4 Prospek Kerja Jurusan Kuliah Ilmu Komunikasi dan Gajinya

4 Prospek Kerja Jurusan Kuliah Ilmu Komunikasi dan Gajinya

4 Prospek kerja jurusan kuliah ilmu komunikasi
Gambar: istockphoto.com

Prospek kerja ilmu komunikasi yang menggiurkan, komunikasi adalah suatu cara dimana manusia bisa saling bertukar informasi dan berinteraksi dengan komunikasi, kamu dapat menyampaikan perasaan maupun pesan muka orang lain, Namun agar perasaan atau pesanmu dapat tersampaikan dengan baik, maka orang yang mendapatkan pesanmu harus dapat menafsirkannya, maka dari itu diperlukan adanya ilmu komunikasi, agar sebuah pesan dapat tersampaikan dengan efektif.

4 Prospek kerja jurusan kuliah ilmu komunikasi

Banyak sekali prospek kerja yang berkaitan erat dengan ilmu komunikasi, banyak sekali perusahaan yang menawarkan gaji yang cukup menggiurkan untuk para lulusan dari ilmu komunikasi. Berikut ini adalah 4 prospek kerja ilmu komunikasi yang menggiurkan.

1. Periklanan

Periklanan
Gambar: istockphoto.com

Bidang periklanan atau Advertising bisa dibilang sedang banyak dibutuhkan, setiap perusahaan membutuhkan divisi periklanan atau Advertising untuk mempromosikan produk yang mereka tawarkan, dengan berbekal ilmu komunikasi, kamu dapat membuat sebuah iklan menjadi lebih efektif dan efisien, disini kamu akan bekerjasama dengan Manajer produk dan tim kreatif lain terkait dengan produk yang akan dipromosikan.

Jika iklan yang kamu buat bagus maka akan banyak orang yang tertarik untuk membeli produk yang kamu iklankan, selain itu kamu juga akan mendapatkan banyak pengalaman sekaligus relasi, karena kamu akan bekerjasama tidak hanya dengan teman satu divisi, melainkan dari divisi lainnya seperti Account Executive, Marketing dan lain-lain.

đŸ‘‰TRENDING:   Kurikulum Mencakup Kecakapan Akademis dan Non-Akademis

Gaji yang di tawarkan jika bekerja dibidang periklanan cukup tinggi, ditambah dengan pengalaman dan relasi yang didapatkan, rata-rata gaji yang bekerja dibidang periklanan antara 3-7 juta tergantung dari posisi yang ditempati, semakin tinggi posisimu maka akan semakin tinggi pula gajinya.

2. Event organizer

Event organizer
Gambar: freepik.com

Event organizer adalah jenis usaha dibidang jasa yang menawarkan kemudahan dalam membuat sebuah acara atau event, EO itu sangat beragam, ada yang bekerja di bidang pernikahan atau biasa disebut sebagai wedding organizer, bidang musik seperti acara konser dan bidang-bidang lainnya. Jika kamu mengikuti organisasi di kampus maka kamu akan cukup familiar dengan job desk dari sebuah EO.

Kamu akan bertugas untuk mengadakan sekaligus mengelola sebuah acara, agar acara tersebut dapat berjalan dengan baik, kamu akan mengatur segala yang dibutuhkan agar acaramu sukses, mulai dari penyusunan konsep, nama acara, tema acara dan lain sebagainya. Keterampilan dalam berkomunikasi sangat dibutuhkan agar tidak ada miskomunikasi atau hal-hal lain yang tidak dinginkan ketika acara sedang berjalan, selain itu kamu juga tidak bekerja sendirian, kamu akan bekerjasama dengan divisi lainnya untuk berkoordinasi satu sama lain, agar saling tersinkronisasi satu sama lain.

đŸ‘‰TRENDING:   Pemanfaatan Internet dalam Dunia Pendidikan

Jika kamu menjadi staf dari sebuah EO gaji yang kamu dapatkan berkisar 3-10 juta tergantung dari kebijakan dan bidang atau fokus dari EO tersebut, nominal tersebut belum termasuk bonus yang akan didapatkan ketika jumlah pengunjung atau acara tersebut sukses dan melebihi ekspektasi, semakin besar atau terpercaya EO yang kamu ikuti atau kelola maka semakin naik juga gajing yang akan didapatkan, karena kepercayaan terhadap EO tersebut juga akan ikut naik.

3. Marketing

Marketing
Gambar: freepik.com

Tugas dari seorang marketer adalah memastikan agar para konsumen membeli produk yang ditawarkan, tidak hanya itu marketer juga bertugas untuk menyusun strategi pemasaran, agar produk yang dipasarkan dapat menarik perhatian para konsumen, Disinilah ilmu komunikasi dibutuhkan, dengan menggunakan ilmu komunikasi, pesan yang akan disampaikan kepada konsumen dapat menjadi efektif, di bagian marketing kamu akan bertugas tidak hanya memasarkan produk, tapi juga melakukan penelitian terhadap produk yang akan dipasarkan, menjalin hubungan dengan konsumen, mengatur rencana pemasaran dan pendistribusian produk.

Kamu akan bekerjasama dengan divisi Desain Produk, Quality Assurance (QA), Quality Control (QC) dan divisi lain yang berhubungan dengan produk dan penjualan. Gaji dibidang marketing cukup menggiurkan, mengingat hampir semua perusahaan membutuhkan peran marketer agar dapat memasarkan produknya dengan efektif, gaji untuk bagian staff marketing berada di kisaran 3-5 juta, untuk manajer marketing gaji yang diperoleh berkisar antara 5-7 juta tergantung dari pengalaman.

đŸ‘‰TRENDING:   Nasib Para Petani, Bisakah Para Petani Menjadi Sukses?

4. Presenter televisi

Presenter televisi
Gambar: istockphoto.com

Jika kamu sering menonton acara Talk Show TV pastinya kamu tidak asing dengan istilah presenter atau host, peran dari seorang presenter atau host adalah membawakan atau memandu sebuah acara, dengan mengikuti script program yang sudah disusun, biasanya presenter atau host juga berperan untuk mewawancarai narasumber dari berbagai elemen masyarakat di sebuah acara televisi.

Menjadi presenter membutuhkan beberapa keahlian, terutama dibidang ilmu komunikasi, seorang presenter harus dapat membawa suasana dan komunikatif, agar acara yang dibawakan dapat berjalan dengan baik, selain itu memahami materi yang akan dibawakan, seorang presenter juga harus memahami materi yang akan dibawakan, jika tidak informasi yang akan disampaikan agar menjadi tidak efektif.

Gaji seorang presenter televisi berada di kisaran 4-7 juta jika sudah berpengalaman maka gaji diterima akan lebih besar, disamping itu menjadi presenter juga dapat menambah banyak relasi dan juga berkesempatan untuk bertemu dengan narasumber-narasumber ternama.