Apa itu Aplikasi Dapodik 2019 C dan Bagaimana Cara Menggunakannya
Apa itu Aplikasi Dapodik 2019 C dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Apa itu Aplikasi Dapodik 2019 C dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Aplikasi Dapodik 2019 C merupakan aplikasi pendataan pendidikan yang dibuat khusus untuk memudahkan proses pengelolaan data pendidikan di berbagai jenis sekolah di Indonesia. Aplikasi ini berfungsi untuk menampung data siswa, guru, serta tenaga kependidikan lainnya. Selain itu, aplikasi ini juga dapat membantu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam memantau dan memperbarui data pendidikan secara berkala.

Dengan menggunakan Aplikasi Dapodik 2019 C, proses pengelolaan data di sekolah menjadi lebih mudah dan efisien. Sekolah tidak perlu lagi menggunakan cara manual dalam penginputan data siswa karena aplikasi ini dapat menampung dan mengelola data siswa secara otomatis. Selain itu, aplikasi ini juga memudahkan pengelolaan data guru dan tenaga kependidikan lainnya.

Apa itu Aplikasi Dapodik 2019 C dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Aplikasi Dapodik 2019 C merupakan aplikasi gratis yang dapat diunduh melalui website resmi Dapodik. Setelah melakukan proses instalasi, aplikasi ini dapat digunakan dengan mudah. Sebelum menggunakan aplikasi ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

1. Persyaratan Teknis

Aplikasi Dapodik 2019 C memerlukan spesifikasi komputer yang cukup tinggi. Beberapa persyaratan teknis yang wajib dipenuhi adalah:

  • Sistem Operasi Windows 7 atau Windows 10.
  • RAM Minimal 2 GB dan tersedia Hardisk minimal 20 GB.
  • Microsoft .NET Framework 4.7.2.
  • Adobe Reader.

Untuk mengetahui persyaratan teknis lengkap, dapat dilihat pada halaman unduhan Aplikasi Dapodik 2019 C pada website resmi Dapodik.

2. Tata Cara Penggunaan

Setelah melakukan instalasi dan memenuhi persyaratan teknis, pengguna harus memastikan data siswa, guru, serta tenaga kependidikan lainnya telah terinput dengan benar pada aplikasi Dapodik 2019 C.

Proses penggunaan Aplikasi Dapodik 2019 C terdiri dari beberapa langkah dasar, yaitu:

  • Login dengan akun Dapodik yang sudah terdaftar.
  • Mengunduh template pendataan pendidik dan peserta didik.
  • Melakukan pengisian data siswa, guru, serta tenaga kependidikan lainnya dengan menggunakan template yang sudah diunduh.
  • Menyimpan dan mengunggah data yang sudah diisi pada aplikasi Dapodik 2019 C.

Selain langkah dasar tersebut, terdapat beberapa fitur yang dapat dimanfaatkan pada aplikasi Dapodik 2019 C, seperti:

  • pengelolaan data siswa
  • pengelolaan data guru
  • pengelolaan data tenaga kependidikan lainnya
  • pengelolaan data rapor dan absensi
  • pengelolaan data pembayaran SPP
  • pemantauan progres belajar siswa
  • dan masih banyak lagi.
Baca Juga:  Begini Cara Buat Twibbon di PicsArt, Mudah Banget

Dengan menggunakan Aplikasi Dapodik 2019 C secara baik dan benar, proses pengelolaan data pendidikan di sekolah dapat menjadi lebih efisien dan termonitor dengan baik.

Fitur-Fitur Baru yang Tersedia di Aplikasi Dapodik 2019 C

Aplikasi Dapodik 2019 C
Aplikasi Dapodik 2019 C adalah aplikasi yang dirancang untuk membantu pengelolaan data sekolah secara terpusat dan terintegrasi. Dengan fitur-fitur yang terus diperbarui, pengguna dapat menyimpan dan mengolah data dengan lebih efektif. Berikut adalah beberapa fitur baru yang tersedia di aplikasi Dapodik 2019 C.

1. Modul Kurikulum 2013

Modul Kurikulum 2013 pada aplikasi Dapodik 2019 C dirancang untuk memudahkan pengguna dalam mengelola data dan informasi terkait kurikulum 2013. Fitur ini dapat digunakan untuk memasukkan informasi tentang sekolah, jenjang, kelas, mata pelajaran, dan kompetensi dasar yang ditetapkan dalam kurikulum 2013. Modul ini juga memungkinkan pengguna untuk menentukan pencapaian kompetensi siswa dan persentase pencapaian, sehingga dapat membantu pengambilan keputusan dalam kegiatan pembelajaran.

