Sekilas Mengenai Aplikasi FB Lite dan Kelebihanya
Sekilas Mengenai Aplikasi FB Lite dan Kelebihanya

Sekilas Mengenai Aplikasi FB Lite dan Kelebihanya

Aplikasi Facebook Lite atau yang biasa disebut Aplikasi FB Lite adalah aplikasi Facebook yang dihadirkan untuk para pengguna yang memiliki keterbatasan dalam penggunaan internet. Aplikasi FB Lite ini diatur sedemikian rupa sehingga dapat diakses dengan lancar meskipun koneksi internet sedang tidak stabil atau lambat.

Apa itu Aplikasi FB Lite?

Aplikasi FB Lite

Aplikasi FB Lite ini sebenarnya mirip dengan aplikasi Facebook biasa, hanya saja Aplikasi FB Lite memiliki more yang sedikit berbeda misalnya mengurangi beberapa fitur yang tidak dibutuhkan seperti shortcut ke Facebook Marketplace atau Watch yang tidak merupakan kebutuhan utama.

Berbeda dengan aplikasi Facebook resmi yang bisa memakan banyak penyimpanan dan memakan banyak memori, aplikasi FB Lite justru sangat irit dalam penggunaannya. Aplikasi ini memakan kurang dari 1MB ruang penyimpanan, sama dengan aplikasi Gojek. Oleh karena itu, aplikasi FB Lite sangat cocok bagi pengguna yang memiliki spesifikasi gadget yang rendah.

Aplikasi FB Lite juga tanpa iklan yang mengganggu. Facebook mengklaim bahwa FB Lite menjanjikan tampilan yang bersih dari iklan yang terkadang menggusur banyak sekali ruangan tampilan aplikasi. Dengan menggunakan Aplikasi FB Lite, pengguna akan lebih nyaman dalam menjelajahi gaya Facebook mereka tanpa harus dikejutkan oleh iklan-iklan pop-up yang tidak diinginkan.

Salah satu kelebihan Aplikasi FB Lite yaitu ramah baterai dan ramah kuota. Dalam aplikasi ini, Facebook menghilangkan banyak fitur yang dianggap kurang penting seperti auto-play video, grafis yang lebih sederhana, bahkan instruksi interaktif untuk mengedit akun pengguna. Secara keseluruhan, FB Lite memaksa pengguna untuk percaya pada sifat unduhan yang lebih cepat dan data yang lebih rendah dan lebih efisien.

Aplikasi FB Lite juga sangat cepat dalam beroperasi. Aplikasi ini dirancang untuk memangkas waktu yang dibutuhkan untuk mengakses halaman Facebook. Hal inilah yang membuat aplikasi FB Lite cocok digunakan oleh pengguna internet dengan keterbatasan waktu dan data yang terbatas.

Namun, fitur yang dihilangkan atau dikurangi pada Aplikasi FB Lite menyebabkan beberapa kekurangan di mana pengguna tidak bisa melakukan beberapa fungsi seperti bermain game yang terdapat di Facebook. Pengguna juga tidak bisa mendengarkan musik dengan mudah, melihat video dalam kualitas tinggi, menggunakan Facebook Messenger, serta tidak bisa membuat video atau mengirim pesan Suara. Jadi, untuk melakukan hal-hal tersebut pengguna harus kembali ke aplikasi Facebook yang sebenarnya.

Kesimpulan, meskipun Aplikasi FB Lite memang memiliki beberapa kekurangan seperti penggunaan Fitur Foto yang sangat terbatas, namun ia masih memiliki banyak kelebihan seperti irit penyimpanan, irit baterai, tanpa iklan dan mudah digunakan bahkan dengan koneksi internet yang berkecil hati. Aplikasi ini bisa menjadi alternatif bagi para pengguna Facebook dengan spesifikasi gadget yang rendah, kuota internet terbatas, dan keterbatasan waktu.

