Strategi trading dalam advanced option trading
Strategi trading dalam advanced option trading

Strategi trading dalam advanced option trading

Trading option merupakan kegiatan investasi yang menjanjikan keuntungan yang cukup besar bagi para investor. Dalam trading option, terdapat beberapa jenis yang bisa dipilih, seperti option trading dasar dan advanced option trading. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai advanced option trading.

Secara singkat mengenai advanced option trading

Advanced option trading adalah bentuk trading option yang lebih rumit, memerlukan pengetahuan dan keterampilan yang lebih dari trading option dasar. Pada advanced option trading, investor harus mengenal beberapa jenis option, seperti spread option, iron condor, butterfly option, dan lain sebagainya. Jenis-jenis option ini memiliki karakteristik dan strategi trading yang berbeda-beda.

Baca Juga:  Ketahui 5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Investor Saham Pemula

Di samping itu, investor juga harus memahami tentang pengaruh faktor-faktor ekonomi global terhadap pergerakan harga saham. Hal ini dikarenakan advanced option trading yang melibatkan jenis-jenis option tertentu berhubungan dengan pergerakan harga saham yang relatif kompleks. Bagi investor yang sudah memahami strategi trading dasar, advanced option trading adalah pilihan yang menarik untuk meningkatkan kemampuan trading.

Strategi trading dalam advanced option trading

1. Bear Call Spread

Strategi ini biasanya digunakan ketika investor memperkirakan bahwa harga saham tidak akan pernah naik di atas level tertentu. Dalam strategi ini, investor akan menjual call option dengan harga eksekusi yang lebih tinggi dan kemudian membeli call option dengan harga eksekusi lebih rendah. Tujuannya adalah untuk mendapatkan keuntungan dari harga saham yang tetap stagnan.

2. Iron Condor

Strategi iron condor mirip dengan bear call spread. Namun, investor akan menjual dan membeli call dan put option dengan harga eksekusi yang berada di luar level harga saham saat ini. Dalam strategi ini, investor akan mendapatkan keuntungan ketika harga saham tetap berada di dalam kisaran harga eksekusi call dan put option yang telah ditentukan.

Baca Juga:  5 Aplikasi Investasi Saham: Ada Yang Modal Awal Bisa 10 Ribu

3. Butterfly Option

Strategi trading ini melibatkan pembelian dan penjualan panggilan/turpon option dan pembelian opsi call atau put di dalam atau luar uang investor. Strategi ini dapat menguntungkan ketika harga saham tidak bergerak jauh dari level harga saat ini.

Keuntungan dari advanced option trading

1. Potensi keuntungan yang besar

Salah satu alasan mengapa advanced option trading menarik bagi investor adalah potensi keuntungan yang besar. Dalam advanced option trading, investor memiliki kesempatan untuk menghasilkan keuntungan yang banyak dalam waktu yang relative singkat.

2. Meningkatkan kemampuan trading

Investor akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan lebih terkait advanced option trading. Hal ini akan meningkatkan kemampuan trading investor termasuk kemampuan untuk menganalisis faktor-faktor penggerak harga saham dan strategi trading yang lebih kompleks.

3. Diversifikasi portofolio investasi

Advanced option trading memberikan investor kesempatan untuk mengembangkan portofolio investasi. Sebagai contoh, dengan menggunakan strategi spread option, investor dapat mengimbangi risiko pada investasi individual.

Risiko dari advanced option trading

1. Risiko kehilangan banyak uang

Advanced option trading menawarkan keuntungan besar, tetapi juga mengandung risiko besar. Investor harus siap menanggung risiko kerugian yang besar dalam advanced option trading.

Baca Juga:  Ketahui 5 Saham Inovasi Disruptif Terbaik Ala Cathie Wood

2. Kompleksitas trading

Advanced option trading jauh lebih kompleks dan membutuhkan pemahaman atas jenis-jenis option dan strategi trading yang berbeda. Jika investor tidak memiliki pemahaman yang cukup, maka hal ini dapat berpotensi kehilangan banyak uang.

3. Dikenakan biaya tambahan

Advanced option trading melibatkan biaya tambahan pada trading, seperti margin dan komisi. Bagi sebagian investor, biaya tambahan ini dapat memberikan beban finansial yang cukup besar.

Itulah informasi mengenai advanced option trading yang bisa sobat pelajari. Ingat, sebelum memutuskan untuk melakukan advanced option trading, pastikan sobat sudah memiliki pemahaman yang cukup mengenai strategi-strategi trading dan risiko-risiko yang mungkin terjadi. Happy trading, sobat!