10+ Aplikasi Record Layar Laptop yang Bisa Dipakai
10+ Aplikasi Record Layar Laptop yang Bisa Dipakai

10+ Aplikasi Record Layar Laptop yang Bisa Dipakai

Jika kamu ingin merekam aktivitas atau permainan yang sedang kamu mainkan di laptop, maka membutuhkan aplikasi record layar laptop yang bisa menjadi solusinya.

Aplikasi Record Layar Laptop yang Bisa Dipakai

Aplikasi Record Layar Laptop

Berikut ini adalah beberapa macam aplikasi record layar laptop yang bisa kamu pakai:

1. OBS Studio

OBS Studio adalah salah satu aplikasi rekam layar laptop terbaik dan paling populer yang bisa kamu gunakan secara gratis. Aplikasi ini bisa merekam layar penuh atau layar sebagian saja serta menyimpannya menjadi file video untuk kemudian diupload ke platform seperti YouTube atau situs lainnya. Selain merekam, OBS Studio juga bisa digunakan untuk melakukan streaming langsung melalui fitur stream yang disediakannya.

2. Bandicam

Aplikasi Bandicam merupakan salah satu software merekam layar laptop terbaik yang bisa kamu gunakan untuk merekam segala macam aktivitas yang dilakukan di dalam layar laptop. Aplikasi ini memiliki fitur yang cukup lengkap, seperti merekam game, video call, hingga desktop. Selain itu, kamu juga bisa menentukan kualitas video yang ingin kamu rekam dan memilih format file yang kamu inginkan.

3. Camtasia Studio

Camtasia Studio merupakan aplikasi rekam layar laptop yang dirancang untuk merekam LMS atau materi educational seperti presentasi, tutorial, proses pembelajaran, dan lainnya. Aplikasi ini memiliki tampilan yang user friendly sehingga mudah digunakan oleh siapa saja. Selain itu, dilengkapi dengan fitur editing video yang cukup lengkap, sehingga kamu bisa langsung mengedit video rekaman kamu dari aplikasi ini.

4. ShareX

ShareX adalah salah satu aplikasi gratisan rekam layar laptop, yang juga memiliki kelebihan fitur yang cukup lengkap. Meskipun gratis, aplikasi ini mampu merekam layar laptop pada resolusi hingga 3840×2160 pixel. Selain itu, ShareX dilengkapi dengan fitur screenshot, serta fitur pengiriman file ke berbagai platform seperti Dropbox, Google Drive, dan lainnya.

Baca Juga:  Cara Melihat Password Wifi yang Terkunci tanpa Aplikasi

5. AZ Screen Recorder

AZ Screen Recorder adalah aplikasi merekam layar laptop untuk perangkat android. Aplikasi ini dirancang khusus untuk merekam layar android, sehingga berbeda dengan aplikasi rekam layar laptop pada umumnya. AZ Screen Recorder dapat merekam berbagai aktivitas di perangkat Android kamu seperti game, video call, dan lainnya.

6. Movavi Screen Recorder

Movavi Screen Recorder adalah aplikasi record layar laptop yang sangat mudah digunakan. Dengan aplikasi ini, kamu bisa merekam full screen ataupun sebagian screen dan menyimpannya dalam berbagai format video seperti MP4, AVI, dan lainnya. Fitur yang paling menarik dari aplikasi ini adalah fitur editing video yang cukup lengkap.

7. Icecream Screen Recorder

Icecream Screen Recorder merupakan aplikasi record layar laptop yang mudah digunakan dan memiliki fitur yang lengkap. Aplikasi ini juga bisa merekam audio saat merekam layar. Selain itu, kamu juga bisa memilih format video yang ingin kamu rekam, seperti MP4, AVI, hingga WebM.

8. ScreenFlow

Screenflow adalah salah satu aplikasi record layar laptop untuk pengguna Mac. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan memiliki fitur seperti merekam audio, merekam aktivitas pada layar, efek video dan audio, serta fitur editing video yang cukup lengkap.

Itulah beberapa macam aplikasi record layar laptop yang bisa kamu gunakan. Semoga artikel ini menjadi referensi bagi kamu yang ingin merekam aktivitas atau permainan yang sedang kamu mainkan di laptop kamu. Pastikan kamu memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Fitur-Fitur Unggulan di Aplikasi Record Layar Laptop

Aplikasi record layar laptop saat ini banyak digunakan oleh pengguna laptop untuk merekam tampilan atau aktivitas layar dalam bentuk video atau gambar yang bisa diputar kembali saat dibutuhkan. Dalam artikel ini, kita akan membahas fitur-fitur unggulan yang terdapat dalam aplikasi record layar laptop yang dapat membantu pengguna dalam merekam layar laptop dengan mudah.