2. Modul Program Peserta Didik

Modul Program Peserta Didik pada aplikasi Dapodik 2019 C memungkinkan pengguna untuk memantau informasi dan data terkait peserta didik dengan lebih mudah dan terpusat. Fitur-fitur baru pada modul ini antara lain informasi personal siswa, informasi pendidikan, informasi kesehatan, informasi kepribadian dan bimbingan konseling, serta informasi kegiatan ekstrakurikuler. Selain itu, pengguna juga dapat melakukan pemutakhiran data dan membuat laporan terkait peserta didik secara terintegrasi.

3. Modul Dana Alokasi Umum

Modul Dana Alokasi Umum pada aplikasi Dapodik 2019 C memudahkan pengguna dalam mengelola dan memantau dana alokasi umum yang diberikan oleh pemerintah. Fitur baru pada modul ini antara lain pencatatan dana yang diterima, pengisian RPP, rencana anggaran belanja, pencairan dana, dan rekonsiliasi data. Modul ini juga memudahkan pengguna dalam membuat laporan terkait penggunaan dana alokasi umum secara terintegrasi.

4. Modul Rekap Pelaksanaan Penilaian

Modul Rekap Pelaksanaan Penilaian pada aplikasi Dapodik 2019 C dirancang untuk memudahkan pengguna dalam melihat dan memantau progress pelaksanaan penilaian di sekolah. Fitur baru pada modul ini antara lain rekap pelaksanaan ulangan harian, rekap pelaksanaan UTS, rekap pelaksanaan UAS, rekap nilai akhir, dan rekap nilai hasil ujian nasional. Modul ini juga memudahkan pengguna dalam menentukan kebijakan pembelajaran berdasarkan hasil rekapitulasi penilaian.

Dengan adanya fitur-fitur baru pada aplikasi Dapodik 2019 C, pengguna dapat mengelola dan memantau data sekolah dengan lebih efektif dan efisien. Fitur-fitur tersebut dapat membantu dalam pengambilan keputusan dalam pengembangan pembelajaran dan memudahkan dalam pembuatan laporan secara terintegrasi. Diharapkan dengan adanya aplikasi Dapodik 2019 C, pengelolaan data sekolah di Indonesia semakin terpusat, terintegrasi, dan efektif.

Baca Juga:  Download Kinemaster Mod APK Full Unlock Unlimited Terbaru

Persiapan Sebelum Memasukkan Data

Sebelum memasukkan data pada aplikasi Dapodik 2019 C, pastikan persiapan terlebih dahulu. Pertama, pastikan komputer atau laptop yang digunakan sudah memenuhi spesifikasi yang disyaratkan oleh aplikasi Dapodik 2019 C. Spesifikasi minimum tersebut adalah memiliki RAM 4GB dan Windows 7 64 bit ke atas. Kedua, pastikan aplikasi Dapodik 2019 C sudah terinstal dengan baik dan terupdate ke versi terbaru. Terakhir, pastikan sudah memiliki data-data seperti NISN, NUPTK, dan data lainnya yang diperlukan pada aplikasi Dapodik 2019 C.

Masukkan Data secara Akurat

Setelah dipastikan semua persiapan sudah dilakukan, langkah selanjutnya adalah memasukkan data dengan akurat. Kemudian, semua data harus dimasukkan dengan benar dan sesuai dengan dokumen yang dimiliki sehingga program Dapodik 2019 C dapat bekerja dengan baik. Pastikan nama siswa dan pendidik sesuai dengan data di KTP atau identitas lainnya. Pastikan juga setiap informasi yang diinput telah benar dan terkait, termasuk status siswa, kelas, dan prestasi yang pernah diraih.

Verifikasi Data dengan Detail

Setelah data dimasukkan dengan benar, langkah selanjutnya adalah melakukan verifikasi data secara detail. Verifikasi data bertujuan untuk memastikan data yang sudah dimasukkan benar-benar valid dan sesuai dengan dokumen yang dimiliki. Pastikan data yang diinput benar-benar terisi dengan baik, dari NISN, NUPTK, hingga informasi lain seperti faktor risiko, IPK, dan prestasi. Salah satu tips yang perlu diperhatikan dalam verifikasi data adalah memeriksa kembali setiap kolom dan informasi yang diinput sebelum menyimpan data.

