resep tumis cumi dan cumi masak kapri
Gambar: istockphoto.com

Resep Menu Olahan Cumi: Tumis Cumi Pedas Dan Cumi Masak Kapri

Resep menu olahan cumi 

1. Resep cumi masak kapri 

Resep cumi masak kapri 
Gambar: youtube

Bahan:

  • 500 gr cumi basah
  • 10 kapri
  • Mnyak goreng
  • 50 ml air

Bumbu cemplung:

  • Gula jawa sejempol
  • 1/2 sndok teh kaldu ayam bubuk
  • 2 sndok makan kecap mnis
  • 1 sndok makan saos tiram
  • 1 sndok makan tomat

Bumbu iris:

  • 3 cabe merah bsar
  • 3 bwang ptih
  • 6 bwang mrah
  • 7 cabai tawit merah
  • 6 tomat kecil dan 1 tomat besar

Cara masaknya:

Langkah awal yang harus kita lakukan adalah kita akan rebus cumi terlebih dahulu, kita rebus pada saat air mendidih, Nah kenapa di sini aku merebus terlebih dahulu? Karena ini adalah cara yang efektif untuk menghilangkan bau amis lendir yang ada di cuminya, seperti yang kalian tahu cumi itu kan baunya amis sekali, ini adalah salah satu cara menurutku paling efektif untuk menghilangkan semua bau amis tersebut dengan cara merebusnya, cara ini juga cocok banget bagi kalian yang ingin memasak cumi goreng tepung.

Sekarang setelah kita rebus cuminya kita masukan ke dalam air, dingin kemudian kita akan bersihkan cuminya, di bagian punggung cumi itu kan suka ada tulang punggung, kayak plastik itu, kita akan bersihkan satu-persatu, kita akan cuci sampai bersih, setelah cuminya sudah kita cuci bersih, kita akan sisihkan terlebih dahulu, kemudian kita akan siapkan bumbu-bumbunya, disini sudah aku siapkan 3 buah cabe merah bsar, kemudian kita akan potong serong memotongnya agak besar aja supaya nanti hasilnya lebih cantik.

👉TRENDING:   Cara membuat Kue Lapis Legit Kukus, Empuk Dan Enak Banget

Kemudian kita tambahkan bwang ptih 3 siung, kita potong sampai habis, kemudian siapkan kira-kira 6 bwang merah, kita juga akan potong halus, Nah setelah itu disini juga aku menambahkan cabe rawit supaya nanti rasanya lebih pedas menggoda, jika kalian tidak suka terlalu pedas cabe rawitnya boleh ditiadakan, Nah kemudian disini juga aku sudah siapkan tomat kecil, jika kalian gak ada tomat kecil, boleh memakai tomat yang besar nggak papa.

Kenapa aku memakai yang kecil? Karena nanti supaya lebih cantik aja, tapi kalau rasa sih sama aja dengan tomat yang besar, kita terpotong-potong dan di sini juga sudah aku siapkan kapri, kapri selain enak untuk masak capcay, untuk memasak cumi juga rasanya enak, kemudian ujungnya dibuang, kemudian kita akan memasuki proses memasak.

Tuang sedikit minyak, masukkan bwang merah, bwang putih, dan cabenya, kita aduk-aduk sampai berbau harum, setelah harum kita masukan cuminya, kita tambahkan sedikit air, kemudian kita tambahkan gula jawa, sedikit garam dan juga kaldu ayam, di sini ada 2 sndok makan kecap mnis, kemudian 1 sndok makan saos tiram, 1 sndok makan saus tomat, lalu kita aduk sebentar kemudian kita akan tutup dengan menggunakan api kecil masaknya, kalau dirasa sudah matang, sekarang masukkan tomat dan kaprinya, kita aduk sebentar, kemudian kita akan siapkan piring.

👉TRENDING:   Resep Tumis Daging Sederhana Yang Lezat dan Mudah Dibuat

2. Resep tumis cumi pedas

Resep tumis cumi
Gambar: istockphoto.com

Bahan:

  • 500 gr cumi segar atau cumi asin
  • 1 sndok makan margarin
  • 50 ml air
  • 1 sndok teh tepung maezena di larutkan dengan sedikit air

Bumbu:

  • 4 buah cabe mrah bsar potong kecil
  • 1 buah bwang bombai ukuran sedang (boleh di ganti dengan 6 siung bwang mrah)
  • 1 cabe rawit mrah
  • 15 cabe rawit hijau
  • 5 lembar daunjeruk
  • 1,5 sndok teh garam (kalo pake cumi asin garamnya di kurangi)
  • 2 sndok teh gulapasir

Cara masaknya:

Siapkan cuminya sebanyak 500gr kemudian potong-potong, di sini aku tidak memakai tintanya ya, jadi tintanya aku buang, ada beberapa jenis masakan memang menggunakan tinta cuminya, tetapi aku enggak pakai, setelah dipotong-potong kemudian dicuci bersih sampai baunya hilang, setelah itu siapkan 4 buah cabe merah besar yang sudah dibuang bijinya, kemudian potong kecil-kecil, kalau misalnya enggak ada cumi segar kalian boleh menggunakan cumi asin, setelah cabenya sudah dipotong kemudian masukkan ke dalam mangkuk.

👉TRENDING:   Resep Cumi Goreng Tepung Dan Cumi Masak Combrang Ala Rumahan

Siapkan lagi bwang bombay sebanyak 1 buah, kalau gak ada boleh digantikan dengan 6 siung bwang merah, setelah ini siapkan cabe rawit merah sebanyak 10 biji dan cabe rawit hijau sebanyak kira-kira 15 jijik, goreng cumi terlebih dahulu ya tetapi harus diingat menggoreng cumi nya nggak boleh terlalu kering ya, jadi cukup sampai matang aja, kalau sudah, kita angkat lalu kita tiriskan sebentar.

Kemudian tumis bumbunya, disini sudah aku tambahkan 1 sendok margarin, kemudian masukkan bumbu yang tadi sudah kita siapkan, aduk-aduk sampai berbau harum, kemudian disini kita tambahkan daunjeruk sebanyak 5lembar supaya wangi, kemudian 1 sendok teh garam, 1 sendok teh gulapasir, kemudian kita aduk-aduk lagi, setelah ini kita tambahkan air sebanyak 100 ml, aduk-aduk lagi, setelah ini baru masukkan cuminya, kecilkan api lalu icip-icip rasanya sudah pas atau belum.

Kalau misalnya sudah pas tambahkan tepung maizena 1 sndok teh, kemudian dicairkan dengan sedikit air supaya lebih kental, kalau sudah seperti ini siap untuk disajikan.