Aplikasi Pembantu untuk Menyembunyikan Aplikasi
Aplikasi Pembantu untuk Menyembunyikan Aplikasi

Aplikasi Pembantu untuk Menyembunyikan Aplikasi

Ada banyak sekali alasan mengapa kita ingin menyembunyikan aplikasi di smartphone kita. Mungkin ada aplikasi yang ingin kita sembunyikan agar tidak terlihat oleh orang lain, atau mungkin ada aplikasi yang ingin kita sisihkan agar tidak mudah diakses oleh orang yang tidak berkepentingan. Salah satu cara untuk menyembunyikan aplikasi di smartphone adalah dengan menggunakan aplikasi-aplikasi pembantu.

Aplikasi Pembantu untuk Menyembunyikan Aplikasi

Berikut adalah beberapa aplikasi pembantu yang bisa kamu gunakan untuk menyembunyikan aplikasi di smartphone-mu:

1. Nova Launcher

Nova Launcher adalah salah satu aplikasi launcher terbaik yang tersedia di Play Store. Selain berfungsi sebagai pengganti launcher bawaan smartphone-mu, Nova Launcher juga dilengkapi dengan fitur Pemblokiran Aplikasi yang dapat membantu kamu untuk menyembunyikan aplikasi dari layar utama smartphone. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu menekan lama pada aplikasi yang ingin disembunyikan, lalu pilih opsi Pemblokiran Aplikasi. Aplikasi tersebut akan disembunyikan dari layar utama smartphone kamu, tetapi masih bisa diakses melalui menu aplikasi.

2. App Hider

App Hider adalah aplikasi pembantu yang didesain khusus untuk menyembunyikan aplikasi. Aplikasi ini bekerja dengan cara membuat ruang tersembunyi di smartphone-mu, yang hanya bisa diakses dengan menggunakan password atau sidik jari. Selain menyembunyikan aplikasi, App Hider juga dapat menyembunyikan file dan foto yang ingin kamu lindungi dari orang yang tidak berkepentingan.

3. Hide App

Hide App adalah aplikasi pembantu yang dapat membantu kamu menyembunyikan aplikasi secara instan. Aplikasi ini bekerja dengan cara membuat jalan pintas ke aplikasi yang ingin disembunyikan, yang hanya bisa diakses melalui kode yang sudah ditentukan sebelumnya. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mengatur kode untuk tiap-tiap aplikasi yang ingin disembunyikan, dan aplikasi tersebut akan langsung tersembunyi dari layar utama smartphone kamu.

Baca Juga:  Begini Cara Membuat Watermark di PicArts Terbaru

4. PrivateMe

PrivateMe adalah aplikasi pembantu yang digunakan untuk membuat ruang tersembunyi di dalam smartphone-mu. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu dapat menyembunyikan aplikasi, file, foto, dan pesan yang ingin kamu jaga dari orang-orang di sekitarmu. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan, seperti enkripsi password dan sidik jari, sehingga kamu dapat merasa aman dan tenang saat menggunakan aplikasi ini.

5. Calculator Vault

Calculator Vault adalah aplikasi pembantu yang bisa kamu gunakan untuk menyembunyikan aplikasi di smartphone-mu secara rahasia. Aplikasi ini bekerja dengan cara menyembunyikan aplikasi di dalam kalkulator yang digunakan sebagai pengganti aplikasi buka kunci keamanan. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu memasukkan kode rahasia pada kalkulator, dan aplikasi yang ingin disembunyikan akan langsung terbuka.

Nah, itu dia beberapa aplikasi pembantu yang bisa kamu gunakan untuk menyembunyikan aplikasi di smartphone-mu. Jangan lupa untuk memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhanmu dan pastikan kamu tidak melanggar privasi orang lain. Semoga bermanfaat!

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Smartphone Android

Apakah kamu pernah merasa risih jika ada orang lain yang melihat isi dari aplikasi yang kamu gunakan di smartphone? Atau mungkin kamu ingin menyembunyikan aplikasi tertentu agar tidak terbuka secara tidak sengaja? Jika iya, kamu perlu menggunakan trik untuk menyembunyikan aplikasi di smartphone agar tidak terlihat oleh orang lain.

Membuat folder khusus untuk menyimpan aplikasi-aplikasi yang ingin disembunyikan adalah cara termudah dan gratis untuk melakukannya. Namun, cara ini masih terlihat oleh orang lain jika mereka membuka folder yang telah kamu buat. Untuk solusi yang lebih efektif, kamu dapat mencoba cara-cara berikut ini:

1. Gunakan Fitur Pengunci Aplikasi

Fitur pengunci aplikasi tersedia di beberapa versi Android terbaru. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengatur kata sandi atau sidik jari agar dapat membuka aplikasi tertentu. Jika aplikasi telah terkunci, orang lain tidak akan bisa membukanya meskipun telah memiliki akses ke smartphone-mu.

Baca Juga:  Cara Menggunakan Aplikasi Seb

2. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika smartphone-mu tidak memiliki fitur pengunci aplikasi, kamu masih bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti AppLock atau Hide App untuk menyembunyikan aplikasi yang ingin kamu sembunyikan. Aplikasi ini dapat mengunci aplikasi sehingga hanya kamu yang dapat membuka dan mengaksesnya.

