Mengenal Apa Itu Softswitch Komponen, Fungsi, Cara Kerja, Fitur, Instalasi dan Layanan

Mengenal Apa Itu Softswitch: Komponen, Fungsi, Cara Kerja, Fitur, Instalasi dan Layanan

Apa itu Softswitch? Kamu mungkin pernah dengar istilah yang dilontarkan di industri telekomunikasi, tapi apa sebetulnya Softswitch itu? Nach, bila Anda cari pengertian singkat, Softswitch ialah perangkat jaringan yang memungkinkannya perubahan signal komunikasi di antara beragam tipe jaringan.

Softswitch pada intinya ialah gabungan perangkat keras dan perangkat lunak yang memungkinkan perubahan lalu lintas suara, video, dan data di antara beragam tipe jaringan, seperti IP, PSTN, dan jaringan nirkabel. Ini ialah elemen kunci dalam pengembangan jaringan komunikasi generasi mendatang dan sediakan langkah yang efektif buat menyambungkan beragam jenis pengguna.

Softswitch bisa dipakai buat mengatur dan mengontrol panggilan telephone dalam jaringan telekomunikasi. Ini mengatur saluran signal dari 1 sumber ke sumber lain, seperti dari telephone ke telephone atau dari telephone ke jaringan internet. Softswitch dipakai buat mengatur akses ke jaringan, seperti atur batas panggilan dan menertibkan lalu lintas panggilan.

Softswitch dapat dipakai buat mengintegrasikan beragam jenis tehnologi panggilan, seperti Voice over IP (VoIP), panggilan tradisional dengan PSTN (Public Switched Telepon Network), dan panggilan lewat jaringan seluler. Ini memungkinkannya perusahaan telekomunikasi buat menyediakan service panggilan yang lebih fleksibel dan efektif ke konsumen setia mereka.

Beberapa fitur yang bisa ditawari oleh softswitch diantaranya : Call routing, Billing, Fraud detection, Call recording, Call conferencing, Call queuing, dan lain-lain.

Softswitch dapat dipakai dalam jaringan telekomunikasi virtual (VPC) yang memungkinkannya perusahaan buat mengurus jaringan telekomunikasi mereka secara efisien. Dengan memakai softswitch, perusahaan bisa menertibkan lalu lintas panggilan, mengurus panggilan masuk, dan menyediakan service tambahan seperti panggilan conferencing dan voicemail.

Secara keseluruhan, softswitch sebagai tehnologi yang penting dalam industri telekomunikasi sekarang ini karena memungkinkan perusahaan telekomunikasi buat sediakan service panggilan yang lebih fleksibel dan efektif ke pelanggan mereka.

Komponen Softswitch

Komponen Softswitch

Dalam elemen softswitch ada banyak komponen yang memainkan peran penting dalam mengurus panggilan, salah satunya :

1. Media Gateway Controller (MGC)

Sebagai elemen khusus dari softswitch yang bertanggungjawab buat atur saluran signal dari 1 sumber ke sumber lain. MGC dipakai buat mengatur akses ke jaringan, seperti atur batas panggilan dan mengatur lalu lintas panggilan.

2. Media Gateway (MG)

Sebagai elemen yang bekerja buat mengganti signal dari 1 tipe tehnologi ke tipe tehnologi lain. MG dipakai buat mengintegrasikan beragam jenis tehnologi panggilan, seperti Voice over IP (VoIP), panggilan tradisionil dengan PSTN (Public Switched Telepon Network), dan panggilan lewat jaringan seluler.

Baca Juga:   Bagaimana Cara Membuat Bot WhatsApp untuk Bisnis Anda

3. Signaling Gateway (SG)

Sebagai komponen yang bekerja buat atur prosedur pengaturan panggilan, seperti mengatur lalu lintas panggilan, mengurus panggilan masuk, dan sediakan service tambahan seperti panggilan conferencing dan voicemail.

4. Billing and Mediation

Sebagai elemen yang bekerja buat menulis semua transaksi panggilan dan lakukan proses billing.

5. Database Server

Sebagai komponen yang bekerja buat menyimpan info yang diperlukan oleh softswitch, seperti info konsumen setia, biaya panggilan, dan lain-lain.

6. Management and Maintenance

Sebagai komponen yang bekerja buat mengurus dan atur softswitch, seperti atur konfigurasi, melakukan troubleshoot, dan monitoring.

Secara keseluruhan, beberapa komponen di atas bekerja sama buat mengurus dan mengatur panggilan telephone dalam jaringan telekomunikasi. Dengan elemen yang bagus dan terpadu, softswitch bisa menyediakan service panggilan yang lebih efektif dan fleksibel ke konsumen setia.

