Kuliah Manajemen Pemasaran Ini Yang Akan Kamu Pelajari

Kuliah Manajemen Pemasaran: Ini Yang Akan Kamu Pelajari

Mata kuliah manajemen pemasaran-2
Gambar: istockphoto.com

Ilmu yang menarik, ilmu yang seringkali anda dengar, anda sudah lakukan dan seringkali anda praktekkan dalam kehidupan sehari-hari meskipun istilah-istilah di dalamnnya barangkali anda belum tahu, yaitu ilmu manajemen pemasaran. Banyak hal yang terkait dengan manajemen pemasaran, kali ini kita akan fokus pada beberapa hal.

Materi kuliah manajemen pemasaran

  1. Pengertian manajemen pemasaran
  2. Sejarah munculnya ilmu manajemen pemasaran
  3. Pentingnya manajemen pemasaran dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam perusahaan maupun dalam kegiatan bisnis
  4. Belajar mengenai posisi manajemen pemasaran diantara ilmu-ilmu manajemen yang lain
  5. Proses manajemen pemasaran yang perlu kita ketahui di dalam perusahaan

1. Pengertian manajemen pemasaran

Pengertian manajemen pemasaran-2
Gambar: istockphoto.com

Yaitu serangkaian proses analisis perencanaan pelaksanaan serta pengawasan dan pengendalian kegiatan, yaitu fokusnya adalah pertukaran produk atau jasa antar pelaku bisnis, tujuannya adalah mencapai target perusahaan secara efektif dan efisien. Berikutnya seringkali kita lihat dalam kehidupan bisnis, banyak pelaku, ada pertukaran antara pemasok yang mengirimkan barang kepada perusahaan, berikutnya ada pertukaran perusahaan mengirim barang kepada pengecer atau kita sebut sebagai reseller atau pengecer, berikutnya juga sering kita lihat pertukaran antara pengecer dengan pembeli.

Semua itu bisa kita lalui prosesnya dengan baik, efektif dan efisien jika kita mampu memahami manajemen pasaran dengan baik dan tentunya mempraktekan teori-teori tersebut dalam kegiatan bisnis sehari-hari.

2. Sejarah manajemen pemasaran

Sejarah munculnya ilmu manajemen pemasaran, sebelum tahun 1800-an dimana transaksi ini di lakukan secara barter makan orientasi pemasaran adalah meningkatkan nilai tukar barangnya sehingga bisa mendapat barang-barang yang ditukarkan dengan nilai yang lebih baik, saat terjadinya Revolusi Industri yaitu dimulainya di Inggris, Perancis, kemudian di berapa negara Eropa tumbuh banyak industri, mereka memproduksi segala barang-barang industri yang dibutuhkan oleh masyarakat, mudian munculah industri yang membuat barang sangat masif dalam jumlah yang luar biasa besar, over produksi dan saat itu mulailah berfikir mereka gimana cara menjual barang-barang ini, kemudian ilmu manajemen pemasaran ini diperlukan yang berorientasi pada bagaimana supaya produk yang dijual ini bisa laku diterima oleh konsumen.

👉TRENDING:   Ketahui Jurusan kuliah Ilmu Hukum Dan Prospek Kerjanya

Kemudian tumbuhlah masa-masa imperalis di mana bangsa Eropa kemudian mencari negara-negara jajahan, terjadi perang dunia pertama dan kedua, saat itu orientasi perusahaan telah memperluas pangsa pasar, kalau sebelumnya yang terpenting adalah barang itu laku sehingga mengurangi beban produksi, sekarang adalah bagaimana barang itu bisa dijual kepalan negara, karena itu mereka sekarang belajar bagaimana konsumen di negara-negara tujuan ini memahami kebutuhannya, mereka bikin produk sesuai dengan kebutuhan negara masing-masing.

Kemudian berkembang adanya globalisasi sekitar tahun 1970 bahwa barang yang diproduksi oleh pabrik diharapkan bisa dipasarkan ke banyak negara, ilmu marketing tumbuh pesat saat itu, bagaimana memahami karakter yang berbeda setiap negara, tentunya budaya negara-negara di Amerika, di Eropa, di Asia, di Afrika, dan juga di Timur Tengah sangat beda, karena itu orientasi bagaimana memahami culture setiap budaya, kemudian membuat produk ini bisa diterima oleh pasar menjadi sangat penting, berkembang istilahnya konsep orientasi pasar, loyalitas, kepuasan, dan sebagainya.

Sekarang memasuki masa yang luar biasa, yaitu berkembangnya digital, berkembangnya teknologi informasi, sekarang fokusnya tidak lagi memasarkan produk lewat media-media yang konservatif tapi lewat teknologi, karena itu tahun 2000 dan sampai sekarang berkembang luar biasa yang disebut sebagai internet, teknologi internet yang digunakan untuk memperluas jejaring pemasaran. Konsep-konsepnya menjadi luar biasa, kita kenal ada digital marketing, ada ikamer dan sebagainya.

