Ketahui Jurusan kuliahIlmu Hukum Dan Prospek Kerjanya
Gambar: youtube

Ketahui Jurusan kuliah Ilmu Hukum Dan Prospek Kerjanya

Prospek kerja jurusan ilmu hukum
Gambar: youtube

Ilmu hukum adalah sebuah ilmu yang mempelajari berbagai macam sistem dan ketetapan hukum yang berlaku di masyarakat maupun lingkungan yang lebih kecil seperti perkantoran. Di dalam jurusan ilmu hukum kamu akan banyak mempelajari undang-undang dan hukum lainnya seperti hukum adat serta hukum dagang, peluang bekerja jurusan ilmu hukum juga sangat menjanjikan.

Prospek kerja jurusan ilmu hukum

Bagi kamu yang sedang bingung tentang prospek kerja ilmu hukum. Inilah beberapa peluang kerja yg harus kamu pertimbangkan.

1. Notaris

Notaris
Gambar: youtube

Notaris adalah orang yang membuat wewenang untuk membuat akta terkait dengan suatu perjanjian perbuatan ataupun ketetapan berdasarkan undang-undang, semua proses pembuatan akta ini dikerjakan oleh notaris, mulaidari awal hingga selesai, seluruh wewenang serta kewajiban notaris sudah tercantum dan diatur dalam undang-undang, agar dapat mnjadi notaris seseorang lulusan ilmu hukum perlu menempuh pendidikan magister kenotariatan, pada umumnya untuk menempuh pendidikan magister kenotariatan membutuhkan waktu 2-3 tahun.

Setelah selesai kamu bisa bekerja dengan mandiri dengan membuka praktik kenotariatan dirumah maupun kantormu sendiri, menjadi seorang notaris merupakan hal yang patut dipertimbangkan, pasalnya gaji yang didapatkan untuk Notaris yang belum memiliki pengalaman adalah di angka 4 juta, jika sudah berpengalaman maka otomatis akan naik, yang dibutuhkan ketika ingin menjadi seorang notaris adalah ketelitian dan ketekunan untuk meminimalisir kesalahan dalam pembuatan akta atau semacamnya berkaitan dengan kenotariatan.

đŸ‘‰TRENDING:   Biaya Kuliah Fakultas Kedokteran Di Universitas Terbaik Di Indonesia

2. Legal staff atau officer

Legal staff atau officer
Gambar: youtube

Legal staff atau officer mungkin adalah suatu pekerjaan yang awam di telinga orang yang tidak mengambil jurusan hukum, seorang legal staff atau officer bertugas untuk mengelola dan mengatur segala dokumen perizinan dan yang ada di suatu perusahaan baik itu internal ataupun eksternal, peran dari seorang legal staff sangat berpengaruh, agar sebuah perusahaan tidak terlibat dalam masalah hukum, biasanya perusahaan berskala besar akan sangat membtuhkan Legal staff karena semakin besar suatu perusahaan maka semakin banyak hal yg berkaitan dgn hukum yg harus diperhatikan.

Untuk jadi legal staff, harus memiliki beberapa kemampuan untuk mendukung pekerjaanmu, kemampuan administratif sangatdi butuhkan, soalnya seorang Legal staff akan berurusan dengan dokumen-dokumen hukum yang menyangkut perusahaan, selain itu kemampuan berbahasa juga diperlukan untuk memahami isi dari sebuah dokumen legalitas maupun dokumen lainnya agar tidak salah. Seorang legal staff adalah seorang yang loyal kepada perusahaannya, banyak sekali informasi perusahaan yang bersifat rahasia diketahui oleh seorang staf legal, gaji rata-rata dari seorang staf legal sangat menjanjikan, jika kamu seorang fresh graduate maka gaji yang akan kamu dapatkan rata-rata adalah 4-5 juta, nominal tersebut belum termasuk uang tunjangan dan transportasi jika ada.

đŸ‘‰TRENDING:   4 Prospek Kerja Jurusan Manajemen Yang Mengubah Masa Depanmu

3. Pengacara

Pengacara
Gambar: istockphoto.com

Pengacara merupakan seseorang yg memberkan jasa dibidang hukum berupa konsultasi, bantuan hukum maupun segala tindakan hukum lainnya yg berkaitan dgn klien, peran dari seorang pengacara adalah menerima kuasa dari klien untuk nantinya dipergunakan terkait dgn masalah hukum yg sedang jalani, sebagai seorang pengacara harus menmpuh penddikan khususprofesi advokat terlebih dahulu setelah selesai menmpuh penddikan, selanjutnya andaharus melaksanakan magang selama 2 tahun di kantor advokat.

Selain itu untuk mjd pengacara anda mesti berumur 27tahun, seluruh ketentuan tersebut udah diatur dalam UU tentang advokat, jadi menjadi seorang pengacara membutuhkan waktu yg panjang, belum lagi proses yg terjadi saat menempuh pendidikan yang tidak mudah, seorang pengacara memiliki tanggungjawab yg besar, pengacara akan berusaha menegakkan keadilan dengan ilmu hukum yang sudah dipelajari, perjalanan utk mjd pengacara memang memakan waktu. Gaji yang diterima oleh pengacara tergantung dari kesepakatan dengan klien, semakin banyak urusan hukum yang sukses semakin naik pula reputasimu sebagai pengacara.

đŸ‘‰TRENDING:   Indikator-Indikator Penting Yang Berkaitan dengan Keberhasilan Pendidikan

4. Supervisor

Supervisor
Gambar: youtube

Supervisor/pengawas adalah orang yang mengawasi kinerja dari karyawan lainnya di suatu perusahaan peran dari seorang supervisor adalah sebagai jembatan yang menghubungkan antara manajer dengan staf, terkadang seorang supervisor dianggap galak oleh para karyawan, karena tugasnya menuntunnya untuk bersikap tegas, sebagai seorang lulusanilmu hukum, mjd supervisor merupakan pilihan alternatif jika tidak ingin mengambil penddikan lanjutan dibidang hukum, seperti notaris ataupun pengacara.

Dengan berbekal ilmu hukum yang didapat saat kuliah, Kamu bisa memahami hukum atau norma yang berlaku di suatu perusahaan, bahkan mengembangkannya agar perusahaan tersebut memiliki sumber daya manusia yang berkualitas, seorang supervisor berhak memiliki peringatan kepada karyawan lain jika kinerja nya menurun atau kurang baik, jika diibaratkan supervisor adalah tim disiplin dari sebuah perusahaan, gaji dari seorang supervisor berkisar antara 4-7 juta tergantung dari perusahaan terkait.