Kelebihan Aplikasi FB Lite

Aplikasi FB Lite memiliki kelebihan-kelebihan yang membuatnya menjadi opsi yang paling disukai oleh para pengguna Facebook. Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi FB Lite:

1. Ringan dan Cepat

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh aplikasi FB Lite adalah ukurannya yang kecil serta kecepatannya. Aplikasi FB Lite memang didesain sedemikian rupa agar bisa dijalankan pada perangkat dengan spesifikasi yang rendah serta koneksi internet yang lambat. Hal tersebut membuat aplikasi FB Lite bekerja dengan lebih cepat dan lebih efisien dibandingkan dengan aplikasi Facebook reguler.

2. Hemat Kuota Internet

Aplikasi FB Lite juga diketahui sangat hemat kuota internet. Aplikasi ini memang didesain dengan tujuan agar tetap bisa diakses oleh pengguna yang memiliki kuota internet yang terbatas. Oleh karena itu, aplikasi FB Lite menawarkan fitur yang memungkinkan pengguna mengatur penggunaan data mereka selama mengakses situs Facebook. Selain itu, pengguna juga bisa memilih untuk menonaktifkan fitur auto-play video ketika sedang menggunakan aplikasi FB Lite.

3. Fitur yang Lebih Sederhana

Aplikasi FB Lite menawarkan fitur yang lebih sederhana dan simpel dibandingkan dengan aplikasi Facebook reguler. Fitur-fitur tersebut memang disesuaikan agar bisa dijalankan pada perangkat dengan spesifikasi yang rendah serta koneksi internet yang lambat. Aplikasi ini juga tidak memiliki fitur tambahan yang menguras baterai, sehingga pengguna bisa mengakses situs Facebook lebih lama.

4. Dapat Berjalan di Banyak Perangkat

Aplikasi FB Lite juga dapat dijalankan pada banyak perangkat, termasuk pada perangkat dengan spesifikasi yang rendah. Bahkan, aplikasi ini juga bisa dijalankan pada beberapa jenis perangkat yang tidak mendukung aplikasi Facebook reguler. Aplikasi FB Lite dapat diakses pada perangkat Android, iOS, dan juga desktop.

5. Tidak Terlalu Memakan Ruang Penyimpanan

Aplikasi FB Lite memiliki ukuran yang relatif kecil jika dibandingkan dengan aplikasi Facebook reguler. Aplikasi FB Lite hanya membutuhkan sedikit ruang penyimpanan pada perangkat, sehingga pengguna tidak perlu khawatir kehabisan ruang penyimpanan pada perangkat mereka.

Dengan semua kelebihan di atas, aplikasi FB Lite bisa menjadi opsi terbaik bagi para pengguna Facebook, terutama yang membutuhkan aplikasi Facebook dengan spesifikasi yang rendah serta memiliki kuota internet yang terbatas. Selain itu, aplikasi FB Lite juga sempurna bagi orang-orang yang memerlukan aplikasi Facebook dengan performa yang lebih cepat dan lebih efisien.

Cara Menggunakan Aplikasi FB Lite

Cara Menggunakan Aplikasi FB Lite
Aplikasi FB Lite adalah versi yang lebih ringan dari Facebook untuk pengguna yang memiliki koneksi internet yang lambat atau paket data yang terbatas. Dengan aplikasi FB Lite, pengguna bisa tetap terhubung dengan teman dan keluarga di Facebook tanpa memakan banyak ruang penyimpanan dan data. Berikut adalah cara untuk menggunakan aplikasi FB Lite.

1. Mengunduh Aplikasi FB Lite

Pertama-tama, pengguna harus mengunduh aplikasi FB Lite di Google Play Store atau App Store. Setelah itu, aplikasi akan terpasang di telepon genggam pengguna dengan mudah. Aplikasi FB Lite hanya membutuhkan ruang penyimpanan yang kecil dan tidak memakan banyak data seperti aplikasi Facebook yang asli.

