Motif Batik Terbaik

20 Motif Batik Terbaik, Mudah Digambar Untuk SD, SMP, SMA

20 Motif Batik Terbaik, Mudah Digambar Untuk SD, SMP, SMAMembatik merupakan sebuah proses menggambar atau membuat motif dengan memakai pewarna khusus pada media yang  berbentuk kain.

Bagi orang yang masih pemula, proses menggambar motif batik merupakan aktivitas yang cukup susah, Karena pada umumnya gambar atau motif batik yang ada sekarang ini termasuk cukuplah sulit jika di gambar.

Batik adalah kain bermotif yang dibuat secara eksklusif dengan menuliskan atau menggambar malam pada kain, selanjutnya diproses dan diolah melalui cara tertentu yang mempunyai ciri khas tersendiri.

20 Motif Batik Terbaik, Mudah Digambar Untuk SD, SMP, SMA

Batik merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia yang perlu dikembangkan dan dilestarikan.

👉TRENDING:   Kunci Jawaban E-Mental Polri Tahun 2022

Bukan cuma orangtua yang menggunakan kain batik, tapi juga semua kalangan memakainya. Dengan mode atau trend pakaian batik yang mengikuti zaman. Batik juga tidak kalah terkenal dengan pakaian atau baju masa kini yang lainnya.

Dengan memasukkan batik kedalam program ekstrakurikuler di sekolah tingkat SD, SMP, maupun SMA diharapkan para pelajar siswa dan siswi bisa menyukai batik.

Berikut beberapa motif batik yang mudah untuk digambar atau dilukis para pelajar tingkat SD, SMP, dan juga SMA.

1.  Motif mega mendung

Motif mega mendung

Batik ini merupakan ciri khas dari kota Cirebon yang memiliki nama batik Mega Mendung. Mega memiliki arti awan dan mendung tetap dengan arti mendung, Jadi bisa dideskripsikan banyak awan.

Batik tersebut berisi motif yang berbentuk awan, dan dengan sentuhan warna yang sedikit gelap seperti merah tua, biru tua, hijau tua dan warna tua lainnya.

motif mega mendung kupu kupu

Batik awan bisa juga dikombinasikan dengan motif lainnya seperti kupu-kupu, Warna biru dengan warna ceria yang lain membuat kecantikan batik ini benar-benar menarik serta mempunyai nilai jual yang tinggi.

👉TRENDING:   Indikator-Indikator Penting Yang Berkaitan dengan Keberhasilan Pendidikan

2.  Motif kawung semar

Motif kawung semar

Motif batik di atas di kenal dengan nama motif batik kawung semar yang konon di kabarkan batik ini adalah motif batik yang paling tua di Indonesia.

Dulu, motif ini cuma bisa digunakan oleh beberapa orang kerajaan saja sebagai kain sarung para raja atau untuk permaisurinya. Motif kawung ini sebagai lukisan dari buah kawung yang dikenali sebagai buah aren atau kolang kaling.

Buah kolang kaling mempunyai cangkang dan kulit yang benar-benar keras tetapi mempunyai isi buah yang sangat enak. Perihal ini menjadi filosofi dari kain batik kawung semar itu sendiri, yaitu di mana kebaikan hati tak perlu di kenali oleh seseorang

3.  Motif batik bunga

Motif batik bunga

Batik bermotifkan bunga ini memang sederhana, seluruh orang yang baru mengambar saja dapat menguasai atau bisa. Disamping mudah dan simpel dengan menambah sedikit elemen alam dan keelokannya kita bisa dapat menghargai akan tanaman sekitar.
Bunga dan daun dilukis dalam kain menjadikan motif batik Alam.

👉TRENDING:   5 Jurusan Kuliah Untuk Anak IPS: Paling Dibutuhkan Di Masa Depan

4.  Motif batik lainnya

Motif batik

Motif batik

Motif batik

Motif batik

Motif batik

Motif batik

Motif batik

Motif batik

Motif batik

Motif batik

Motif batik

Motif batik

Motif batik

Motif batik

Motif batik

Motif batik

Di atas adalah beberapa sketsa bunga yang nantinya jadi batik.

Itulah beberapa contoh dari sketsa batik atau motif batik yang gampang dilukis untuk para siswa dan siswi SD, SMP ataupun SMA

Ada banyak motif kain batik yang mudah di atas, hanya sedikit dari sekian banyaknya motif batik di Indonesia yang lebih mudah dan lebih gampang lagi untuk belajar menggambar batik.

5.  Tips menggambar motif batik dalam buku gambar

1. Persiapkan peralatan atau perlengkapan yang akan dipakai untuk menggambar batik

  • Alat tulis
  • Buku gambar
  • Spidol warna
  • Pensil warna
  • Penggaris
  • Penghapus

2. Tentukan skema batik yang akan dilukis
3. Cari contoh gambar yang paling gampang
4. Mulailah dari gambar yang termudah
5. Bila sketsa telah selesai, beri warna supaya terlihat lebih cantik
6. Janganlah lupa untuk didokumentasikan

Sekian dulu dari kami, semoga apa yang kami suguhkan dalam artikel ini bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba!