cara mengobati mata bintitan secara alami
Gambar: istockphoto.com

Ketahui Cara Menghilangkan Bintitan Yang Mengganggu Secara Alami

Ketahui Cara Menghilangkan Bintitan Yang Mengganggu Secara Alami
Gambar: istockphoto.com

Benarkah, apabila kita suka menggintip itu bisa menyebabkan bintitan? siapa yang tidak tau atau tidak kenal dengan penyakit bintitan, karena penyakit ini termasuk penyakit yang populer di indonesia apalagi pada remaja, biasanya penyakit ini mengenai kelopak mata seseorang, siapa yang tidak pernah melihatnya? ataupun mungkin ada yang pernah mengalami penyakit ini penyakit bintitan?

Penyakit ini dipercaya bahwa orang yang suka mengintip itu akan terkena bintitan. Nah istilahnya malah seperti hukuman langsung bagi seseorang yang suka mengintip langsung terkena penyakit bintitan. ayo bagaimana?, kira-kira benar tidak kalau kita mengintip bisa jadi bintitan kira-kira ada yang bisa menjawab tidak? oke kalau begitu untuk jelasnya langsung saja kita bahas tentang bintitan ini.

Apa itu bintitan?

Apa itu bintitan2
Gambar: istockphoto.com

Bintitan itu kalau bahasa medisnya hordeolum, apa sih hordeolum? hordeolum pasti asing mendengarnya, hordeolum bahasa medisnya. Bintitan yakni terjadinya infeksi ditepi kelopak mata, bisa terjadi di atas ataupun bagian bawah. Ini disebabkan oleh bakteri staphylococcus aureus.

Biasanya mengenai satu mata, jarang sekali kalau orang bintitan itu kedua mata, biasanya kanan atau kiri jadi hanya salah satu, bukan berarti tidak kemungkinan keduanya itu biasanya paling sering salah satu mata. Jadi jelas disini terjadi karena infeksi bakteri biasanya tidak menggangu penglihatan. biasanya hanya mengganggu penampilan kita, apalagi misalnya kita lagi kuliah pada remaja, atau lagi sekolah pasti teman-teman mengejek, membully, habis mengintip siapa kamu? ini biasanya tidak mengganggu penglihatan, hanya penampilan.

👉TRENDING:   0816 Kartu Apa? Operator mana? Provider Apa? Nomor Apa?

• Gejala bintitan

Terjadi karena adanya infeksi bakteri, bukan masalah suka mengintip, jadi bintitan tidak bersangkutan. Kalau kita bintitan ini gejala apa saja yang kita alami?

  1. Adanya benjolan seperti bisul dikelopak mata kadang diatas, kadang dibagian bawah.
  2. Matanya berair.
  3. Mata perih merah.
  4. Terjadinya bengkak di bagian kelopak.
  5. Misalnya kalau saat kita menutup mata seperti ada sesuatu mengganjal.

• Penyebab bintitan

Bintitan ini atau hordeolum ini terjadi di sebabkan infeksi bakteri staphylococcus aureus, biasanya mengenai akar dari bulu mata jadi dia menginfeksi, jadi timbulah benjolan kalau umunya bakteri ini hidupnya dikulit kita tidak menimbulkan penyakit ataupun gejala, ketika tangan kita kotor kemudian menggosok mata kemungkinan besar kita mengalami hordeolum atau bintitan ini besar resikonya, karena tadi pegaruh higienitas yang buruk misalnya kebiasaan kita tidak mencuci tangan, kemudian mata kita ada gatal, ada keringat kita lap ataupun kita gosok, itu tidak boleh.

👉TRENDING:   5 Cara Menghilangkan Kebiasaan Mengigau Saat Tidur

Cara mengobati bintitan

Cara mengobati bintitan
Gambar: istockphoto.com

Pengobatan yang bisa kita lakukan seperti apa? biasanya bintitan ini sembuh sendiri kurang lebih dalam waktu 7 hari. Jadi biasanya benjolan yang seperti bisul itu, pecah jadi keluar nanah walaupun nanti misalnya ada bintitan atau benjolan tidak perlu di pencet-pencet ataupun ditekan-tekan, nanti takutnya infeksi malah meluas, jadi sabar saja biar dia pecah secara alami jangan dia dipencet-pencet malah nanti infeksinya kemana-mana.

Tips untuk mengatasinya:

  1. Menjaga kebersihan mata.
  2. Mengompres dengan air hangat.
  3. Jangan memakai lensa kontak sampai bintitan sembuh.
👉TRENDING:   Praktek Bagaimana Cara Memutihkan Kulit
Jika terjadi keluhan yang memberat ataupun setelah beberapa hari tidak sembuh bisa langsung segera mengunjungi dokter untuk pemeriksaan dan pengobatan yang lebih lanjut. Jadi sudah kita kompres ataupun kita kita bersihkan, kita jaga kebersihan mata, tidak kunjung sembuh langsung saja dibawa kedokter supaya mendapatkan penanganan tepat.

Cara pencegahanya:

  • Jangan suka menggosok mata.
  • Jagalah kebersihan tangan, misalnya cuci tangan saat mau memegang mata misalnya berpergian pakai motor ataupun pakai sepeda itu menggunakan pelindung mata ataupun helm full face untuk menutup matanya.

Sampai disini saya harapkan paham, bukan di sebabkan suka mengintip, jadi bintitan ini sudah terjawab tidak ada hubungannya, mungkin dulu orang tua zaman dulu mungkin membuat mitos ini tujuannya mungkin baik agar tidak ada yang mengintip karena mendapat hukuman penyakit mata, jadi walaupun tidak ada hubungannya dengan mengintip jangan nanti dijadikan kebiasaan mengintip, tidak papa mengintip karena tidak akan bintitan bukan seperti itu juga, jadi intinya ini akibat infeksi bakteri.