Mindset Orang Sukses, Inilah Pola Pikir Yang Dimiliki Orang Sukses
Gambar: istockphoto.com

Mindset Orang Sukses, Inilah Pola Pikir Yang Dimiliki Orang Sukses

Pengertian dari mindset
Gambar: istockphoto.com

Mindset yang dimiliki orang sukses, bagaimana mindset dapat membuat anda berhasil? Warren Buffett mengatakan sejak kecil dirinya memiliki mindset yang sangat yakin bahwa dia akan menjadi orang sukses, dan Warren sama sekali tidak pernah meragukan sedikitpun, Warren kecil berjanji akan menjadi miliuner diusia 35 tahun dan Warren berhasil mencapai cita-citanya lebih cepat yaitu di usia 32 tahun.

Pengertian dari mindset

Pengertian dari mindset-2
Gambar: istockphoto.com

Mindset atau pola pikir adalah suatu kumpulan pemikiran yang membentuk kebiasaan berpikir dari seseorang, kebiasaan ini, kegiatan yang dilakukan berulang-ulang sehingga secara otomatis terjadi mindset ditanamkan melalui apa yang kita lihat, apa yang kita dengar, dan apa yang kita lakukan berulang-ulang sejak kecil, sehingga tanpa sadar menjadi apa yang anda yakini benar. Contohnya jika anda sering mendengar orang lain mengatakan bahwa “Cari uang itu susah” maka mindset ini akan tertanam, Jika anda sering mendengar orang mengatakan “Cari pekerjaan itu susah” maka ini akan tertanam.

Jika anda sering melihat kekerasan dan perilaku kejahatan, maka hal ini akan tertanam. Jika anda sering memarahi anak anda, maka hal ini juga akan tertanam. Semua yang kita lihat, dengar dan lakukan secara berulang-ulang sejak kita kecil, akan membentuk mindset seseorang, mindset yang baik akan membentuk sikap dan perilaku yang baik, mindset yang buruk akan membentuk sikap dan perilaku yang buruk.

Mindset merupakan hal penting dalam hidup kita, karena dengan memiliki mindset yang benar, maka hidup jadi lebih bermanfaat karena kita memiliki tujuan hidup yang jelas, kita melakukan hal baik dan kita merasa bahwa hidup memang untuk disyukuri, mindset akan menentukan bagaimana masa depan kita nanti ataupun cita-cita anda untuk menjadi sukses. Apakah anda ingin sukses sebagai seorang investor saham, seorang pengusaha hebat, seorang direktur perusahaan besar, seorang pendiri perusahaan startup, atau seorang pemain sepak bola profesional, yang anda butuhkan adalah mindset yang benar.

👉TRENDING:   Inilah 3 Aplikasi Investasi Saham Terbaik
Otak memiliki keajaiban luar biasa, terdapat lebih dari 100 Milyar sel otak aktif manusia, mampu membuat hubungan antar sel otak sebanyak 20.000 kali setiap detik dengan kemampuan memori manusia sebesar 10 pangkat 800 Tera, dalam buku terlaris sepanjang masa berjudul Ting and Grow Rich, Napoleon Hill menyebutkan bahwa ada 3 hal penting yang membuat orang menjadi sukses, Apa saja 3 hal tersebut:

1. Mindset yang baik

Pikiran memiliki kekuatan yang luar biasa, di gabungkan dengan keinginan yang besar dan kegigihan dalam bertindak, akan menghasilkan sukses yang dicita-citakan. Jika anda tidak membayangkan menjadi orang sukses maka bisa dipastikan anda akan sulit menjadi sukses di kehidupan nyata, setiap orang yang sukses di dunia memulainya dengan sebuah impian besar. Warren buffet, mark zuckerberg, Jack Ma, Obama, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, orang-orang sukses tersebut memulainya dengan sebuah cita-cita, pikiran merekonstruksi masa depan yang akan terjadi pada anda, jika anda yakin anda akan berhasil, maka anda berpeluang besar untuk berhasil dan sebaliknya.

Coba bayangkan diri anda 5 tahun lalu, perubahan apa saja yang sudah terjadi pada diri anda, apakah anda yang dulu pernah membayangkan dengan kondisi anda seperti sekarang? Pikiran seperti sebuah pisau pikiran yang baik akan menghasilkan hal yang baik, tapi pikiran yang buruk akan menghasilkan hal yang buruk, semua tergantung kepada anda, pikiran tidak bisa diam, jika anda gagal mengendalikan pikiran maka pikiran lah yang akan mengendalikan anda.

Pertanyaan untuk anda, Apakah anda lebih banyak berpikir hal baik atau hal yang buruk? Apakah anda lebih sering melakukan kebiasaan yang baik atau kebiasaan yang buruk?

