Cara Mengetahui Password Wifi Tetangga yang Belum Terhubung Tanpa Aplikasi
Cara Mengetahui Password Wifi Tetangga yang Belum Terhubung Tanpa Aplikasi

Cara Mengetahui Password Wifi Tetangga yang Belum Terhubung Tanpa Aplikasi

Kita semua pasti pernah merasakan kesulitan untuk mencari tahu nama dan jenis router WiFi yang digunakan oleh tetangga kita. Terkadang, kita sudah mencoba melakukan koneksi secara otomatis namun tetap saja tidak berhasil, dan akhirnya kita menyerah.

Padahal, banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mencari tahu mengenai router WiFi yang digunakan oleh tetangga kita. Salah satunya adalah dengan cara memperhatikan namanya, karena nama router dapat memberikan informasi mengenai jenis, merek, dan model dari router WiFi tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa mencari tahu informasi mengenai router WiFi yang digunakan oleh tetangga dengan menggunakan beberapa aplikasi yang tersedia secara online, seperti WiFi Analyzer atau NetSpot. Namun, pada artikel ini, kita akan membahas cara-cara untuk mencari tahu informasi mengenai router WiFi yang digunakan oleh tetangga tanpa menggunakan aplikasi.

Mencari Tahu Nama dan Jenis Router WiFi yang Digunakan Tetangga

Berikut adalah beberapa cara untuk mencari tahu informasi mengenai router WiFi yang digunakan oleh tetangga kita:

Melihat Nama Router WiFi yang Tersedia pada Daftar Jaringan

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan melihat nama WiFi yang tersedia pada daftar jaringan yang ada di sekitarmu. Hal ini dilakukan dengan menggunakan laptop atau smartphone yang sedang terhubung dengan koneksi WiFi.

Cara ini sangat mudah, kamu hanya perlu mengklik ikon WiFi yang ada di taskbar laptop atau smartphone kamu, dan kemudian akan muncul daftar jaringan WiFi yang tersedia di sekitarmu. Pada daftar tersebut, kamu dapat melihat nama dari jaringan WiFi yang ada, serta indikator kekuatan sinyal yang ditunjukkan dengan bentuk garis-garis.

Baca Juga:  Aplikasi Musik Tanpa Iklan

Namun, perlu diingat bahwa jika kamu tidak terhubung dengan jaringan WiFi tersebut, maka kamu perlu meminta izin terlebih dahulu sebelum bisa melihat informasi lebih lanjut mengenai router WiFi yang digunakan oleh tetangga.

Jika kamu sudah mendapatkan izin atau terhubung dengan jaringan WiFi tersebut, kamu dapat melihat informasi lebih lanjut dengan mengetikkan alamat IP default router yang digunakan oleh tetangga pada browser kamu. Alamat IP default biasanya terdapat pada bagian bawah atau belakang dari router WiFi tersebut.

Dengan mengetikkan alamat IP default router pada browser kamu, maka kamu akan diarahkan ke halaman login dari router WiFi tersebut. Namun, kamu memerlukan username dan password untuk dapat login ke halaman tersebut. Jika kamu tidak memiliki username dan password tersebut, maka kamu harus meminta izin terlebih dahulu pada tetangga kamu untuk mendapatkannya.

Jika kamu telah berhasil login ke halaman router WiFi tersebut, maka kamu akan mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai jenis, merek dan model dari router WiFi yang digunakan oleh tetangga kamu.

Dalam hal ini, kamu dapat mencari tahu informasi lengkap mengenai jenis dan merek router WiFi dari situs resmi pabriknya. Setelah kamu mengetahui jenis dan merek dari router WiFi, maka kamu dapat mencari tahu informasi lebih lanjut mengenai spesifikasi lengkap dari router tersebut.

