7 Cara Mengatasi Agar Tidak Mudah Lupa Dan Meningkatkan Daya Ingat

7 Cara Mengatasi Agar Tidak Mudah Lupa Dan Meningkatkan Daya Ingat

7 tips jitu agar tidak gampang lupa
Gambar: istockphoto.com

Sebagai seorang makhluk hidup, manusia hampir tidak pernah lepas dari yang namanya lupa dan hal tersebut adalah wajar, lupa merupakan hilangnya ingatan jangka pendek dalam memori, lalu mengapa kamu bisa menjadi lupa? Banyak faktornya, antara lain seperti informasi yang biasanya disimpan dalam memori jangka pendek, jadi ingatan kamu tidak sepenuhnya tersimpan dengan baik.

Kemudian faktor lainnya adalah kurangtidur, kurangnya waktu tidur membuat otak kamu tidak bekerja dengan optimal yg membuatmu jdi gampang lupa, selain itu ada stres yg berlebihan, stres berlebihan akan membuat daya tahan tubuh kamu serta fungsi otak melemah, kamu akandengan mudahnya kehilangan daya ingat atau lupa, faktor yang terakhir adalah karena kamu jarang olahraga atau menggerakan tubuh, hal ini dapat menyebabkan pula kamu jadi gampang lupa, oleh karena itu gerakan lah badan kamu agar fungsi otak serta daya ingatmu juga berfungsi dengan baik, sehingga tidak gampang lupa.

7 tips jitu agar tidak gampang lupa

7 tips jitu agar tidak gampang lupa-2
Gambar: istockphoto.com

Faktor-faktor diatas merupakan alasan mengapa kamu gampang lupa, sebagai manusia yang normal faktor-faktor tersebut sangat wajar terjadi pada kamu. Namun, jika hal tersebut sering terjadi, maka daya ingat kamu akan terus menurun, kamu akan sering lupa dan itu merupakan hal yang berbahaya, aktivitas serta rutinitas kamu akan terganggu, informasi yg kami terima akan gampang hilang dri ingatan, serta yg lebih parah kamu akan menderita gangguan Alzheimer atau pikun, yg mana dpt mengganggu kamu dlm proses mengingat pelajaran, penerimaan informasi dan mengingat sesuatu lainnya. Berikut ini kami sajikan 7 tips-tips jitu serta penjelasannya agar kamu tidak gampang lupa.

👉TRENDING:   Cara Belajar Bahasa Korea: Cepat dan Mudah di Pahami untuk Pemula

1. Berolahraga

Berolahraga
Gambar: istockphoto.com

Berolahraga diketahui sangat baik untuk mencegah kamu dari gejala-gejala gampang lupa, berolahraga dapat membuat organ tubuh kamu aktif karena ada gerakan-gerakan rutin yang mana mengharuskan otak kamu bekerja dengan baik, agar dapat menirukan gerakan tersebut, memori jangka panjang kamu pun dapat berfungsi dengan baik dengan menyimpan informasi gerakan-gerakan olahraga. Jadi dengan berolahraga dengan rutin dan dengan gerakan yang baik dan benar, kamu akan tidak gampang lupa, karena otak kamu bekerja dengan sendirinya mengingat gerakan pergerakan yang kamu lakukan.

Olahraga yang bisa kamu lakukan adalah seperti yog, senam gym, dan lari, gampang bukan? Kamu bisa melakukannya di rumah dengan bantuan tutorial dari YouTube atau jika kamu mempunyai uang lebih kamu bisa pergi ke tempat olahraga tersebut dengan dibantuin instrukturnya secara langsung, selain dapat membantu agar kamu tidak gampang lupa, olahraga juga membuat tubuh kamu menjadi lebih bugar, jadi double manfaatnya.

2. Banyak melatih otak

Banyak melatih otak
Gambar: istockphoto.com

Selanjutnya adalah banyak melatih otak, jadi kamu harus banyak melatih otak kamu dengan kegiatan-kegiatan yang memicu otak kamu berpikir dan mengingat sesuatu kegiatan-kegiatan tersebut, diantaranya seperti bermain rubik bermain rubik dapat melatih kinerja otak kanan dan otak kiri kamu, karena secara tidak langsung kamu berpikir serta mengingat karena perlu menghafalkan banyak rumus untuk menyelesaikan bentuk rubik tersebut agar tersusun dengan baik dengan warna-warna yang sama, disamping untuk melatih daya ingat kamu, bermain rubik juga melatih kesabaran dan keterampilan.

Selain menyusun rubik, kamu juga dapat melakukan permainan catur, bermain catur diketahui juga dapat mencegah kesehatan otak serta melatihnya agar tidak gampang lupa karena bermain catur itu mengharuskan kamu untuk berpikir menyusun strategi dalam menyelesaikan masalah, hal-hal tersebut dapat membuat otak kamu secara tidak langsung terpacu dan berpikir serta mengingat sesuatu.

