8 cara mengobati batuk kering
Gambar: istockphoto.com

8 Tips Cara Mengobati Batuk Kering Secara Alami

Tips Cara Mengobati Batuk Kering Secara Alami
Gambar: istockphoto.com
Banyak orang pernah mengalami batuk kering atau sekarang sedang mengalami batuk kering? apa sih upaya yang sedang di lakukan untuk mengatasinya? Nah jadi batuk kering memang batuk yang sangat mengganggu karena di tenggorokan itu gatel, kadang-kadang mau di tahan tetep nggak bisa. Ini sangat mengganggu sekali, susah pokoknya untuk mengontrol batuk kering.

Cara mengatasi batuk kering

Cara mengatasi batuk kering
Gambar: istockphoto.com

Memang batuk kering itu bikin kita tidak nyaman bikin kita rusak karena batuknya tidak bisa dikendalikan, kalau seandainya batuk terus-terusan itu malah bikin tenggorokan lecet nanti malah bisa bikin radang tenggorokan ataupun  seandainya batuknya itu tidak terkontrol malah bisa timbul bercak darah kemudian mungkin setelah melihat ada darah panik.

Jadi memang batuk kering itu harus disembuhkan. Kalau batuk kering ringan-ringan saja akibat misalkan tersedak ataupun akibat iritasi ringan yang mungkin bisa sembuh sendiri. Tapi kalau seandainya tidak ringan memang perlu tindakan ataupun penanganan untuk mengatasinya. Jadi ada beberapa cara untuk mengatasi batuk kering dengan bahan alami yang bisa dilakukan di rumah.

👉TRENDING:   Ketahui Sebelum Terlambat, Ciri-ciri Kamu Mengalami Gagal Ginjal Kronis

1. Jahe

Jahe
Gambar: freepik.com
Jahe ini merupakan tanaman tradisionalyang sudah ada dari zaman dulu yang sudah sering digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, jahe ini bisa di gunakan salah satunya untuk mengatasi batuk kering tersebut. Jahe bisa di gunakan ataupun dipakai dalam bentuk teh ataupun meminum ramuan jahe air. Jahe juga bisa, karena ini bisa menimbulkan efek meredakan untuk batuk kering jadi silahkan dicoba.

2. Cukupi kebutuhan cairan 

Cukupi kebutuhan cairan ataupun air 
Gambar: istockphoto.com

Walaupun teman-teman sedang batuk bukan berarti minum-minum, harus tetap mengkonsumsi air minum, kalau bisa selama batuk konsumsilah air minumnya itu hangat, kenapa harus mencukupi kebutuhan air? biar supaya teman-teman tidak dehidrasi kemudian tenggorokannya tidak kering kalau tenggorokan kering itu malah memperkeruh kondisi batuk malah tambah parah nantinya.

Jadi disarankan untuk minum 8 gelas perhari nya itu minimal kalau sedang batuk ataupun tidak sehat dianjurkan lebih banyak supaya memang kebutuhan air terpenuhi.

3. Bawang putih

Bawang putih
Gambar: istockphoto.com

Nah jadi bawang putih ini merupakan bumbu dapur yang sering digunakan oleh orang-orang untuk masakannya jadi enak. Bawang putih ini bisa di gunakan untuk meredakan batuk kering karena bawang putih itu bisa menjaga kesehatan saluran nafas. Bagaimana cara mengkonsumsi bawang putih?

Bisa dicampurkan dengan masakan tapi pengolahannya jangan dengan cara yang tidak sehat, berminyak minyak tambah gatal tenggorokan. Kemudian bisa menggunakan bawang putih ini dibuat teh kemudian di campur madu,  ini juga bisa ataupun mau membuat jus bawang putih itu bisa juga dicampur dengan madu, bisa dicoba tinggal disesuaikan saja.

4. Madu

Madu 
Gambar: istockphoto.com

Madu ini juga sudah terkenal yang hasiatnya untuk mengobati batuk juga menjaga kesehatan. Madu digunakan untuk meredakan batuk kering, caranya bagaimana? Bisa menggunakan air hangat dikasih madu ataupun teh dikasih madu ataupun misalkan perasan lemon itu dikasih madu. Ini tinggal teman-teman pilih mau coba yang mana. Madu ini bisa mengatasi batuk kering.

👉TRENDING:   Ketahui 8 Penyebab Sakit di Leher Dan Cara Mengatasinya

5. Kumur dengan air garam

Atasi sakit gigi dengan bahan alami ini natural-3
Gambar: istockphoto.com

Jadi berkumur dengan air garam ini bisa mengatasi sakit tenggorokan dan juga batuk kering. caranya bagaimana? Satu gelas air hangat, siapkan satu sendok teh garam dan diaduk sampai larut kumur-kumur jangan ditelan, 1 sendok teh aja jangan banyak-banyak. Jauhkan dari anak-anak, jadi ini tidak boleh digunakan oleh anak-anak jadi pastikan yang mencoba ini orang dewasa.

6. Kunyit

Kunyit
Gambar: istockphoto.com

Jadi kunyit ini bisa juga membantu meredakan batuk kering. Cara pakainya bagaimana?  Bubuk kunyit, pakai air hangat, diaduk kemudian bisa menambahkan madu biar agak manis, kemudian juga bisa dikasih kayumanis. Ini bisa di konsumsi untuk meredakan batuk kering.

7. Permen pereda tenggorokan

Mungkin banyak sekali dijual di permen-permen pereda tenggorokan. Ini bisa di coba untuk meredakan nyeri, rasa tidak nyaman di tenggorokan.

👉TRENDING:   Cara Melihat Pin ShopeePay Sendiri yang Lupa

Nah ini bisa juga membantu mengatasi batuk kering tetapi harus hati-hati jangan sampai coba di anak-anak karena nanti kalau anak-anak apalagi di bawah usia enam tahun, lima tahun itu nanti malah tertelan tersedak permennya, Jadi orang dewasa saja ataupun yang sudah mengerti bagaimana cara makan ataupun mengkonsumsi permen.

8. Hindari rokok

Jadi jangan kaget, batuk masih merokok ataupun terpapar asap rokok, karena ini akan membuat saluran pernapasan malah nanti tambah sakit, tambah tidak nyaman, tambah meradang, bisa malah nanti gampang infeksi jadi hindarilah asap rokok, maupun teman-teman yang merokok itu jangan.

Jadi dengan begitu teman-teman juga sudah menjadi positif untuk mengatasi batuk kering, Jangan sudah minum ramuan-ramuan tadi tapi masih merokok itu sama saja dengan bohong jadi  harus menghindari rokok ataupun asap rokok kemudian ketika sudah mengatasi batuk kering dengan cara yang di sebutkan tadi mudah-mudahan dengan cara tersebut batuk akan sembuh.

Tetapi ketika mencoba hal tadi tapi batuknya masih saja, setelah dua hari masih saja, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mengatasinya dengan baik, nanti  akan dilakukan anamnesa oleh dokter pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang jika diperlukan baru nanti diberikan terapi.

Jadi batuk kering itu memang kelihatannya sepele. Tapi jangan dibiarkan terlalu lama harus segera diobati.