resep olahan nasi
Gambar: istockphoto.com

Resep Olahan Nasi: Arem-arem Dan Nasi Uduk

Resep olahan nasi, enak dan nggak ngebosenin

1. Resep arem-arem

Resep arem-arem
Gambar: istagram

Bahan buat nasi:

  • 250 gr beras.
  • 350 mililiter santan.
  • 2  lembar daunsalam.
  • 1 sndok teh garam.

Bahan untuk isian:

  • 200 gr kentang.
  • 200 gr wortel.
  • 300 mililiter air.

Bumbu isian yang di haluskan:

  • 1 bawang pth.
  • 6 bawang mrh.
  • ½ sndok teh mrica bulat.
  • 2 butir kemiri.

Bumbu isian yang di cemplungin:

  • 2 lembar daun slam.
  • Lengkuas sebesar ibu jari.
  • 2 kali jempol ibu jari gula mrh.
  • 1 sndok teh garam.
  • 6 sndok makan kecap mns.
  • Penyedap rasa.

Lainnya:

  • Daun pisang.
  • Cabe rawit utuh.
Cara memasaknya:

Siapkan beras sebanyak 250 gr kemudian dicuci sampai bersih, Tiriskan, beri santan sebanyak 300 ml kemudian tambahkan 2 lembar daunsalam supaya wangi, 1 sendok teh garam supaya lebih gurih, aduk hingga nanti air-nya tinggal sedikit kayak, tapi jangan kering banget ya, kayak masih ada basah dikit, kemudian kita tutup dan diamkan kurang lebih 10menit supaya nanti tanek.

Sambil menunggu kita siapkan bahan isiannya, siapkan kentangnya sebanyak 200 gr (1buah) potong kotak-kotak kecil-kecil kalau sudah, sisihkan dahulu, kita siapkan bahan lainnya yaitu 1 buah wortel (200gr) jadi wortel 200gram kentang juga 200gram, untuk membuat bumbunya siapkan ½ sendok mrica, 2 butir kemiri, 6 bawang mrh, 1 bawang pth, kemudian haluskan, selanjutnya.

👉TRENDING:   Resep Bihun Goreng & Resep Ikan Panggang Teflon Sederhana

Siapkan mnyak buat menumis , kalau sudah harum serta agak layu, msukanlengkuas, daunsalam, tumis lagi hingga berbauharum, lalu baru nanti kita masukan kentang & wortelnya, beri sedikit garam, gula merah kurang lebih 2 jempol ibu jari dan garamnya sebanyak 1 sdt, tambahkan lagi kecap manis sebanyak 5 sdm, aduk kasih air kurang lebih 300 ml. aduk-aduk lalu masak sampai asap.

Nah sekarang saatnya siapkan daun pisangnya, jangan lupa daun pisangnya perlu jemur dulu atau garang dulu di atas api supaya gak gampang pecah, kemudian masukkan nasi sedikit, lalu pipihkan kemudian tambahkan kentangnya, tambahkan lagi cabe rawit diatasnya lalu tutup lagi dengan nasi, kemudian dirapikan kalau sudah rapi sekarang kita siap untuk membungkus.

Jadi caranya adalah kita gulung, kemudian tekuk bagian ujungnya lalu kunci dengan tusuk gigi, bisa juga pakai staples, kalau sudah. Siap untuk mengukusnya, waktu mengukusnya kira-kira 1 jam, sebenarnya 45 menit juga matang cuman kayak biar lebih tanek jadi kukus pakai api sedang selama 1 jam.

2. Resep nasi uduk lengkap lauk pauknya 

Resep nasi uduk lengkap lauk pauknya 
Gambar: istockphoto.com

Bahan:

  • 1,5 liter santan.
  • 3 lembar daunsalam.
  • 1 btang sereh.
  • 1,5 sndok teh garam.
  • 1 kilogram beras.

Bahan untuk tempe orek:

  • 1 papan tmpe
  • 4 cabe.
  • 4 bawang pth.
  • 6 bawang mrh.
  • 3 lembar daunsalam.
  • Lengkuas.
  • 80 gr gula mrh.
  • 1 sndok teh gula psr.
  • 1,5 sndok teh garam
  • Penyedap rasa jika suka.
👉TRENDING:   Resep Sayur Asem Ikan & Ikan Saos Telur Asin: Masakan Simple Enak

Bahan untuk bihun:

  • 200 gr bihun.
  • 10 bakso.
  • 1 daun bwang.
  • 7 bawang pth.
  • 4 sndok teh merica bulat.
  • 10 sndok makan kecap mnis.
  • 1 sndok teh gula psr.
  • 2 sndok teh garam.
  • Penyedap rasa.

Bahan telur dadar:

  • 4 butir telur
  • 1 sndok teh garam
  • 1 sndok teh garam
Cara Memasaknya:

Kita buat nasinya terlebih dahulu, cuci beras sampai bersih, kalau sudah bersih masukkan daun salam, kemudian garam, santan, kemudian masak nasinya terlebih dahulu aduk-aduk sampai nanti menjadi asap,  kemudian diamkan dulu kurang lebih 5menit, Kalau sudah. nanti masukkan kedalam dandang, sekarang kita tutup lalu kita masak kurang lebih 30 menit, selanjutnya kita buat lauk pauknya.

Siapkantempe yang dah dipotong, juga bumbunya daunsalam, lengkuass, bawang pth, bawang mrh, cabe, gula mrh, kecap. Nah sekarang kita mari mulai memasak, goreng dulu tempe sampai kering, kita buat jenis kering ya, jadi ada 2 macam ada basah dan kering.

Kalau selesai digoreng, kita sisihkan dulu, kita akan tumis bawang merah, cabe, laos serta daun salam, kalau sudah layu kita masukkan air jangan banyak-banyak, gula merah, garam, kecap, pake kecap nggak usah banyak-banyak, sedikit aja supaya nanti untuk warnanya menjadi cantik.

Aduk-aduk lagi sampai nanti kuahnya mengental, kemudian baru masukkan tempenya, Nah kalau tempe sudah masuk udah nggak usah lama-lama lagi masaknya, diaduk. Kalau sudah rata itu tandanya sudah selesai masaknya. Kemudian kita akan buat lauk lainnya, nah sekarang kita buat tahu goreng, siapkan bihun yang sudah direbus kemudian ada daun bawang, kecap, bakso dan juga bumbu-bumu yang akan kita haluskan, ada bawng putih, kemiri dan juga merica boleh pake ulekan ataupun pakai blender.

👉TRENDING:   10 Resep Kreasi Roti Enak: Cocok Untuk Ide Jualan

Tumis bumbu yang sudah kita haluskan, masukkan bakso kemudian kita aduk-aduk, Nah kalau sudah, masukan gula pasir, garam, kecap, kasih air ½ gelas, kalau sudah baru nanti kita akan masukkan bihunnya, kalau sudah. Masukkan daun bawang, kalau daun bawang sudah masuk itu artinya masaknya tinggal sebentar lagi, tinggal diaduk-aduk sebentar, kalau sudah. kita sisihkan.

Kita akan buat lauk lainnya, Nah di sini aku mau pakai telor dadar yang tipis, siapkan telurnya 4 butir aja, kasih garam, bumbunya cuma garam sedikit aja supaya nanti rasanya enggak berat, sekarang goreng pakai sedikit minyak, kemudian ratakan ke dalam wajan supaya menjadi tipis, kalau sudah kita balik, kita gulung-gulung nanti kita akan potong. Sudah selesai, saatnya menyajikan nasi uduk lengkap lauk pauknya.