Resep Ikan Masak Tauco & Ikan Goreng Kemiri Sambal Dabu-dabu
Gambar: instagram

Resep Ikan Masak Tauco & Ikan Goreng Kemiri Sambal Dabu-dabu

Resep masakan ikan enak, bikinnya juga gampang

1. Resep ikan masak tauco

Resep ikan masak tauco
Gambar: istagram

Bahan dan bumbu marinasi:

  • 1 ekor ikan (kurang lebih seberat 1 kg)
  • 1 jumput garam untuk satu sisi
  • 1 jumput kaldu ayam bubuk untuk satu sisiBumbu dan bahan lainnya:
  • 8 cabai merah besar
  • 8 cabai hijau besar
  • 1 batang daun bawang ukuran besar
  • 4 bawang putih ukuran besar
  • Sejempol ibu jari tangan jahe
  • 3 sdm tauco
  • 3 sdm kecap manis
  • 2 sdt gula pasir
  • 200 ml air
  • Penyedap rasa kalo mau lebih gurih

Cara Masaknya:

Yang perlu di siapkan adalah ikan sebanyak kurang lebih beratnya sebanyak 1 kg, kemudian cuci bersih dan sayat di garis-garis supaya sebagai bumbu lebih meresap, setelah itu biar lebih seger tambahkan jeruk lemon ya atau jeruk nipis juga enggak papa, jangan lupa sisi sebelahnya juga ditambahin jeruk lemon.

Setelah ini tambahkan bumbu, ada sejumput garam dan ada sejumput kaldu ayam bubuk, lalu kita ratakan bumbu-bumbunya ke badan ikan juga, jangan lupa tambahkan garam dan kaldu ayam bubuk, kemudian diratakan lagi nanti kita akan marinet atau marinasi ikan ini minimal 15 menit supaya bumbu benar-benar meresap.

Nah sambil menunggu ikannya di Marinet kita siapkan bahan lainnya, di sini ada cabe hijau besar, kemudian cabenya dibuang bijinya supaya tidak pedas dan setelah itu potong menjadi bagian kecil-kecil atau seperti korek api, kalau sudah. Kita sisihkan dulu kita siapkan cabe merah 8 biji dan kita akan potong juga kecil-kecil seperti korek api dan jangan lupa bijinya juga dibuang supaya tidak pedas, kalau sudah kita sisihkan.

đŸ‘‰TRENDING:   Resep Sayur Asem Ikan & Ikan Saos Telur Asin: Masakan Simple Enak

Siapkan daun bawang 1 batang aja, ujungnya dibuang, kemudian biar cantik motongnya di serong ya, kalau sudah kita sisihkan lagi, dan campur dengan cabenya, setelah itu siapkan lagi bawang putih sebanyak 4 siung bawang putihnya kita cincang aja, kalau sudah, Tambahkan lagi jahe besarnya kurang lebih sejempol jari tangan, kalau semua bahan sudah siap.

Siap kan lagi wajan dan minyak untuk menggoreng ikanya yang tadi sudah marinasi selama 15menit, kita akan menggoreng jangan lupa ditutup sehingga cepat matang. Nah nanti kalau misalnya kira-kira kalau bawahnya sudah setengah matang, kita balik pelan-pelan ya. Nah kalau sudah, kita akan biarkan matang ditutup lagi, kalau kira-kira sudah mateng kita angkat jadi membaliknya itu cukup satu kali aja supaya nggak hancur.

Nah setelah ini kita akan tumis bumbu yang sudah kita potong tadi, pertama-tama tumis dulu jahe dan juga bawang putihnya juga supaya rasanya lebih enak lagi, tambahkan tauco sebanyak 3 sendok makan lalu kita akan aduk-aduk lagi sampai bener-bener aromanya keluar dan wangi baru tambahkan air, tambahkan juga gula pasir 2 sendok teh kemudian tambahkan kecap manis 2 sendok makan, di sini enggak dikasih garam karena, telurnya sudah asin tapi kalau misalnya masih kurang asin boleh tambahkan garam lagi.