Mengecek Kata Sandi Bawaan pada Router WiFi

Mungkin sebagian besar dari kita tidak tahu, tetapi ketika membeli router WiFi baru, biasanya router itu memiliki kata sandi bawaan yang bisa digunakan untuk mereset konfigurasi router. Namun, banyak orang malas mereset ulang router mereka dan mengganti kata sandi bawaan. Oleh karena itu, ini bisa menjadi kesempatan untuk membobol jaringan WiFi tetangga.

Baca Juga:  Download Aplikasi Edit Foto Jadi Kartun 3D Terbaik

Di bawah ini, kami akan memberikan langkah-langkah untuk mengetahui kata sandi bawaan pada router WiFi menggunakan beberapa merek router yang paling umum digunakan di seluruh dunia.

1. Mengecek Kata Sandi Bawaan pada Router WiFi Tp-Link

Langkah pertama adalah mengetahui alamat IP router Anda. Anda dapat menemukan alamat IP router Anda di kotak router atau lihat manual yang disertakan. Jika tidak, Anda dapat mencari alamat IP router Anda di Google dengan menuliskan merek dan tipe router Anda.

Setelah mengetahui alamat IP router Anda, masukkan alamat IP tersebut ke dalam browser Anda dan login dengan memasukkan username dan password (default adalah admin untuk username dan password juga admin).

Setelah berhasil login ke router, cari menu “Wireless” atau “Wireless Security”. Pada menu ini Anda dapat menemukan kata sandi bawaan untuk router Anda. Namun, karena beberapa model router memiliki tampilan yang berbeda, Anda mungkin perlu sedikit mencari untuk menemukan menu ini.

2. Mengecek Kata Sandi Bawaan pada Router WiFi D-Link

Langkah pertama sama dengan yang sebelumnya, temukan alamat IP router D-Link Anda dengan mencari di kotak atau manual router atau mencarinya di Google dengan menggunakan merek dan tipe router.

Setelah mengetahui alamat IP router D-Link Anda, masukkan alamat IP tersebut ke dalam browser Anda dan login dengan memasukkan username dan password (default adalah admin untuk username dan kosong untuk password).

Baca Juga:  Cara Menghapus Aplikasi di Android

Setelah berhasil login ke router, cari menu “Wireless” atau “Wireless Security”. Pada menu ini, Anda dapat menemukan kata sandi bawaan untuk router Anda. Namun, karena beberapa model router memiliki tampilan yang berbeda, Anda mungkin perlu sedikit mencari untuk menemukan menu ini.

3. Mengecek Kata Sandi Bawaan pada Router WiFi Huawei

Langkah pertama untuk mengetahui kata sandi bawaan router WiFi Huawei Anda adalah dengan menemukan alamat IP router Anda, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Setelah mengetahui alamat IP router Anda, masukkan alamat IP tersebut ke dalam browser Anda dan login dengan memasukkan username dan password (default adalah admin untuk username dan admin juga untuk password).

Setelah berhasil login ke router, cari menu “Wireless” atau “Wireless Security”. Pada menu ini, Anda akan menemukan kata sandi bawaan untuk router WiFi Huawei Anda. Namun, perlu diperhatikan bahwa beberapa model router Huawei memiliki desain tampilan antarmuka pengguna yang berbeda, sehingga Anda mungkin perlu mencari menu “Wireless” atau “Wireless Security” di bagian lain antarmuka menu.

Meski melihat kata sandi bawaan pada router WiFi tetangga tampaknya mudah dan sederhana, ini sebenarnya bisa dikatakan ilegal. Oleh karena itu, kami menyarankan bahwa tindakan ini tidak dilakukan tanpa persetujuan dari pemilik jaringan WiFi tetangga. Daripada membobol password jaringan WiFi orang lain, lebih baik Anda menggunakan teknologi yang lebih baik dan menunjukkan etika yang sehat. Selain itu, Anda juga dapat meminta ijin untuk membuka kata sandi wifi dari tetangga Anda jika memang diperlukan.