👉TRENDING:   100 gram berapa kg? Ini Jawabanya

3. Pentingnya manajemen pemasaran

Pentingnya manajemen pemasaran
Gambar: istockphoto.com

Ada banyak hal yang perlu kita pahami tentang kenapa kita harus mempelajari tentang manajemen pemasaran.

  1. Dengan memahami manajemen pemasaran, maka perusahaan bisa menyampaikan produk, produk disini bisa jadi dalam bentuk barang atau jasa kepada konsumen dengan baik, kalau tanpa ilmu ini barangkali nyampe produk itu cuman tidak bisa nyampe kepada konsumen secara optimal.
  2. Di dalam perusahaan ada bagian produksinya, tugasnya adalah menghasilkan produk, bagian marketing adalah fungsi untuk mendukung bagian produksi, sehingga produk ini bisa sampai pada konsumen, sehingga produknya bisa yang dihasilkan nyampe pada konsumen.
  3. Karena dengan memahami manajemen pemasaran maka perusahaan mampu mengetahui kebutuhan-kebutuhan yang betul-betul diperlukan oleh konsumen, harapannya adalah dengan memahami konsumen maka perusahaan bisa membuat produk yang betul-betul dibutuhkan.
  4. Dengan memahami manajemen pemasaran maka ini sebagai bagian visi perusahaan untuk merealisasikan kebutuhan dana yang diperlukan, dengan menjual produk maka perusahaan memperoleh pendapatan dan pendapat dan pendapatan ini digunakan oleh perusahaan untuk menghidupkan seluruh kegiatan-kegiatan perusahaan.

4. Belajar mengenai posisi manajemen pemasaran

Kalau kita pelajari dalam fungsi-fungsi manajemen maka posisi manajer pemasaran sangat mendukung adanya fungsi-fungsi lain. Ada manajemen sumber daya manusia mengatur karyawan, mengatur anggota organisasi, menentukan fungsi-fungsi divisi-divisi dalam perusahaan. Berikutnya adalah manajemen produksi tugasnya adalah membuat produk yang dibutuhkan oleh konsumen. Manajemen keuangan tugasnya mengatur semua lalu lintas keuangan dalam perusahaan. Manajemen pemasaran disini adalah mendukung fungsi SDM, produksi, keuangan, sehingga perusahaan bisa memperoleh pendapatan dari produk-produk yang dijual pada konsumen.

👉TRENDING:   4 Jurusan Kuliah Saintek Baru Yang Sangat Di Butuhkan

Banyak kegiatan dalam manajemen pemasaran, 7 kegiatan utama

  1. Analisis pasar, seorang analisis pasar harus mampu memetakan karakteristik konsumen yang dituju, dengan mengenalnya maka pemasar fokus pada target yang dituju.
  2. Seorang pemasar harus mampu melakukan riset pasar, semua data informasi berdasarkan data yang diperoleh di lapangan.
  3. Seorang pemasar mampu mengembangkan produk, ingat bahwa setiap bisnis harus berkembang, maka seorang pemasar tentunya mampu memberikan masukan kepada perusahaan tentang produk apa yang bisa dikembangkan.
  4. Seorang pemasar mampu melakukan promosi dan komunikasi produk, tanpa itu produk yang ada hanya ada di perusahaan, tentunya harus promosi.
  5. Seorang pemasar harus mampu mendistribusikan produk, produk harus nyampe pada konsumen yang dituju.
  6. Seorang pemasar mampu merancang pelayanan yang prima, sehingga sampai pada konsumen dengan pelayanan yang unggul.
  7. Yang terakhir adalah seorang pemasar harus mampu menentukan harga bersaing, saat ini harga menjadi prioritas bersaing, pemasar harus mampu berapa harga yang mampu diterima oleh konsumen yang dituju.

5. Digital marketing

Digital marketing
Gambar: istockphoto.com

Yaitu suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk dengan menggunakan media digital atau internet, tujuannya segera konsumen yang ada di mana-mana ini mampu dituju dan mampu membeli produk yang diharapkan dari perusahaan. Sekarang berkembang digital marketing, apa dasar dari digital marketing itu yaitu adalah

  1. Sekarang sudah naik konteks, pemasarannya tidak lagi lokal tapi pemasaran Global.
  2. Adanya perkembangan teknologi internet.
  3. Adanya pengoplosan jejaring pasar yang sebelumnya barangkali sifatnya telah regional sekarang terintegrasi menjadi Global.
  4. Berkembangnya ikamars.
  5. Berkembangnya marketplace, semua ini pemasaran Global, teknologi internet, jejaring pasar, terintegrasi, ikamars dan marketplace menjadi meningkatkan pemahaman kita mengenai pemasaran digital.