Resep Bolu Kukus Sederhana, Mekar dan Lembut

Resep Bolu Kukus Sederhana: Mekar, Lembut dan Enak

Resep bolu kukus mekar 
Gambar: istockphoto.com

Resep bolu kukus mekar 

Bahan:

  • 180 gr gula pasir = 12 sdm penuh
  • 2 butir telur ukuran besar
  • 125 ml air soda (sprite)
  • 200 gr tepung terigu = 20 sdm
  • 1 sdt emulsifier (sp)
  • 1 sdt vanili bubuk
  • Pasta coklat dan mocca (secukupnya)

Tips:

  • Kukusan harus dipanaskan terlebih dahulu
  • Pakai api besar
  • Air kukusan cukup 1 sd 2 ruas jari
  • Tutup kukusan lapisin kain/serbet bersih

Cara membuatnya:

Hallo sobat aloberita, kali ini ada resep membuat bolu kukus sederhana, pertama siapkan 1 buah wadah, lalu masukkan 180 gram gula pasir atau sekitar 12 sdm penuh, masukkan 2 butir telur, kemudian masukkan 125 ml air soda, saya pakai sprite, kalau untuk gelas belimbing sekitar setengah gelas, lalu masukkan 200 gram tepung terigu, kalau untuk takaran sendok ini tidak tinggi menggunung, tetapi cukup penuh cembung.

👉TRENDING:   Resep Ayam Panggang Santan Dan Ayam Panggang Kecap

Kemudian mixer adonan selama 5 menit, ini saya pakai kecepatan paling rendah dulu, setelah tercampur rata naikkan ke kecepatan maksimal, setelah 5 menit dimixer adonannya, kemudian matikan mixernya lanjut masukkan 1 sdt emulsifier ini saya pakai SP, boleh pake TBM atau ovalet, kemudian ini dimixer lagi selama 10 menit dengan kecepatan maksimal sampai adonannya putih mengembang dan kental berjejak.

Setelah 10 menit di mixer, adonannya akan mengental dan berjejak, lalu matikan mixernya, kemudian masukkan 1 sdt vanili bubuk, lalu ini dimixer lagi dengan kecepatan maksimal hingga adonannya tercampur rata sekitar 1 menit, setelah tercampur rata, matikan mixernya, kemudian bagi adonan menjadi 3 bagian atau sesuai dengan warna yang diinginkan.

Dsini saya pakai 3 warna, 1 bagian saya kasih 1 sendok teh pasta moka atau secukupnya sesuai dengan merek pasta yang dipakai atau sesuai dengan ketebalan warna yang diinginkan, kemudian ini diaduk hingga tercampur rata, yang satu bagian tidak dikasih pewarna, jadi dibiarkan seperti itu aja, yang satu bagian lagi saya kasih 3 sdt pasta cokelat, kemudian ini diaduk hingga tercampur rata.

👉TRENDING:   Resep Cumi Goreng Tepung Dan Cumi Masak Combrang Ala Rumahan

disini saya udah siapkan cetakan bolu kukus yang berlubang, alasi dengan papercup, kemudian tuang adonan secukupnya, ini saya selang-seling agar mendapatkan hasil yang selang-seling juga, jadi ini saya tuang sekitar 1 sdm, lalu ditimpa lagi dengan adonan warna lain.

Lakukan hingga adonan nya selesai ditung semuanya, setelah adonan selesai dituang semua, kemudian ini siap untuk dikukus, sebelumnya saya udah panaskan kukusan dan air kukusannya sudah mendidih, kemudian masukkan cetakan yang berisi adonan, jadi kalau masak bolu kukus itu air kukusannya jangan sampai penuh segaris, cukup sekitar 1-2 ruas jari, supaya menghasilkan uap yang banyak dan tekanan uap itu akan membuat bolunya menjadi mekar.

👉TRENDING:   Resep Ikan Acar Bumbu Kuning & Resep Gulai Ikan: Masakan Enak

Diletakkannya jangan terlalu rapat, agak berjara,k supaya mekarnya cantik dan bulunya tidak terkena satu sama lain. Kemudian ditutup,  jangan lupa tutup kukusan nya dilapisi dengan kain atau majun bersih, supaya uap air tidak menetes kembali ke dalam adonan, sehingga bisa merusak kue.

Ini dikukus dengan api besar, yang paling besar, sekitar 10 menit hingga bolunya matang dan mekar, setelah 10 menit buka tutup kukusan, bolu kukus udah mateng dan hasilnya mekar, kemudian keluarkan bolu dari kukusan, lalu masak lagi sisa adonan yang belum dikukus, caranya sama seperti sebelumnya, lakukan hingga selesai.

Ini dia bolu kukusnya udah jadi, hasilnya cantik banget warnanya juga bagus, untuk bagian dalamnya, warnanya cantik banget, teksturnya halus dan lembut banget, kelihatan cantik, mengembangnya, rasanya juga enak banget teksturnya lembut, nggak seret di tenggorokan, manis dan ini wangi banget, wangi moka dan coklatnya ini berasa.