2. Masuk ke Akun Facebook

Setelah berhasil mengunduh dan memasang aplikasi FB Lite, pengguna kemudian bisa membuka aplikasi dan mulai masuk ke akun Facebook mereka. Pengguna harus memasukkan nama pengguna atau alamat email dan kata sandi mereka untuk masuk ke akun Facebook. Setelah pengguna berhasil masuk, aplikasi akan membuka Beranda mereka, yang menampilkan semua postingan terbaru dari teman-teman mereka.

3. Menambah Teman

Salah satu fitur yang ada di aplikasi FB Lite adalah pengguna bisa menambah teman. Untuk menambah teman, pengguna bisa melakukan hal berikut:

  • Mengklik ikon Teman yang ada di aplikasi atau pada profil teman.
  • Setelah itu, pengguna bisa mencari teman menggunakan nama, alamat email atau nomor telepon mereka di kolom pencarian.
  • Setelah ditemukan, pengguna bisa menambahkan teman tersebut dengan menekan tombol Tambahkan Teman.

Selain menambahkan teman, pengguna juga bisa menghapus teman jika mereka ingin mengurangi jumlah teman mereka di Facebook. Untuk menghapus teman, pengguna bisa melakukan hal berikut:

  • Masuk ke profil teman yang akan dihapus.
  • Klik pada ikon ‘Teman’ di profil teman dan kemudian klik pada pilihan ‘Hapus Teman’.

4. Menggunakan Fitur Grup

Fitur lain yang terdapat di aplikasi FB Lite adalah Grup. Pengguna bisa menggunakan Grup untuk terhubung dengan orang-orang dengan ketertarikan yang serupa. Untuk bergabung dengan Grup, pengguna bisa melakukan hal berikut:

  • Klik pada ikon Grup yang berada di aplikasi FB Lite.
  • Kemudian pengguna bisa mencari Grup dengan menggunakan kategori atau kata kunci yang relevan dengan minat mereka.
  • Setelah menemukan Grup yang tepat, pengguna bisa mulai bergabung dengan menekan tombol Bergabung.

Setelah bergabung dengan Grup, pengguna bisa berpartisipasi dalam diskusi dan berinteraksi dengan anggota lain di dalamnya.

5. Menggunakan Fitur Pemberitahuan

Fitur Pemberitahuan di aplikasi FB Lite berguna untuk memberi tahu pengguna tentang aktivitas teman-teman dan Grup yang mereka ikuti. Untuk mengatur fitur Pemberitahuan, pengguna bisa melakukan hal berikut:

  • Buka Pengaturan di aplikasi FB Lite.
  • Gulir ke bawah hingga menemukan pengaturan Pemberitahuan.
  • Kemudian pilih pilihan Pemberitahuan untuk memilih jenis aktivitas yang akan memberikan pengguna pemberitahuan.

Dengan menggunakan aplikasi FB Lite, pengguna yang memiliki koneksi internet yang lambat atau paket data yang terbatas tetap bisa tetap terhubung dengan teman dan keluarga di Facebook. Aplikasi ini mudah digunakan dan tidak memakan banyak ruang penyimpanan dan data. Jadi, untuk pengguna yang menginginkan pengalaman Facebook yang lebih ringan dan mudah digunakan, kesampingkan aplikasi Facebook asli dan gunakan aplikasi FB Lite.

Apakah Anda Sudah Tahu Cara Menghemat Kuota Internet dengan FB Lite?

Penggunaan aplikasi FB Lite memang menjadikan aktivitas di Facebook lebih ringan dan mudah diakses, terutama bagi Anda yang memiliki kuota internet yang terbatas. Namun, bukan berarti Anda tidak perlu mengoptimalkan penggunaannya agar tidak boros kuota, karena selain menghemat media sosial juga membantu lebih irit dalam penggunaan kuota internet. Berkaitan dengan itu, berikut ini adalah beberapa tips dan trik untuk mengoptimalkan penggunaan aplikasi FB Lite agar lebih hemat kuota internet.