3. Buat Profile Pengguna Baru

Jika smartphone-mu mendukung fitur multi-user, kamu dapat mencoba cara ini. Buatlah profile pengguna baru dengan nama dan password yang berbeda. Lalu, instal aplikasi yang ingin kamu sembunyikan pada profile pengguna baru. Setelah itu, kembali lagi ke profile penggunamu atau ke profil yang biasa kamu gunakan. Aplikasi yang telah kamu masukkan pada profile pengguna baru tidak akan muncul pada profilemu atau profil yang biasa kamu gunakan.

4. Gunakan Aplikasi Kustomisasi Launcher

Aplikasi kustomisasi launcher memungkinkanmu untuk menampilkan atau menyembunyikan aplikasi tertentu secara spesifik. Kamu dapat mencoba menggunakan Nova Launcher, salah satu aplikasi launcher paling populer di Android. Cara kerja Nova Launcher sangat mudah. Kamu hanya perlu menambahkan aplikasi yang ingin kamu sembunyikan ke dalam folder khusus yang kemudian disimpan pada home screen. Lalu, kamu dapat menyembunyikannya dengan memberikan ikon atau logo khusus yang tidak akan menimbulkan rasa curiga dari orang lain. Layak mencoba, bukan?

Itulah solusi yang dapat kamu coba untuk menyembunyikan aplikasi di smartphone-mu, mulai dari yang tanpa software pihak ketiga hingga menggunakan aplikasi kustomisasi launcher. Semoga artikel ini dapat membantu kamu mengatasi masalah aplikasi sering terbuka secara tidak sengaja. Jangan lupa tetap gunakan smartphone-mu dengan bijak, ya!

Menyembunyikan Aplikasi Tanpa Memerlukan Aplikasi Tambahan

Semua pengguna ponsel pasti memiliki aplikasi-aplikasi yang ingin disembunyikan agar tidak terlihat oleh orang lain. Namun, tidak semua pengguna ponsel mengetahui cara menyembunyikan aplikasi tanpa memerlukan aplikasi tambahan. Berikut adalah cara untuk menyembunyikan aplikasi di ponsel tanpa menggunakan aplikasi tambahan:

1. Gunakan Folder

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan fitur folder di ponsel. Caranya cukup mudah, cukup pilih aplikasi yang ingin disembunyikan. Kemudian, tahan aplikasi tersebut sampai muncul pilihan ‘membuat folder’. Pilih ‘membuat folder’ dan drag aplikasi yang ingin disembunyikan ke dalam folder tersebut. Kemudian, beri nama pada folder tersebut dan letakkan di tempat yang tidak mudah ditemukan.

Baca Juga:  Aplikasi Cek Nomor Kartu Keluarga

2. Nonaktifkan Notifikasi

Cara kedua adalah dengan menonaktifkan notifikasi pada aplikasi yang ingin disembunyikan. Caranya, masuk ke pengaturan notifikasi, pilih aplikasi yang ingin disembunyikan, kemudian matikan notifikasi pada aplikasi tersebut. Dengan begitu, aplikasi tersebut tidak akan menampilkan notifikasi yang dapat mengungkap keberadaannya.

3. Simpan di Dalam Aplikasi

Cara ketiga adalah dengan menyimpan aplikasi yang ingin disembunyikan di dalam aplikasi lain. Misalnya, menyimpan aplikasi Facebook di dalam aplikasi lain seperti aplikasi baterai atau aplikasi kalkulator. Caranya cukup download aplikasi-aplikasi tersebut di playstore, kemudian simpan aplikasi yang ingin disembunyikan di dalam aplikasi yang baru saja didownload.

4. Ganti Nama Aplikasi

Cara keempat adalah dengan mengganti nama aplikasi yang ingin disembunyikan dengan nama yang tidak mencurigakan. Misalnya, mengganti nama aplikasi ‘BBM’ dengan nama ‘Komunikator’. Caranya cukup mudah, cukup masuk ke menu pengaturan aplikasi, pilih aplikasi yang ingin disembunyikan, kemudian pilih ‘ubah nama aplikasi’.

5. Gunakan Mode Pengembang

Cara terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan mode pengembang. Mode pengembang adalah fitur yang tersembunyi di dalam pengaturan, fitur ini dimaksudkan untuk membantu pengembang aplikasi dalam mengembangkan aplikasi mereka. Namun, fitur ini juga dapat digunakan untuk menyembunyikan aplikasi. Caranya cukup masuk ke menu pengaturan, pilih ‘tentang ponsel’, kemudian tekan nomor versi tujuh kali. Setelah itu, pilih ‘mode pengembang’ pada menu pengaturan. Di dalam mode pengembang, pilih ‘aplikasi yang tidak terlihat’.

Dengan mengikuti lima cara di atas, pengguna dapat menyembunyikan aplikasi tanpa memerlukan aplikasi tambahan. Namun, pengguna juga harus memperhatikan pengaturan aplikasi agar aplikasi-aplikasi tersebut tidak muncul secara tidak sengaja. Selain itu, penempatan aplikasi harus dipikirkan secara matang agar tidak ditemukan orang lain.