Fungsi Softswitch

Fungsi khusus dari softswitch ialah untuk mengatur saluran panggilan telephone lewat jaringan internet. Ini dilakukan dengan mengidentifikasi panggilan masuk dan menentukan jalur terbaik buat mengirimkan ke tujuan akhir. Softswitch dapat dipakai buat atur panggilan keluar dan mengatur jumlah panggilan yang diterima oleh jaringan.

Disamping itu, softswitch dapat dipakai buat menyediakan beragam fitur tambahan seperti panggilan tunggu, panggilan panggilan pertemuan, dan dilanjutkan. Ini memungkinkannya pemakai buat memaksimalkan performa tingkatkan keproduktifan dan jaringan.

Softswitch dapat dipakai dalam konfigurasi multi-tenant, yang memungkinkannya beberapa penyuplai service telephone buat memakai satu piranti buat atur panggilan. Ini sediakan jalan keluar efektif dan hemat biaya buat penyedia layanan telepon.

Dalam kesimpulan, softswitch ialah perangkat lunak yang dipakai buat  mengatur panggilan telephone lewat jaringan internet. Ini memungkinkannya panggilan telephone dilanjutkan lewat internet dibanding jaringan telephone tradisional, menyediakan sejumlah keuntungan seperti biaya yang lebih rendah dan fleksibilitas yang lebih tinggi.

Cara kerja softswitch?

Cara kerja softswitch dengan menerima signal dari perangkat telephone yang tersambung ke jaringan, mengidentifikasi panggilan yang akan dilanjutkan dan mengarahkan panggilan tersebut ke arah yang sesuai. Softswitch dapat dipakai buat mengatur jumlah saluran yang ada, mengontrol akses ke jaringan, dan mengatur kualitas suara panggilan.

Pada intinya, softswitch berperan sebagai kontroler panggilan yang atur saluran data dari 1 perangkat telephone ke perangkat telephone lainnya. Softswitch dapat dipakai buat mengintegrasikan layanan telephone tradisionil dengan service VoIP, hingga memungkinkan pengguna buat berbicara lewat beragam jenis jaringan dan perangkat.

Secara tehnis, softswitch menerapkan prosedur seperti SIP (Sesi Initiation Protocol) dan H.323 buat atur mengatur jaringan dan panggilan. Softswitch dapat dipadukan dengan perangkat lunak lain seperti media gateway, billing sistem dan pemetaan alamat buat menyediakan layanan tambahan.

Baca Juga:  Cari Jodoh Via Whatsapp Terbaru 2022

Protokol server softswitch

Protokol server softswitch ialah standard komunikasi yang dipakai oleh perangkat lunak softswitch buat atur dan mengatur panggilan telephone dalam jaringan VoIP (Voice over Internet Protocol). Beberapa prosedur yang kerap dipakai dalam server softswitch mencakup SIP (Sesi Initiation Protocol), H.323, MGCP (Media Gateway Control Protocol), dan SS7 (Signaling Sistem 7).

SIP (Sesi Initiation Protocol)

SIP (Sesi Initiation Protocol) ialah protokol yang umum dipakai dalam server softswitch. SIP dipakai buat atur sesion panggilan, mengatur saluran media, dan sediakan proses enkripsi dan autentikasi. SIP dipakai buat atur panggilan lewat koneksi internet dan memadukan service telephone dengan aplikasi lain seperti instan video conferencing dan messaging.

H.323

H.323 ialah protokol yang dipakai buat atur panggilan video dan audio dalam jaringan LAN (Local Area Network) dan WAN (Wide Area Network). H.323 dipakai buat memadukan service telephone dengan aplikasi lain seperti video multimedia dan conferencing.

MGCP (Media Gateway Control Protocol)

MGCP (Media Gateway Control Protocol) ialah prosedur yang dipakai buat mengatur media gateway, yang dipakai buat mengganti signal telephone dari jaringan PSTN (Public Switched Telephone Network) ke jaringan IP. MGCP dipakai buat atur kualitas suara panggilan dan mengatur jumlah kanal yang tersedia.

SS7 (Signaling Sistem 7)

SS7 (Signaling Sistem 7) ialah protokol yang dipakai buat atur panggilan telephone dalam jaringan PSTN. SS7 dipakai buat atur saluran signal, mengatur akses ke jaringan, dan atur kualitas suara panggilan.