1. Mengatur Penggunaan Data Seluler atau Jaringan Seluler

Pengaturan Data Seluler dalam aplikasi FB Lite
Sudah menjadi rahasia umum bahwa aplikasi sosial media seperti Facebook sangat boros dalam menggunakan kuota internet, jika tidak dikonfigurasi dengan benar. Oleh karena itu, salah satu cara paling mudah dan efektif untuk menghemat kuota internet adalah dengan menonaktifkan penggunaan data seluler atau jaringan seluler saat Anda tidak menggunakannya. Anda dapat mengatur penggunaan data seluler untuk tiap jenis aktivitas seperti foto, video, atau audio yang akan dilihat hanya dalam kualitas rendah atau tidak dilihat sama sekali. Caranya adalah dengan masuk ke pengaturan aplikasi FB Lite dan memilih menu “Penggunaan data”, lalu pilih opsi “Gunakan data seluler saat menggunakan aplikasi”.

2. Batasi Pengiriman Notifikasi

Batas Pengiriman Notifikasi dalam aplikasi FB Lite
Fitur notifikasi di Facebook memang sangat membantu untuk tetap terhubung dan mengetahui informasi terbaru dari teman atau keluarga. Akan tetapi, terlalu banyak notifikasi yang masuk justru akan memakan kuota internet yang berharga. Untuk itu, batasi pengiriman notifikasi dengan cara masuk ke pengaturan aplikasi FB Lite dan memilih opsi “Pemberitahuan” lalu pilih notifikasi mana yang ingin Anda terima. Anda juga dapat mematikan “notifikasi suara” agar tidak menguras baterai di saat yang tidak tepat.

3. Matikan Fitur Otomatis Preload

Matikan Fitur Otomatis Preload dalam aplikasi FB Lite
Fitur preloading pada aplikasi FB Lite memang membantu untuk mempersingkat waktu loading ketika Anda membuka aplikasi. Akan tetapi, fitur ini justru akan memakan banyak kuota internet yang terus-menerus melakukan preload gambar, video, atau postingan di aplikasi. Untuk menghemat kuota internet, matikan fitur preload dengan cara masuk ke pengaturan aplikasi FB Lite dan memilih menu “Penggunaan data”, lalu matikan opsi “Otomatis Preload Gambar, Video, dan Lainnya”.

4. Batasi atau Hapus Peran atau Sebagai Pengelola Halaman Facebook

Hapus Peran Pengelola Halaman dalam aplikasi FB Lite
Anda mungkin mengelola beberapa halaman Facebook bersamaan dan berkaitan dengan ide usaha atau aktivitas komunitas. Akan tetapi, setiap kali Anda memperbarui atau mengedit konten pada halaman, aktivitas itu akan terus memanfaatkan kuota internet. Oleh karena itu, batasi atau hapus peran atau sebagai pengelola halaman Facebook pada aplikasi FB Lite untuk menghemat kuota internet.

5. Hapus File Sembarang dan Browser Image Compression

Hapus File Sembarang dalam aplikasi FB Lite
Terakhir, gunakan trik sederhana dengan menghapus file sembarang atau data tertentu yang tidak diperlukan dari aplikasi FB Lite. Hal ini akan membantu meningkatkan performa aplikasi secara keseluruhan dan menghemat kuota internet. Selain itu, gunakan browser image compression atau kompresi gambar pada pengaturan aplikasi Facebook Lite. Ini akan memberikan gambar dengan kualitas yang lebih rendah dan sesuai untuk media sosial tanpa memakan banyak kuota internet.

Itu tadi lima tips dan trik untuk mengoptimalkan penggunaan aplikasi FB Lite agar lebih hemat kuota internet. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam menggunakan media sosial lebih hemat kuota dan irit. Terima kasih telah membaca, salam sukses!