDF-XChange Editor secara gratis di situs web resminya.

6. Inkscape

Inkscape adalah aplikasi PDF gratis yang digunakan untuk membuat grafik vektor dan mengedit dokumen PDF. Aplikasi ini sangat berguna bagi mereka yang ingin membuat ilustrasi, logo, dan grafik lainnya. Selain itu, Inkscape juga dilengkapi dengan beberapa fitur pengeditan dokumen PDF seperti penambahan teks dan gambar. Inkscape dapat diunduh secara gratis di situs web resminya.

7. LibreOffice Draw

LibreOffice Draw adalah aplikasi PDF gratis yang menawarkan banyak fitur berguna seperti pengaturan halaman, pengeditan grafik, dan bahkan pengeditan dokumen PDF. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan sejumlah fitur tambahan seperti konversi dokumen PDF ke format teks, gambar, dan HTML. LibreOffice Draw tersedia untuk diunduh secara gratis di situs web resminya.

8. PDFsam Basic

PDFsam Basic adalah aplikasi pdf gratis yang dirancang untuk membantu Anda membagi, menggabungkan, dan mengekstrak halaman dari dokumen PDF. Aplikasi ini sangat berguna untuk mereka yang bekerja dengan dokumen PDF berukuran besar. Selain itu, PDFsam Basic juga dapat membantu Anda menggabungkan dokumen PDF dengan ukuran yang berbeda. PDFsam Basic dapat diunduh secara gratis di situs web resminya.

Dalam memilih aplikasi PDF gratis, pastikan untuk memilih aplikasi yang memenuhi kebutuhan Anda. Ada banyak aplikasi PDF gratis yang dapat membantu Anda membuka dokumen PDF, tetapi tidak semuanya memiliki fitur pengeditan dokumen. Jadi pastikan untuk memilih aplikasi yang memiliki fitur yang Anda butuhkan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Baca Juga:  Jasa Pembuatan Aplikasi

Cara menggunakan aplikasi PDF gratis

Aplikasi PDF gratis sangat diperlukan di era digital ini, terutama jika Anda sering berurusan dengan dokumen dalam format PDF. Dengan aplikasi PDF gratis, Anda dapat membuka, mengedit, dan menyimpan file PDF, serta mengubahnya menjadi file lain seperti Word, Excel, atau Powerpoint. Berikut adalah beberapa cara untuk menggunakan aplikasi PDF gratis.

1. Mendownload dan menginstall aplikasi PDF gratis

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mendownload dan menginstall aplikasi PDF gratis. Ada banyak aplikasi yang tersedia di internet, seperti Adobe Acrobat Reader, Foxit Reader, dan Nitro PDF Reader. Pilihlah aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan pastikan aplikasi tersebut sudah terinstall di komputer atau laptop Anda.

2. Membuka file PDF

Setelah aplikasi PDF gratis terinstall di komputer atau laptop Anda, langkah selanjutnya adalah membuka file PDF. Caranya sangat mudah, cukup klik dua kali pada file PDF yang ingin Anda buka, maka secara otomatis file tersebut akan terbuka di aplikasi PDF gratis. Anda juga dapat membuka file PDF melalui menu “File” di aplikasi PDF gratis.

3. Mengedit file PDF

Satu hal yang sering menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara mengedit file PDF. Sebenarnya, banyak aplikasi PDF gratis yang sudah dilengkapi dengan fitur editing, seperti Adobe Acrobat Reader dan Foxit Reader. Namun, fitur editing di aplikasi PDF gratis sering kali terbatas, terutama jika Anda ingin mengedit teks atau gambar. Untuk mengedit file PDF dengan lebih lengkap, Anda dapat menggunakan aplikasi PDF editor seperti PDF-XChange Editor atau Sejda PDF Editor. Aplikasi tersebut memungkinkan Anda untuk mengubah teks, gambar, atau bahkan menambahkan tanda tangan pada file PDF.

4. Menyimpan file PDF

Setelah melakukan edit pada file PDF, langkah selanjutnya adalah menyimpan file tersebut. Caranya sangat mudah, cukup klik menu “File” dan pilih “Save” atau “Save As”, kemudian pilih lokasi penyimpanan file dan beri nama file yang mudah diingat. Selain itu, Anda juga dapat menyimpan file PDF ke dalam format lain seperti Word atau Excel.