Backup Data secara Rutin

Agar data yang sudah dimasukkan tidak hilang, pastikan untuk melakukan backup data secara rutin. Jangan menunggu terlambat atau terjadi masalah pada sistem aplikasi Dapodik 2019 C. Oleh karena itu, lakukan backup data secara teratur dengan jadwal yang sudah ditentukan agar datamu selalu aman dan terjaga. Backup data juga diperlukan sebagai antisipasi apabila terjadi kesalahan input data atau sistem rusak yang mengakibatkan data hilang atau rusak. Caranya cukup mudah, cukup pilih opsi backup data di aplikasi Dapodik 2019 C dan pilih lokasi penyimpanan yang aman.

Dengan memperhatikan tips dan trik di atas, kamu dapat mengoptimalkan penggunaan aplikasi Dapodik 2019 C untuk memasukkan data pendidikan. Selain itu, lakukan juga pembaruan terbaru aplikasi Dapodik 2019 C agar performa aplikasi semakin maksimal dalam mengolah data pendidikan di Indonesia.

Baca Juga:  Aplikasi VPN Turbo: Kelebihan dan Kekuranganya

Cara Melakukan Update Aplikasi Dapodik 2019 C

Update aplikasi Dapodik 2019 C sangat penting dilakukan agar aplikasi dapat bekerja dengan lancar. Berikut langkah-langkah melakukan update aplikasi Dapodik :

  1. Langkah pertama adalah unduh file update Dapodik 2019 C di situs resmi dapodik.org.
  2. Setelah file update berhasil diunduh, ekstrak file tersebut.
  3. Buka aplikasi Dapodik 2019 C pada komputer anda.
  4. Pilih menu “Instal/Update”.
  5. Setelah itu, pilih “Update Dapodik”. Kemudian, cari file update Dapodik 2019 C yang sebelumnya sudah diunduh dan di ekstraksi.
  6. Ikuti langkah-langkah yang muncul pada layar untuk menyelesaikan proses update aplikasi.
  7. Secara otomatis, aplikasi Dapodik 2019 C akan terbaru.

Setelah aplikasi berhasil diperbarui, sebaiknya backup data dapodik yang sudah ada terlebih dahulu agar data tidak hilang selama proses pengoperasian.

Menyelesaikan Masalah Umum

Dapodik juga memiliki masalah yang sering dikeluhkan oleh para pengguna. Berikut adalah beberapa masalah umum dari aplikasi Dapodik beserta cara mengatasinya :

  1. Dapodik tidak bisa dibuka karena blank screen
    Jika Dapodik tidak bisa dibuka dan muncul layar hitam, bisa jadi sistem windows terbaru belum terinstal. Instal sistem windows terbaru yang diperlukan.
  2. Tidak bisa login pada aplikasi Dapodik
    Salah satu masalah yang sering terjadi adalah gagal melakukan login. Masalah ini biasanya disebabkan oleh adanya kesalahan pada pengisian kolom username dan password. Sebaiknya cek kembali pengisian kolom tersebut. Jangan lupa untuk memastikan koneksi internet sudah terhubung.
  3. Tidak bisa mengekspor data pada Dapodik
    Jika aplikasi Dapodik tidak bisa mengekspor data, sebaiknya lakukan pengecekan terhadap menu yang digunakan. Pastikan menu tersebut berada pada saat pengiriman data.
  4. Data tidak simpan
    Salah satu masalah yang sering terjadi pada aplikasi Dapodik adalah data yang tidak disimpan. Hal ini biasanya disebabkan oleh terbatasnya kapasitas pada komputer. Pastikan jangan sampai memenuhi kapasitas pada hard disk atau memory komputer.
  5. Aplikasi Dapodik berjalan lambat
    Jika Dapodik mengalami lagging atau lambat dalam melakukan operasi, bisa jadi komputer yang dipakai sudah terlalu lama digunakan. Sebaiknya perbarui atau upgrade komputer yang digunakan agar Dapodik tidak lagi berjalan dengan lambat.

Dengan melakukan update aplikasi Dapodik 2019 C dan mengatasi masalah umum, maka penggunaan aplikasi yang mudah digunakan dan dapat berjalan dengan lancar.