resep kue lapis kukus
Gambar: istockphoto.com

Cara membuat Kue Lapis Legit Kukus, Empuk Dan Enak Banget

resep lapis legit kukus
Gambar: istockphoto.com
Kue lapis legit lukus ini meskipun irit telur dan hanya di kukus tapi teksturnya lembut dan sedikit berminyak, resep ini juga bisa di panggang.

Resep kue lapis legit kukus

1. Bahan:

  • 6 btr telur
  • 150 gr gula
  • ½ sdm emulsifier atau SP
  • 150 gr tepung terigu
  • 2 sdm susu bubuk
  • 1/2 sdt baking powder
  • 150 gr mentega
  • 2 sdm susu kental manis

2. Bahan taburan:

  • 1 sdm bumbu spekuk
  • 1 sdm coklat bubuk
  • Loyang Ukuran 18cm

3. Cara membuatnya:

Cara membuat Kue Lapis Legit Kukus, Empuk Dan Legit Banget
Gambar: istockphoto.com

Kita siapkan bahan keringnya terlebih dahulu, disini sudah saya siapkan 150 gram tepung terigu, 2 sndok makan susu bubuk, ½ sendok teh baking powder, sekarang kita aduk bahan kering ini sampai rata, kalau sudah rata bisa disisihkan dulu, untuk langkah selanjutnya, pecahkan 6 butir telur, tambahkan dengan 150 gram gula pasir, ½ sendok makan emulsifier atau SP, kemudian kita nyalakan mixernya dengan speed paling tinggi, dikocok sampai mengembang putih dan kental, setelah adonannya sudah mengembang dan berwarna putih pucat sekarang kita sisihkan dulu.

đŸ‘‰TRENDING:   Cara Membuat boba: Resep Boba Kenyal Ala Xing FuTang

Lanjut bahan kedua, disini sudah saya siapkan 150 gram mentega dicampur dengan margarin, teman-teman juga bisa pakai full margarin, kemudian di mixer sampai mengembang dan berwarna putih pucat. Setelah mentega nya sudah berwarna pucat, sekarang kita rapikan samping-sampingnya menggunakan spatula, kemudian tambahkan dengan 2 sendok makan susu kental manis putih, lalu diaduk menggunakan spatula sampai tercampur dengan rata, kalau sudah rata kita ambil adonan telur yang kita mixer, tadi kita masukkan ½ bagiannya dulu, lalu diaduk menggunakan spatula diaduk secara perlahan sampai tercampur dengan rata.

Sekarang kita lanjut menambahkan bahan keringnya, kita masukkan bahan keringnya semuanya dan diaduk sampai betul-betul rata. Siapkan loyang ukuran 18 cm, oles tipis bagian bawahnya dengan margarin, lalu dialasi dengan kertas roti, dan yang paling penting bagian samping ini loyang tidak perlu dioles apapun, untuk bahan taburannya siapkan 1 sendok makan bumbu spekuk ditambah 1 sendok makan cokelat bubuk, kemudian diaduk sampai rata, sekarang kita masukkan adonannya sebanyak 3 sendok sayur atau ditimbang kurang lebih 100gram.

đŸ‘‰TRENDING:   Resep Sayur Asem Ikan & Ikan Saos Telur Asin: Masakan Simple Enak

Setelah itu hentakan loyangnya beberapa kali supaya adonannya lebih rata, kemudian kita tabur dengan bahan taburan tadi menggunakan saringan teh, kita tabur sampai rata, kalau sudah rata sekarang kita siapkan kukusan yang sebelumnya sudah dipanaskan terkukus terlapis sekitar 5 menit dengan api sedang, untuk yang memakai kukusan biasa sebaiknya tutupnya dialasi dengan kain, setelah 15 menit, sekarang kita angkat dulu loyangnya, kemudian tuang 3 sendok sayur adonan atau 100 gram.

Nah tips yang paling penting setiap adonan yang dituang harus dihentakkan dulu loyangnya, supaya lebih rata dan tidak bergelombang, sekarang kita kukus lagi selama 5 menit, jadi pelapisnya itu dikukus selama 5 menit dengan api sedang, untuk lapisan yang terakhir ini saya ratakan menggunakan sendok supaya warna adonannya itu lebih kecoklatan dan bisa menyerupai kulit, sekarang kita kukus tradisional selama kurang lebih 15 menit dengan api sedang.

đŸ‘‰TRENDING:   Resep Tumis Daging Sederhana Yang Lezat dan Mudah Dibuat
Jika sudah matang, sekarang kita angkat, setelah diangkat keluarkan dari loyang nya, karena tadi samping-sampingnya tidak dioles jadi kita keluarkan dengan cara disisir samping-sampingnya menggunakan pisau, setelah kue lapis nya sudah dingin, sekarang kita potong, pastikan kue lapis nya sudah dingin supaya hasil potongannya itu lebih rapi,
kue lapis legit kukus sudah siap untuk dinikmati, ini super enak banget, ekonomis terus meskipun dikukus hasilnya sama legitnya dengan yang dipanggang. Selamat mencobanya di rumah.