5. Mengkonversi file PDF

Terakhir, Anda juga dapat mengkonversi file PDF ke dalam format lain seperti Word, Excel, atau Powerpoint. Caranya pun sangat mudah, cukup buka file PDF di aplikasi PDF gratis, kemudian pilih menu “File” dan pilih “Export To” atau “Save As Other”, dan pilih format yang diinginkan. Ada banyak aplikasi konversi yang tersedia di internet, seperti Zamzar, Online-Convert, dan SmallPDF.

Itulah beberapa cara untuk menggunakan aplikasi PDF gratis. Sederhana bukan? Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda dapat membuka, mengedit, menyimpan, dan mengkonversi file PDF dengan mudah dan cepat. Selamat mencoba!

Aplikasi PDF gratis untuk pengguna mobile

Dalam era digital, hampir semua orang mengandalkan perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Terkadang kita membutuhkan akses dan pengolahan dokumen dalam bentuk PDF melalui perangkat tersebut, dan aplikasi PDF gratis menjadi solusi yang sering dipilih. Berikut ini adalah beberapa aplikasi PDF gratis untuk pengguna mobile yang layak dicoba.

1. Adobe Acrobat Reader

Adobe Acrobat Reader logo

Adobe Acrobat Reader merupakan salah satu aplikasi PDF gratis yang sering digunakan. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membuka, membaca, dan mengelola file PDF dengan mudah. Selain itu, Adobe Acrobat Reader juga memiliki fitur untuk menandai, mengomentari, dan membagikan file PDF dengan orang lain. Dalam aplikasi ini, pengguna juga dapat mengakses fitur cloud storage seperti Google Drive dan Dropbox.

2. Foxit PDF Reader Mobile

Foxit logo

Foxit PDF Reader Mobile adalah aplikasi PDF gratis yang dapat digunakan di perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Aplikasi ini memberikan pengalaman membaca dan mengelola file PDF yang mudah dan cepat. Foxit PDF Reader Mobile juga memiliki fitur seperti toolbar interaktif, anotasi dan markup untuk membantu pengguna dalam mengedit dan membagikan file PDF. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan plugin untuk menyambungkannya dengan aplikasi lain seperti Office Suite atau Google Drive.

3. Xodo Docs

Xodo logo

Xodo Docs adalah aplikasi PDF gratis yang hadir dengan fitur penuh untuk membantu pengguna dengan berbagai macam kebutuhan, tidak hanya baca tetapi juga edit dan organisasi dokumen. Aplikasi ini memiliki fitur yang sangat canggih seperti dukungan tanda tangan elektronik, kolaborasi dalam menandai, dan fitur cloud storage seperti Google Drive dan Dropbox. Selain itu, Xodo Docs juga dilengkapi dengan fitur untuk menunjukkan dokumen dengan baik dalam kelas atau presentasi.

4. PDF Viewer Pro

PDF Viewer Pro logo

PDF Viewer Pro adalah aplikasi PDF gratis yang memiliki fitur yang dapat memenuhi kebutuhan profesional atau bisnis. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur penuh antara lain editing, markup, anotasi, dan fitur OCR di mana pengguna dapat mengubah gambar menjadi teks. Aplikasi ini juga menyediakan dukungan cloud storage seperti Dropbox, Google Drive, dan OneDrive. Keunggulannya adalah aplikasi ini dilengkapi dengan fitur yang menjamin keamanan file PDF seperti enkripsi, sandi password, dan penghapusan otomatis setelah durasi tertentu.

Baca Juga:  Anoboy Watch APK, Aplikasi Nonton Anime

5. DocHub

DocHub logo

DocHub adalah aplikasi PDF gratis yang cocok bagi pengguna yang banyak bekerja dengan dokumen. Aplikasi ini dapat membaca dan mengelola dokumen dengan mudah serta memiliki fitur untuk menambahkan teks dan gambar, menandatangani dokumen elektronik dan menambahkan komentar. DocHub juga menyediakan fitur kustomisasi untuk membuat tampilan dokumen yang lebih menarik dan mudah dibaca. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan file PDF dalam cloud storage seperti Google Drive, Dropbox, dan OneDrive.

Itulah beberapa aplikasi PDF gratis untuk pengguna mobile yang dapat membantu pengguna dalam membaca, mengedit dan menandatangani file PDF. Pilihlah aplikasi PDF terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat.