👉TRENDING:   Cara Mengubah Teks Menjadi Tulisan Tangan Online

3. Mencatat

Mencatat
Gambar: istockphoto.com

Tips jitu selanjutnya adalah mencatat, mencatat sesuatu yang dirasa perlu untuk kamu ingat, juga dapat membuatmu tak gampang lupa, dengan mencatat, otakmu akan memahami segala informasi dengan baik, karena kamu diharuskan menyusun kata-kata yg akan kamu tulis secara efektif agar semakin mudah dipahami serta mudah utk diingat.

Kamu dapat melakukan kegiatan mencatat ini dgn cara yg paling mudah, misalnya mencata resep makanan beserta cara memasaknya, kemudian mencatat apa yang guru atau dosen kamu bicarakan di dalam kelas, mencatat rumus atau bahkan dengan cara yg paling menyenangkan yaitu mencatat kejadian yang kamu alami dalam hari-hari yang kamu jalani, baik itu sedih senang, terharu, marah, dan lain sebagainya.

4. Tidur yang cukup

Tidur dengan porsi yang cukup dapat membuat otak kamu bekerja dengan optimal, sehingga ingatan kamu juga akan berfungsi dengan baik, porsi tidur yang baik adalah 6-8 jam sehari, Jika kamu tidur kurang dari porsi tersebut fungsi otak kamu akan terpengaruh serta tak dapat berpikir serta mengingat dengan baik, oleh karena itu tidurlah dgn porsi tidur yg baik dan jangan sampai begadang, karena itu dapat membuat rusak otak kamu sehingga kamu akan gampang lupa, jadi usahakan tidur 6-8 jam sehari.

5. Makan bergizi

Selain tidur yg cukup serta rajin berolahraga, kamu juga perlu asupan makanan yg bergizi, jika kamu makan makanan sembarangan, otak serta daya ingat kamu juga akan terpengaruh. Lalu makanan apa saja yang bergizi?

Tentunya makanan yg mengandung 4 sehat 5  sempurna, yaitu makanan yg mengandung protein, karbohidrat, vitamin, mineral, serta kalsium, seperti nasi, lauk-pauk, sayuran, buah-buahan serta susu, tidak lupa juga air mineral. Air mineral juga dapat membuat fungsi otak kamu bekerja dengan baik, sehingga tidak gampang lupa dan yang paling penting makan dan minum yang bergizi, ini harus kamu lakukan secara rutin agar ingatan kamu juga berfungsi dengan baik.

👉TRENDING:   100 gram berapa ons? Ini Jawabanya

6. Pasang reminder

Kemudian tips selanjutnya adalah pasang reminder, pasang reminder ini sangat banyak bentuknya, kamu bisa memasang alarm sebagai alat bantu otak kamu bekerja, untuk bangun pada jam berapa, selain itu kamu juga bisa menggunakan aplikasi reminder lainnya untuk membantu kamu mengingat hal atau sesuatu, misalnya ketika kamu ingin janjian dengan teman-teman pada tanggal dan jam tertentu, kamu bisa menggunakan Google Kalender untuk menaruh catatan atau menyimpan pesan yang menurut kamu penting, kamu juga bisa menggunakan fitur notes/keep yang ada di handphone kamu.

Banyak sekali manfaat yang kamu dapatkan ketika memasang reminder untuk membantu daya ingat, kamu bisa lebih responsif, lebih tepat waktu, dan yang pasti kamu jadi tidak gampang lupa.

7. Sering bersosialisasi

Tips yang terakhir adalah sering bersosialisasi, bersosialisasi adalah proses pertukaran ide dan pikiran dengan orang lain serta didalamnya terdapat pesan dan umpan baik, jadi bersosialisasi di sini tentunya bisa dengan siapa saja, bisa dengan teman kamu, orang tua, sahabat, pacar, maupun orang lain yang baru kamu temui.

Dengan bersosialisasi kamu akan bertemu dengan banyak karakter orang, kamu bisa belajar banyak hal dari karakter dan cara berfikir dari orang tersebut, serta kejadian-kejadian yang kamu alami bersama orang-orang tersebut, otak kamu secara tidak langsung dipaksa untuk berpikir dalam proses sosialisasi itu, yang pada akhirnya dapat membantu daya ingat kamu juga, agar tidak gampang lupa.

Bersosialisasi ini selain dapat meningkatkan cara kerja otak dengan baik serta membantu agar tidak gampang lupa, bersosialisasi juga dapat membuat umur kita lebih Happy karena setiap harinya kita dihadapkan pada hal-hal baru serta bertemu orang-orang baru dan bisa belajar banyak dari hal-hal dan orang-orang tersebut.