RESEP MASAKAN SIMPLE ENAK
Gambar: istockphoto.com

Resep Sayur Asem Ikan & Ikan Saos Telur Asin: Masakan Simple Enak

Resep masakan yang simple tapi enak dan seger

1. Resep sayur asem ikan

Resep sayur asem ikan
Gambar: istockphoto.com

Bahan:

  • 500 gram ikan cocok untuk jenis ikan seperti: gurame, nila, mas, patin, gabus, kakap, kembung
  • 700 ml air
  • 1 buah timun
  • 2 helai kacang panjan
  • 4 batang kangkung
  • 2 sdm air perasan jeruk nipis (wajib)
  • 1 sdm air asem
  • 1 sdm kecap ikan
  • Penyedap rasa (jika suka)

Bumbu halus:

  • 3 biji cabai merah besar
  • 3 butir bawang merah
  • Terasi yg sudah di bakar
  • 2 cm kencur
  • 2 sdt garam (sesuaik selera)
  • 2 sdt gula pasir

Cara memasaknya:

Siapkan ikannya sebanyak 500gram kemudian kita potong-potong, kalau kita masukkan ke wadah dan nanti kita akan cuci dengan bersih, setelah ini kita siapkan bahan-bahan lainnya, siapkan 1 buah mentimun yang masih seger kemudian belah menjadi 3 kemudian belah lagi menjadi 4 bagian, sesudah ini masih ada lagi bahan lainnya yaitu kacang panjang, pakai dua helai aja biar ga terlalu banyak. Kemudian potong menjadi kurang lebih panjangnya 3-4 cm.

Kemudian masih ada lagi nih kangkung, kemudian kangkungnya memakainya 4-5 tangkai, lalu di petik petik seperti biasa, kalau sudah. Kita siapkan bumbunya, di sini bumbunya juga simple cuma cabe merah besar sebanyak 3 biji, kemudian bawang merah, 3 siung dan juga ada kencur, kemudian terasi yang sudah dibakar terlebih dahulu, ada garam sebanyak 2 sendok teh dan gula pasir sebanyak 2sendok teh, setelah ini kita ulek halus kalau bisa ulek jangan pakai blender, karena rasanya nanti lain kalau pakai blender.

đŸ‘‰TRENDING:   Resep Abon Ayam: Enak dan Praktis, Cocok Dijadikan Stok Lauk

Siapkan air sebanyak 700 ml, kemudian masukkan bumbu yang sudah tadi kita haluskan, air asem sebanyak 2 sendok makan, gula dan kecap ikan sebanyak 2 sendok makan lalu kita aduk-aduk, kemudian kita akan masak diatas kompor sampai nanti mendidih. Kalau misalnya sudah mendidih nanti di icip-icip rasanya, sudah asin atau belum, sudah manis atau belum, sudah gurih atau belum, kalau belum boleh ditambahkan garam, gula, dan juga kecap ikanya. Kalau sudah enak baru masukkan ikannya setelah itu tutup lagi, nanti biarkan sampai mendidih lagi.

Kalau misalnya sudah mendidih baru kita masukkan sayur-sayuran nya, Nah setelah sayur-sayuran masuk kita cuman masak sebentar aja supaya nanti rasanya seger dan juga ada krispy-nya, ada satu hal lagi yang harus kita masukkin yaitu air perasan jeruk nipis sebanyak 2 sendok makan. Nah ini penting banget nanti itu yang akan bikin rasanya jadi segar.

