Biaya Kuliah Fakultas Kedokteran Di Universitas Terbaik Di Indonesia

Biaya kulian fakultas kedokteran
Gambar: istockphoto.com

Program studi kedokteran merupakan program studi yang tidak main-main, selain mencetak lulusan seorang dokter, jurusan ini juga merupakan jurusan bergengsi, Oleh karena itu persaingan untuk mendapatkan kursi di program studi kedokteran sangatlah ketat, apalagi jika kamu ingin mendaftar di salah satu universitas terbaik, selain persaingan yang ketat faktor biaya juga menjadi alasan bahwa program studi kedokteran itu tidak main-main.

Biaya kulian fakultas kedokteran

Biaya untuk masuk Jurusan Kedokteran memanglah mahal, apalagi jika jurusan tersebut berada di universitas yang kredibel, untuk memudahkan kamu dalam mencari tahu biayanya, ini adalah rangkuman total biaya kuliah kedokteran di 4 perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia.

1. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Gambar: ugm.ac.id

Universitas Gadjah Mada atau UGM merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia, tidak heran kualitas dari semua jurusan yang ada di sana adalah yang terbaik, dikutip dari laman resmi fakultas kedokteran UGM, fasilitas yang ada di fakultas ini meliputi, ruangkuliah yg kedap suara serta dilengkapi dgn sistem audio visual yang memadai, selain itu memiliki perpustakaan serta laboratorium guna utk mendukung proses belajar.

👉TRENDING:   Nasib Para Petani, Bisakah Para Petani Menjadi Sukses?

Fasilitas pendukung kegiatan mahasiswa sperti lapangan basket, lapangan futsal, serta studio musik juga tersedia, agar mahasiswa dapat menyalurkan hobinya dengan fasilitas yg didapatkan, biaya yg dibutuhkan untuk masuk ke prodi kedokteran UGM bergantung padagolongan yang diterima oleh mahasiswa, terdapat 8 golongan uang kuliah tunggal yg harus dibayarkan setiap semesternya yg berkisar antara:

  • Golongan 1: Rp 500.000.
  • Golongan 8: Rp 26.000.000.

Namun pihak dari UGM tidak memungut biaya tambahan lagi seperti uang pembangunan maupun uang pangkal untuk calon mahasiswa yang masuk lewat jalur mandiri.

2. Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro-2
Gambar: jateng.idntimes.com

Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro atau Undip terletak di Jl.Prof. Soedarto Tembalang Semarang, fasilitas yang ada di fakultas kedokteran undip antara lain terdiri dari 9 gedung, seperti gedung perkuliahan yang besar, gedung perpustakaan, gedung lifeskill dan lain-lain, ada juga taman dan parkir serta gedung klinik Diponegoro. Fasilitas laboratorium nya pun lengkap antara lain adalah laboratorium komputer, laboratorium hewan, laboratorium basah serta laboratorium anatomi, serta lapangan futsal, lapangan basket untuk mendukung kegiatan mahasiswanya. Dari semua fasilitas yg diberikan uang kuliahtunggal untuk masuk ke prodi kedokteran Undip dibagi mnjadi 7 golongan:

  • Golongan 1: Rp 500.000.
  • Golongan 7: Rp 19.000.000.
👉TRENDING:   4 Jurusan Kuliah Saintek Baru Yang Sangat Di Butuhkan

Tapi utk jalurmandiri mahasiswa diknakan biaya sumbangan, pengembangan institusi yg hanya dibayar sekali pada smester 1, jumlah dari SPI ini terbagi menjadi 2 golongan yakni:

  • Golongan 1: Rp 200.000.000.
  • Golongan 2: Rp 250.000.000.

Jadi jumlah jika mendapat golongan tertinggi ditambah dengan SPI adalah (-+) Rp 219.000.000

3. Universitas Sebelas Maret

Universitas Sebelas Maret-2
Gambar: kompaspedia.kompas.id

Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret berada di Jl.Ir. Sutami no.36 Surakarta, fasilitas laboratorium yang ada termasuk lengkap antara lain laboratorium biomedik, laboratorium biomolekuler, laboratorium parasit, laboratorium patologi anatomi, laboratorium patologi klinik dan masih banyak lagi, UNS juga bekerjasama dengan beberapa rumah sakit sebagai tempat pendidikan mahasiswanya, diantaranya rumah sakit kartini karanganyar, tidak lupa beberapa fasilitas pendukung kegiatan mahasiswa seperti laboratorium komputer, gedung olahraga dan asramapun tersedia. Biaya kuliah diprogram studi kedokteran UNS terbagi menjadi 8 golongan yakni:

  • Golongan 1: Rp 500.000.
  • Golongan 8 : Rp 21.839.500.

Untuk jalur mandiri terdapat 3 golongan yaitu:

  • Golongan 1: Rp 17.500.000.
  • Golongan 2: Rp 19.500.000.
  • Golongan 3: Rp 21.839.500.
👉TRENDING:   7 Cara Mengatasi Agar Tidak Mudah Lupa Dan Meningkatkan Daya Ingat

Jumlah tersebut belum ditambah dengan biaya SPI, SPI akan menyesuaikan dari golongan biaya kuliah jalur mandiri yaitu:

  • Golongan 1: Rp 25.000.000.
  • Golongan 2: Rp 75.000.000.
  • Golongan 3: Rp 100.000.000.

Jadi total biaya kuliah kedokteran di UNS jika mendapat golongan tertinggi (-+) sebesar Rp 122.000.000.

4. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia
Gambar: jakarta.tribunnews.com

Sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia, Universitas Indonesia atau UI memiliki kredibilitas yang sangat tinggi, bisa dibilang UI adalah universitas yang bergengsi, untuk fasilitas yang dimiliki tidak usah diragukan lagi, berbagai macam laboratorium tersedia untuk menunjang proses pembelajaran mahasiswa, kerjasama yang dijalin dengan pihak luar pun sangat banyak, terlebih kerjasama dengan Rumah Sakit sebagai tempat pendidikan mahasiswanya, beberapa diantaranya adalah RSUD Puri Husada, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo dan lainnya.

Biaya kuliah di UI sedikit berbeda dengan Universitas lainnya, terdapat 2 jenisbiaya yakni BOP-Berkeadilan dan BOP-Pilihan, baik itu jalur sarjana reguler SNMPTN & SBMPTN maupun non reguler. Program studi kedokteran termasuk ke dalam rumpun saintek, terdapat 4 kelas di jenis pembiayaan BOP-B yakni:

  • Kelas 1: 0-Rp 2.000.000
  • Kelas 4: Rp 6.000.000-Rp 7.500.000.

Biaya BOP-P terbagi menjadi 3 kelas yaitu:

  • Kelas A: Rp 10.000.000
  • Kelas B: Rp 12.500.000
  • Kelas C: Rp 15.000.000.