Apa itu copy trading?
Apa itu copy trading?

Apa itu copy trading?

Hello sobat, dalam dunia investasi, semakin besar jumlah uang yang diinvestasikan, semakin besar juga risiko yang muncul. Oleh karena itu, semakin banyak investor yang mencari alternatif investasi yang lebih aman dengan risiko yang lebih rendah untuk meminimalkan kemungkinan kerugian. Salah satu alternatif yang menjadi pilihan adalah copy trading.

Apa itu copy trading?

Copy trading merupakan salah satu jenis investasi yang memanfaatkan kemampuan beberapa trader profesional untuk mendapatkan keuntungan yang lebih baik.

Dalam copy trading, seorang investor mengikuti jejak trading trader profesional secara otomatis. Artinya, semua transaksi yang dilakukan oleh trader profesional akan dicontoh oleh investor. Profitability dan risiko dari posisi trading yang diambil oleh trader profesional akan ditiru dalam proporsi yang sama pada akun investor. Sehingga, investor memiliki kesempatan untuk mendapatkan penghasilan yang sama seperti seorang trader profesional.

Baca Juga:  Pengertian Agency Trading Desk

Keuntungan copy trading

Melalui copy trading, investor yang kurang berpengalaman dapat memperoleh keuntungan dengan cara yang sama seperti trader profesional. Berikut adalah beberapa keuntungan dari copy trading.

1. Tidak memerlukan pengetahuan investasi yang luas

Salah satu keuntungan dari copy trading adalah investor tidak perlu memiliki pengetahuan investasi yang luas. Tanpa memerlukan pengetahuan mengenai pasar dan alat investasi, seorang investor dapat mengambil keuntungan dari investasi.

2. Membuka peluang untuk menghasilkan pendapatan pasif

Dalam pengertian yang sederhana, copy trading dapat menghasilkan keuntungan tanpa harus meluangkan waktu atau upaya yang signifikan. Seorang investor bisa menerima penghasilan dari hasil trading trader profesional tersebut.

3. Terhindar dari kesalahan atau keputusan yang buruk

Dalam trading, kesalahan atau keputusan yang buruk sangat berdampak pada hasil trading. Dalam copy trading, investor mengikuti trader profesional. Dengan demikian, investor dapat terhindar dari kesalahan atau keputusan yang buruk dan meminimalkan resiko.

4. Memperoleh pengetahuan baru

Salah satu keuntungan dari copy trading adalah investor memperoleh pengetahuan baru. Investor dapat mempelajari berbagai strategi trading dengan mengikuti trader profesional. Investor juga dapat mempelajari berbagai macam teknik yang digunakan oleh trader profesional.

Baca Juga:  Gaji PNS Perbulan dan Tunjangan Berdasarkan Golongan

5. Tanpa memerlukan waktu yang banyak

Copy trading memerlukan waktu yang singkat untuk dipelajari, hal ini disebabkan investor hanya perlu mendaftar pada platform copy trading, memilih trader profesional dan mulai mengikuti transaksi yang dilakukan oleh trader tersebut. Investor hanya menunggu hasil trading trader profesional muncul pada akun mereka.

Kesimpulan

Copy trading merupakan salah satu pilihan investasi yang dapat meminimalkan resiko dan memberikan keuntungan bagi investor. Melalui copy trading, seorang investor dapat memperoleh penghasilan tanpa harus menginvestasikan waktu yang banyak.

Selain itu, investor yang kurang berpengalaman dapat memperoleh keuntungan yang sama seperti trader profesional tanpa harus memiliki pengetahuan investasi yang luas. Namun, investor harus selektif dalam memilih trader yang akan diikuti karena tidak semua trader dapat memberikan profitabilitas yang baik dan risiko yang rendah.