Baca Juga:  Cara Menghapus Background Foto di Aplikasi Picsart Tanpa Ribet

1. Mendukung Perekaman dalam Berbagai Format

Aplikasi record layar laptop biasanya mendukung perekaman dalam berbagai format, seperti MP4, AVI, MOV, dan lainnya. Pengguna dapat memilih format yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

2. Menyediakan Tampilan Penyuntingan

Aplikasi record layar laptop juga biasanya menyediakan tampilan penyuntingan yang memungkinkan pengguna untuk memotong, menggabungkan, dan menambahkan efek pada video yang sudah direkam.

3. Memberikan Kualitas Rekaman yang Tinggi

Fitur unggulan lainnya dari aplikasi record layar laptop adalah kemampuan untuk merekam layar dengan kualitas video dan audio yang tinggi. Pengguna dapat merekam tampilan layar dengan resolusi tinggi dan suara yang jelas, bahkan saat merekam game atau program yang memerlukan kinerja tinggi.

4. Perekaman Layar dengan Waktu yang Ditentukan

Fitur unggulan lainnya dari aplikasi record layar laptop adalah kemampuan untuk merekam layar dengan waktu yang ditentukan. Hal ini memudahkan pengguna untuk merekam aktivitas layar untuk waktu tertentu, tanpa harus terus menerus merekam layar sehingga menghemat waktu dan juga penyimpanan.

Tipe perekaman ini dinamakan timer recording, yakni fitur yang memberikan jangka waktu untuk memulai dan mengakhiri perekaman layar. Fitur timer recording ini sangat berguna bagi pengguna yang memerlukan waktu yang pasti dan singkat untuk merekam layar dan menyimpan video.

Dalam aplikasi record layar laptop, cara mengatur timer recording cukup mudah. Pengguna bisa memilih jenis timer recording pada tampilan menu utama aplikasi. Kemudian, menentukan kapan perekaman dimulai dan kapan berakhir. Dalam pemilihan sebelum memulai record, pengguna juga bisa mengatur waktu rekaman, resolusi, dan kualitas audio yang digunakan.

5. Menyediakan Perekaman Layar dengan Audio

Fitur unggulan terakhir dari aplikasi record layar laptop adalah dukungannya terhadap perekaman layar dengan audio. Pengguna tidak hanya merekam aktivitas layar, tetapi aplikasi record layar laptop juga membantu pengguna merekam suara pada saat yang sama.

Ini menjadi keuntungan tersendiri, karena membuat pengguna bisa menjelaskan langkah-langkah saat merekam layar, atau menunjukkan bagaimana cara menggunakan program yang ingin dibagikan hasil rekamannya. Fitur seperti ini sangat menunjang bagi pengguna yang ingin membuat tutorial.

Baca Juga:  Cara Download Music Format Flac dari Youtube

Aplikasi record layar laptop menyediakan berbagai fitur unggulan yang bisa menyederhanakan dan mempermudah pengguna dalam merekam layar. Dalam artikel ini, kita telah membahas beberapa fitur unggulan dari aplikasi record layar laptop, seperti dukungan format, tampilan penyuntingan, kualitas rekaman yang tinggi, perekaman layar dengan waktu yang ditentukan, dan fitur perekaman audio. Pengguna bisa memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan mulai merekam layar.

Cari Aplikasi Perekam Layar dengan Fitur yang Sesuai

Jika kamu sudah menentukan jenis video yang ingin dihasilkan, langkah selanjutnya adalah mencari aplikasi perekam layar laptop yang memiliki fitur yang sesuai untuk menghasilkan video berkualitas tinggi yang kamu inginkan. Ada banyak pilihan aplikasi perekam layar laptop yang tersedia di internet. Namun, tidak semua aplikasi perekam layar laptop memiliki fitur yang sama.

Beberapa aplikasi perekam layar laptop hanya memiliki kemampuan dasar seperti merekam tampilan layar laptop dan audio dari speaker laptop. Namun, terdapat juga aplikasi perekam layar laptop yang memiliki fitur canggih seperti merekam video dari webcam, merekam audio dari mikrofon external, dan menyediakan editor video bawaan yang memungkinkan kamu untuk mengedit video sebelum mempublikasikannya.

Kamu bisa mencari aplikasi perekam layar laptop yang memiliki fitur serta tampilan yang mudah untuk digunakan. Jangan lupa untuk melihat review dari pengguna lain dan membandingkan fitur serta harga dari beberapa aplikasi perekam layar laptop sebelum memutuskan untuk membelinya.

Berikut adalah beberapa aplikasi perekam layar laptop yang populer diantaranya:

  • OBS Studio – Aplikasi perekam layar laptop ini populer karena menyediakan fitur perekam layar multi-window dan multi-audio track. Kamu juga bisa mengontrol kualitas video serta mengeditnya menggunakan fitur yang sudah tersedia.
  • Bandicam – Aplikasi yang terkenal karena kualitas video yang dihasilkannya. Kamu bisa merekam tampilan layar dengan kualitas video 4K.
  • Camtasia – Aplikasi ini memiliki fitur perekam layar, editor video dan juga fitur animasi. Aplikasi ini cocok untuk kamu yang ingin membuat video tutorial atau presentasi.