Kesimpulannya, protokol server softswitch penting dalam atur dan mengatur panggilan telephone dalam jaringan VoIP. Beberapa protokol yang kerap dipakai dalam server softswitch mencakup SIP, H.323, MGCP dan SS7. Masing-masing protokol mempunyai kekurangan dan kelebihan yang berlainan sesuai arah pemakaiannya, hingga pemilihan protokol yang tepat benar-benar dibutuhkan buat sediakan service telephone yang stabil dan efisien.

Layanan Softswitch

Softswitch menyediakan beragam layanan buat mempermudah komunikasi telephone lewat jaringan internet.

Salah satunya layanan yang ditawarkan oleh softswitch ialah panggilan telephone tanpa batas. Dengan memakai softswitch, panggilan telephone bisa dilanjutkan lewat koneksi internet, hingga mengurangi biaya panggilan dan memungkinkannya komunikasi tanpa batasan.

Service yang lain ditawari oleh softswitch ialah integratif service telephone dengan program lain. Softswitch bisa dipakai buat mengintegrasikan service telephone tradisionil dengan service VoIP, hingga memungkinkannya pemakai buat berkomunikasi lewat beragam tipe jaringan dan perangkat.

Disamping itu, softswitch dapat dipakai buat menyediakan service telephone buat perusahaan dengan fitur seperti panggilan group, panggilan antara pencatatan panggilan, dan kantor. Feature ini benar-benar bermanfaat untuk perusahaan yang banyak memiliki kantor atau pegawai yang bekerja dari jarak jauh.

Baca Juga:  5 Cara Mengubah Kualitas Video Jadi HD di HP, Mudah dan Praktis

Softswitch dapat dipakai buat sediakan service telephone yang aman dengan enkripsi autentikasi pemakai dan signal. Ini penting untuk perusahaan yang membutuhkan keamanan yang tinggi dalam berkomunikasi.

Layanan yang lain ditawarkan oleh softswitch ialah kontrol akses jaringan dan kualitas suara panggilan. Softswitch bisa dipakai buat mengatur jumlah saluran yang ada dan mengatur akses ke jaringan, dan mengatur kualitas suara panggilan.

Fitur Softswitch

Salah satunya fitur khusus dari softswitch ialah konversi sinyal. Fitur ini memungkinkannya softswitch buat mengganti signal telephone dari jaringan PSTN (Public Switched Telepon Network) ke jaringan IP dan sebaliknya. Ini memungkinkannya panggilan telephone diteruskan lewat koneksi internet dan mengurangi biaya panggilan.

Fitur yang lain ditawarkan oleh softswitch ialah panggilan group. Fitur ini memungkinkannya sebagian orang buat berbicara secara bertepatan pada sebuah panggilan. Ini benar-benar bermanfaat buat perusahaan yang banyak memiliki kantor atau pegawai yang bekerja dari jarak jauh.

Fitur yang lain ditawari oleh softswitch ialah integratif service telephone dengan aplikasi lain. Softswitch bisa dipakai buat memadukan service telephone tradisional dengan service VoIP, hingga memungkinkannya pemakai buat berbicara lewat beragam jenis jaringan dan perangkat.

Fitur yang lain ditawari oleh softswitch ialah panggilan antar kantor. Fitur ini memungkinkannya perusahaan buat berbicara dengan beberapa kantor lain secara efektif tak perlu membayar biaya long distance.

Instalasi softswitch

Instalasi softswitch sebagai proses pemasangan perangkat lunak yang dipakai buat atur dan mengatur panggilan telephone lewat jaringan internet. Berikut ialah proses instalasi softswitch yang bisa dilaksanakan:

  1. Persiapan: Pastikan jika computer atau server yang hendak dipakai memenuhi syarat sistem yang diperlukan oleh softswitch.
  2. Download: Unduh file instalasi softswitch yang sesuai sistem operasi yang dipakai.
  3. Ekstrak: Ekstrak file yang sudah didownload ke folder yang sesuai.
  4. Lakukan Instalasi: Lakukan file instalasi dengan mengklik 2x pada file yang sudah diekstrak tadi. Ikuti beberapa langkah yang diberikan oleh wizard instalasi.
  5. Konfigurasi: Sesudah proses instalasi selesai, membuka aplikasi softswitch dan melakukan komposisi sesuai keperluan.
  6. Testing: Eksperimen softswitch buat memastikan jika semua peranan jalan dengan baik.

Harus diingat jika proses instalasi softswitch kemungkinan berbeda tergantung pada tipe perangkat lunak yang dipakai, hingga pastikan buat membaca dokumentasi yang diikutkan dengan perangkat lunak itu saat sebelum lakukan instalasi.