Perbandingan antara aplikasi PDF gratis dengan berbayar

PDF atau Portable Document Format adalah format file yang banyak digunakan dalam dunia bisnis dan pendidikan karena kelebihannya dalam menjaga format dokumen tetap utuh tanpa ada perubahan dalam ukuran dan tampilannya. Oleh karena itu, aplikasi PDF menjadi sangat penting untuk membuka, membuat atau mengedit file PDF. Ada banyak aplikasi PDF yang tersedia di pasaran, baik itu gratis ataupun yang berbayar. Namun, ada perbedaan mendasar antara aplikasi PDF gratis dengan berbayar. Berikut adalah perbandingannya:

1. Fitur Tambahan

Aplikasi PDF berbayar umumnya menawarkan fitur-fitur tambahan yang tidak dimiliki oleh aplikasi PDF gratis. Misalnya, aplikasi PDF berbayar bisa melakukan fungsi konversi dokumen ke format PDF, menyimpan dokumen sebagai file PDF bervariasi, pengaturan kata sandi dan Identifikasi OCR. Sedangkan aplikasi PDF gratis hanya menawarkan fungsi dasar seperti membuka dan melihat dokumen PDF. Namun, beberapa aplikasi PDF gratis seperti Foxit Reader dan Nitro PDF Reader juga menawarkan fitur-fitur tambahan seperti highlight, annotasi, dan memberi tanda pada dokumen.

2. Keamanan Dokumen

Aplikasi PDF berbayar umumnya lebih aman dan terlindungi dibandingkan dengan aplikasi PDF gratis. Hal ini karena aplikasi PDF berbayar menyediakan fitur keamanan yang lebih kuat untuk melindungi dokumen dari hacker dan virus. Beberapa fitur keamanan yang biasanya disediakan oleh aplikasi PDF berbayar adalah enkripsi password, digital signature, dan perlindungan dokumen yang tidak dapat dicetak atau disalin. Sedangkan aplikasi PDF gratis terkadang hanya menyediakan enkripsi password saja.

3. Ketersediaan Add-Ons

Aplikasi PDF berbayar sering memberikan akses ke berbagai plugin atau add-ons yang bisa menambahkan fungsi-fungsi tertentu ke dalam dokumen PDF. Misalnya, beberapa aplikasi PDF berbayar seperti Adobe Acrobat menawarkan add-on canggih seperti konversi PDF ke format Microsoft Office, pengubahan tata letak halaman dokumen, dan penggabungan dokumen PDF. Namun, aplikasi PDF gratis seperti Sumatra PDF dan Foxit Reader juga memiliki akses ke beberapa add-ons yang bisa ditemukan secara gratis di internet.

4. Dukungan Pelanggan

Aplikasi PDF berbayar umumnya lebih banyak menawarkan dukungan pelanggan yang lebih baik dan komprehensif dibandingkan dengan aplikasi PDF gratis. Biasanya, aplikasi PDF berbayar menawarkan dukungan pelanggan dalam bentuk email, telepon atau bahkan live chat. Dukungan tersebut memberikan kemudahan bagi pengguna yang sedang mengalami masalah teknis atau kesulitan dalam mengoperasikan aplikasi PDF. Namun, aplikasi PDF gratis umumnya hanya menawarkan dukungan melalui forum online atau email saja.

5. Harga

Salah satu perbedaan utama antara aplikasi PDF gratis dengan berbayar adalah harganya. Tentu saja, aplikasi PDF berbayar bisa sangat mahal, bahkan mencapai ratusan hingga ribuan dolar. Sedangkan aplikasi PDF gratis bisa diunduh dan digunakan secara gratis tanpa membeli lisensi atau berlangganan. Namun, untuk pengguna profesional yang membutuhkan fitur khusus dan keamanan lebih, harga dari aplikasi PDF berbayar sebanding dengan manfaat yang akan didapatkan.

Kesimpulannya, ada banyak perbedaan antara aplikasi PDF gratis dengan berbayar. Pengguna harus mempertimbangkan fitur tambahan, keamanan, dukungan pelanggan, dukungan add-ons dan harga ketika memutuskan untuk memilih aplikasi PDF mana yang akan digunakan. Bagi pengguna yang membutuhkan fitur dan keamanan yang lebih canggih, aplikasi PDF berbayar bisa menjadi pilihan yang lebih tepat. Namun, bagi pengguna yang hanya membutuhkan fungsi dasar, aplikasi PDF gratis mungkin sudah cukup.