Resep Ikan Acar Bumbu Kuning & Resep Gulai Ikan Masakan Enak
Gambar: istagram

Resep Ikan Acar Bumbu Kuning & Resep Gulai Ikan: Masakan Enak

Resep masakan ikan yang sederhana tapi rasanya uenak tenan

1. Resep gulai ikan

Resep gulai ikan
Gambar: youtube

Bahan:

  • 1 kg ikan yang masih segar cocok untuk jenis ikan seperti:tongkol,tenggiri,patin terisi,mas.
  • 700 ml santan cair.
  • 100 ml santan kental.
  • Buah belimbing wuluh.

Bumbu halus:

  • 12 cabai merah keriting.
  • 10 bawang merah.
  • 3 cm jahe.
  • Kurang lebih 5 cm kunyit.
  • Kurang lebih 5cm lengkuas.

Bumbu yang tidak di haluskan:

  • 1 batang sereh.
  • 2 potong asam kandis.
  • 4 lbr daun jeruk.
  • Garam secukupnya.
  • Penyedap rasa secukupnya.

Cara memasaknya:

Siapkan ikannya yakni ikan tongkol, tapi boleh menggantinya menggunakan ikan tenggiri ataupun ikan patin nggak papa,  di sini aku menyiapkan ikannya 1 kg, kemudian ikannya dipotong-potong kurang lebih 2 cm setelah itu ikanya kita cuci dengan air sampai bersih, kemudian tambahkan perasan jeruk lemon atau jeruk nipis juga enggak papa sama aja supaya ikannya nggak bau amis.

Tambahkan juga garam, kemudian setelah itu kita balik-balik supaya asin menjadi rata, kalau sudah nanti sisihkan dulu dan kita siapkan bumbunya. Ada cabe merah sebanyak 12 biji, bawang merah sebanyak 10 biji dan lengkuas sebesar ibu jari, -+5cm kunyit dan -+3cm jahe, bahan ini akan kita haluskan menggunakan blender ataupun bisa menggunakan ulekan.

Kemudian kita tuangkan kedalam panci dan kita masukkan lagi bumbu lainnya. Ada serai 1 batang, 6 lembar daun jeruk, 2butir asam kandis, garam sebanyak 1 sendok teh, kalau kalian lebih suka asin boleh tambahkan, juga ada penyedap rasa dan juga santan sebanyak 700 ML, tapi ini santan encer ya kemudian kita akan masak diatas kompor.

👉TRENDING:   Cara membuat Kue Lapis Legit Kukus, Empuk Dan Enak Banget

Jangan lupa sambil diaduk-aduk supaya santannya tidak pecah, di sini aku menggunakan santan cair terlebih dahulu nanti baru kalau ikannya sudah masuk baru kita tambahkan santan yang kental. Aduk-aduk sampai nanti mendidih sampai nanti rasanya sudah pas, kalau kurang gurih boleh tambahkan penyedap rasa. Nah ini sudah matang kuahnya rasanya juga sudah enak, sekarang masukkan ikannya, kalau ada yang takut nanti bau amis atau apapun itu, ini enggak akan amis sama sekali.

Pilihlah daging ikan yang masih seger, kalau sudah masukkan santan kentalnya sebanyak 100 ML, kemudian aduk-aduk lagi, setelah sampai nanti mendidih, kalau sudah mendidih nanti kita tambahkan satu bahan lagi, yang bikin rasanya seger banget yaitu belimbing wuluh, kita aduk-aduk lagi sampai nanti benar-benar matang sempurna, kalau udah mateng kuahnya, udah meresap banget kedalam dagingnya, sekarang kita siap sajikan bersama nasi hangat.