2. Resep ikan saos telur asin

Resep ikan saos telur asin
Gambar: istockphoto.com

Bahan:

  • 100gram maizena
  • 1 butir telur (ambil putihnya)
  • 1,2 sdt kecap asin
  • 1sdt kecap ikan
  • 1 siung bawang putih di cincang
  • 400-600gram ikan

Bahan saos:

  • 2 butir telur asin (ambil kuningnya)
  • 5 biji cabai rawit (kalo g suka pedes boleh pake cabe gede)
  • 1 siung bawang putih
  • 3 lembar daun salam (aku pake yg kecil kalo kalian pake yang gede 1 aja)
  • 1 sdt saus tiram
  • 2 sdt gula pasir
  • 1 sdm mentega
  • Kalo kurang asin boleh tambahkan garam
  • Penyedap rasa biar lebih sedep (kalo suka)

Pelengkap:

đŸ‘‰TRENDING:   Resep Olahan Nasi: Arem-arem Dan Nasi Uduk
  • Timun
  • Kemangi
  • Nasi putih

Cara memasaknya:

Resep masakan ikan saos telur asin, di sini bumbunya gampang banget nggak perlu banyak rempah-rempah pokoknya praktis banget, di sini aku menyiapkan ikannya sebanyak satu ekor ini beratnya 500gram, tetapi setelah di fillet aku ambil dagingnya ini berat dagingnya kurang lebihnya 250gram, kalau ikannya sudah difillet kita akan potong menjadi kotak-kotak tapi kalau kalian mau tipis-tipis juga nggak papa, nggak masalah.

Di sini aku pakai ikannya ikan gurame kalian boleh pakai ikan jenis lain, misalnya kayak Dori ataupun yang lainnya, supaya rasanya lebih enak dan juga empuk, kalau sudah. Kita masukkan dulu ke dalam mangkok, kita Siapkan bumbu lainnya, ada bawang putih 1 siung, kemudian 1½ sendok teh kecap asin, 1 sendok teh kecap ikan dan juga di sini aku siapkan telur, tetapi kita hanya butuh putih telurnya aja jadi kuningnya kita sisihkan.

Kemudian kita aduk-aduk kocak-kocok sampai nanti agak berbusa dikit kemudian kita campur ke dalam ikannya, kalau sudah. Kita aduk rata, kita diamkan kurang lebih 10-15 menit supaya bumbunya lebih meresap, kemudian nanti kita siapkan tepung maizena, di sini aku siapkan kurang lebih 100 gram, kalau sudah di marinet ikannya kita balurkan ke dalam tepung maizenanya.

Kenapa di sini aku memakai putih telurnya aja? Supaya nanti ketika sudah digoreng akan tetap kriuk, sekarang kita akan goreng dulu ikannya, pastikan sebelum menggoreng ikannya minyak harus sudah panas, goreng sampai nanti agak kecoklatan, di sini emang gak bisa coklat banget karena aku memakai tepung maizena bukan tepung terigu, Setelah ini kita akan buat sausnya.

đŸ‘‰TRENDING:   Resep Ikan Acar Bumbu Kuning & Resep Gulai Ikan: Masakan Enak

Siapkan telur asin, di sini aku menyiapkan telur asinnya sebanyak 2 butir, kita ambil kuning telurnya aja kemudian kita sisihkan kedalam mangkuk, di sini aku menyiapkan telurnya 2 butir, kalau sudah kita sisihkan, kemudian kita siapkan bumbu lainya, siapkan cabe rawit sebanyak 5, kalau kalian suka pedes boleh ditambahkan, kalau misalnya nggak suka pedes kalian boleh memakai cabe gede, kemudian ada bawang putih sebanyak 1 siung kita potong halus, kalau sudah kita siapkan lagi daun salam, lebih enak lagi masakan ini memakai daun kari.

Kalau sudah, kita siapkan margarin sebanyak 1 sendok makan untuk menumis bumbunya, tapi perlu diingat numis bumbunya enggak boleh sampai yang kering ya, cuman sedikit layu aja, kalau sudah. Masukkan kuning telur asinnya, setelah ini kita tambahkan bumbu lainnya, ada 1 sendok teh saos tiram, kemudian 2 sendok makan gula pasir, dan juga susu cair sebanyak 100ml, kemudian aduk-aduk rata sampai membentuk caramel, kalau sudah. Masukkan ikannya lalu aduk dan siap untuk makan bersama nasi hangat.