👉TRENDING:   Kode Bank Mandiri Untuk Tranfer dan Fungsinya

2. Keinginan yang besar

Pada tahun 711 masehi seorang Panglima bernama Thariq Bin Ziyad memimpin 10.000 pasukan ke Andalusia Spanyol dalam misi pembebasan dari ke dzaliman penguasa, sesampainya kapal mereka di pantai wilayah Spanyol, pasukan Thariq harus menghadapi 100.000 pasukan musuh yang dipimpin raja Roderick sang penguasa dzalim yang dibenci rakyatnya.

Panglima Thariq tiba-tiba membakar seluruh kapal hingga memusnahkan segala yang ada didalamnya termasuk persediaan makanan. Hal ini lantas mengagetkan ribuan pasukannya kala itu, mereka memikirkan bagaimana nasib dan cara untuk bisa kembali pulang dengan lantang Thariq menjawab “Kita datang kesini bukan untuk mundur, kita hanya memiliki 2 pilihan, kita pulang dengan kapal mereka atau kita semua binasa”

Kisah selanjutnya anda sudah tahu, pasukan Thariq berhasil menang meskipun kalah jauh secara jumlah, mereka menang karena memiliki keinginan yang sangat kuat untuk bertahan hidup, tidak ada pilihan lain menang atau binasa. Apa yang anda cita-citakan dalam hidup, kadang orang tidak tahu apa yang mereka inginkan dalam hidupnya, yang bisa menjawab pun kadang tidak memiliki keinginan yang besar untuk mencapai cita-cita tersebut, tanpa ada keinginan yang kuat maka orang akan mudah terombang-ambing dalam hidupnya.

3. Kegigihan

Mari kita lihat kisah Jack ma pendiri Alibaba yang memiliki kekayaan USD 41 milIar atau Rp500 triliun. Seperti kebanyakan orang yang baru lulus sekolah ia melamar kerja di berbagai perusahaan, dia melamar pekerjaan di lebih dari 30 perusahaan dan semua perusahaannya menolak, bahkan saat dia melamar bekerja di KFC dari 24 orang yang melamar kerja di sana ada 23 orang dinyatakan diterima bekerja, hanya 1 orang yang ditolak yaitu Jack ma, meskipun frustasi hal tersebut tidak menyurutkan kegigihannya dalam berusaha, dia akhirnya bekerja sebagai guru les bahasa Inggris sampai akhirnya mendirikan Alibaba bersama temannya.

👉TRENDING:   Ketahui 5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Investor Saham Pemula

Menurut Jack Ma pebisnis harus gigih dan tangguh, tahu apa yang ingin dicapai dan fokus mengejar kesuksesan sampai akhirnya Alibaba tercatat sebagai perusahaan dengan nilai IPO terbesar dalam sejarah, selalu ingat bahwa semua orang sukses pasti melewati kepahitan dan kegagalan dalam hidup, mereka berjuang gagal dan bangkit kembali, mereka tidak pernah menyerah.

Hal yang paling sering menghalangi orang menjadi sukses adalah terlalu sering membuat alasan, alasan tidak punya modal, alasan tidak pandai, alasan masih terlalu muda, alasan sudah terlalu tua, alasan sudah terlambat, alasan mengatakan bahwa uang tidak penting padahal dia butuh uang untuk mencukupi kebutuhan keluarganya sehari-hari, alasan capek menjadikannya sebagai alasan untuk bermalas-malasan, pura-pura sakit untuk bolos bekerja sampai akhirnya jadi sakit beneran, dan berbagai alasan lainnya yang sengaja dibuat.

Tips untuk mindset lebih baik

Tips untuk mindset lebih baik
Gambar: istockphoto.com

Kesimpulannya adalah mindset adalah kumpulan dari cara berpikir kita, mindset akan mempengaruhi perilaku dan sikap kita, mindset pada akhirnya akan menentukan masa depan kita, mindset yang tepat dipadukan dengan keinginan yang besar dan kegigihan dalam berusaha akan membuat orang menjadi lebih mudah untuk berhasil, bagaimana untuk merubah mindset? Coba tips praktis berikut ini:

1. Berdoa dan yakin

Untuk merubah mindset jadi lebih baik yang pertama berdoa, impikan apa yang anda cita-citakan dalam hidup dan yakinlah, percaya bahwa anda bisa dan diberikan kekuatan untuk mencapainya.

2. Berusaha dan gigih

Lakukan usaha, jangan banyak menunda, dan jangan banyak alasan, lakukan dari diri sendiri, lakukan dari hal yang kecil dan lakukan dari sekarang.

3. Selalu bersyukur

Selalu bersyukur, rasakan energinya seolah-olah anda sudah menerima apa yang anda cita-citakan, jika anda konsisten menjalankannya, maka mindset ada akan berubah menjadi lebih baik.