2. Resep ikan acar bumbu kuning

Resep ikan acar bumbu kuning
Gambar: youtube

Bahan:

  • 1 kg ikan kakap (bisa di ganti ikan mas,nila,mujaer dan gurame).
  • 700 ml air.
  • 200 gram timun.
  • 200 gram wortel.
  • 2daun bawang.
  • 1 tomat.
  • 15 cabai rawit utuh.
👉TRENDING:   Resep Abon Ayam: Enak dan Praktis, Cocok Dijadikan Stok Lauk

Bumbu halus:

  • 10 bawang merah.
  • Sebesar jari telunjuk (6 cm) kunyit yg sudah di bakar.
  • 4 kemiri (di sangrai terlebih dahulu).
  • 1/2 sdt merica bulat.
  • 2 sdt garam (sesuaikan dengan selera kalian masing masing).

Bumbu cemplung:

  • 3 lbr daun salam.
  • 3 lbr daun jeruk.
  • Seruas jari telunjuk jahe.
  • Sebesar ibu jari lengkuas.
  • 3 sdm cuka.
  • 3-4 sdt gula pasir (boleh di tambahkan kalo rasa asem dan manisnya belum seimbang).
  • Penyedap rasa secukupnya.

Cara memasaknya:

Pertama kita bersihkan dulu ikanya dan jangan lupa di sayat di garis-garis supaya nanti bumbu lebih cepat meresap, tambahkan garam 1 sendok teh, kemudian kaldu ayam bubuk atau kaldu sapi bubuk juga enggak papa, lalu kita akan ratakan dan akan kita rendamatau diamkan dulu kurang lebih selama 30 menit, jangan lupa di sisi baliknya juga di olesi dengan bumbu, kalau sudah rata semuanya, kemudian kita siapkan bahan lainnya.

Ada 200gram timun yang sudah dipotong-potong dan dibuang isinya kemudian ada tomat 1 buah aja dipotong menjadi 6 bagian dan ada wortel sebanyak 200gram, juga ada 2 batang daun bawang dan juga ada kurang lebih 20 biji cabai, sekarang kita Siapkan bumbu halusnya. Ada 10 butir bawang merah, kunyit yang sudah dibakar terlebih dahulu kurang lebih panjangnya satu telunjuk, ada 4 putih kemiri dan ½ sendok merica boleh pakai yang item maupun yang putih,

👉TRENDING:   10 Resep Kreasi Roti Enak: Cocok Untuk Ide Jualan

Kemudian kita haluskan pake ulekan supaya rasanya lebih gurih tapi kalau misalnya enggak ada ulangan pakai blender juga enggak papa, kalau sudah sekarang kita sisihkan dan udah siap. Kemudian kita menggoreng ikanya terlebih dahulu,  ini karena tadi sudah direndam dulu selama 30 menit. Goreng ikanya sampai nanti kering ini baliknya cukup sekali aja, supaya tidak hancur, kalau sudah mateng dan kuning, bisa di angkat dan jangan lupa disaring supaya minyaknya tiris.

Sekarang siap untuk menumis bumbunya, siapkan wajan dan juga minyak sedikit aja untuk menumis, kalau sudah panas masukkan bumbu yang sudah kita ulek-ulek, tumis sebentar kemudian setelah itu masukkan bumbu lainnya ada 3 lembar daun salam, 3 lembar daun jeruk ada jahe sedikit, ada lengkuas kurang lebih sebesar ibu jari, kemudian 1 batang serai, tumis sampai nanti aromanya benar-benar wangi, kalau sudah.

Masukkan 700 ML air putih, kemudian kita tambahkan gula pasir sebanyak 4 sendok teh, tambahkan lagi cuka sebanyak 3 sendok makan, aduk-aduk biarkan nanti sampai mendidih kalo sudah mendidih, masukkan bahan lainnya tadi, ada cabe, wortel, timun, tomat kemudian kita aduk, biarkan mendidih lagi, setelah itu baru nanti masukkan ikannya, jangan lupa dibalik, membaliknya cukup sekali aja supaya ikan tidak hancur. Lalu masak sebentar lagi sampai empuk baru nanti kita angkat.

Nah ini sudah jadi, ini enak banget dimakan pake nasi hangat untuk sarapan untuk makan siang ataupun makan malam.