Nah ini masukkan cabai merah, cabai hijau, dan daun bawang yang sudah tadi kita potong-potong, kita aduk-aduk sebentar kalau misalnya suka dengan penyedap rasa boleh ditambahkan supaya lebih gurih lagi, kemudian masukan ikannya, kemudian ratakan dengan bumbu, Nah setelah ini kita tutup lagi dan kita akan Masa kurang lebih 5-7 menit supaya bumbu meresap ke dalam daging ikannya.

Kalau sudah kita buka, kemudian kita angkat dan kita sajikan di meja makan, ini cocok banget di makan sama nasi hangat tempe goreng.

2. Resep ikan goreng kemiri lengkap dengan sambal dabu-dabu

Resep ikan goreng kemiri lengkap dengan sambal dabu dabu
Gambar: istagram

Bahan:

  • 2 kg ikan gurame
  • Minyak goreng secukupnya
đŸ‘‰TRENDING:   Resep Olahan Nasi: Arem-arem Dan Nasi Uduk

Bumbu ikan:

  • 20 Siung bawang putih
  • 15 kemiri
  • 2 SDM ketumbar
  • Jahe sebesar ibu jari
  • Kunyit sebesar ibu jari
  • 2 Sdt garam
  • 2 sdt kaldu ayam bubuk

Bahan sambal dabu-dabu:

  • 1 tomat
  • 2 siung bawang putih
  • 10 cabe rawit merah
  • 1 sdt garam
  • 2 jeruk limau
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Minyak bekas goreng ikan secukupnya

Cara memasaknya:

Resep masakan ikan goreng bumbu kemiri lengkap sambel, pertama-tama kita siapkan bumbunya dulu, Ada kemiri sebanyak 15 butir, bawang putih sebanyak 20 butir, jahe kurang lebih sebesar ibu jari, kunyit kurang lebih sebesar ibu jari, ketumbar sebanyak 2 sendok makan, kemudian kita haluskan bisa pake ulekan atau pakai blender.

Nah kemudian tambahkan lagi garam sebanyak 3 sendok teh dan juga 2 sendok teh kaldu ayam bubuk, setelah ini kita akan campur rata, kalau sudah tercampur rata sekarang masukkan bumbu ke dalam ikannya, tapi 2 sendok makan aja nggak usah banyak-banyak, lalu kita akan aduk rata sampai bumbu menyelimuti ikannya. Kita akan rendam kurang lebih 25 menit supaya bumbu meresap ke dalam daging ikannya.

đŸ‘‰TRENDING:   Cara Membuat boba: Resep Boba Kenyal Ala Xing FuTang

Sambil menunggu ikannya direndam, sekarang kita akan goreng dulu bumbu yang sudah tadi kita haluskan, kita ambil 2 sendok untuk bumbu ikanya, Nah bumbu ini nanti akan kita jadikan sebagai kremesanya, ini harus diaduk terus supaya bumbunya itu enggak menggumpal, Nah kita akan goreng sampai nanti warnanya menjadi kuning keemasan, kalau udah warnanya kuning berarti udah mateng siap kita angkat.

Sekarang kita akan sisihkan dulu, selanjutnya kita akan menggoreng ikanya, kita masih menggunakan minyak yang sama yang tadi untuk goreng kremesanya, Nah kita masukkan sedikit-sedikit aja dulu kemudian jangan lupa dibalik supaya nggak gosong, sampai seluruh permukaan sudah kuning keemasan berarti sudah matang dan kita akan sisihkan.

Lalu nanti kita akan goreng semua ikannya sampai habis, kalau sudah. Kita taburin bumbu kremesanya di atas ikannya. kemudian kita buat sambalnya ya, ini namanya sambel dabu-dabu, siapkan bawang merah sebanyak 5 siung yang sudah dipotong-potong, cabe rawit 10 biji yang sudah dipotong-potong juga, kemudian ada tomat 1 buah aja.

Kemudian garam 1 sendok teh, penyedap rasa secukupnya supaya lebih gurih, kemudian kita tuang minyak panas yang tadi bekas menggoreng ikan. Harus dalam keadaan yang masih panas banget ya kemudian kita aduk-aduk, tambahkan lagi jeruk limau supaya rasanya lebih seger, kalau sudah semuanya siap. Sekarang saatnya kita sajikan bersama nasi hangat.