cara mengobati diare dengan bahan alami
Gambar: istockphoto.com

Cara Mengobati Diare Di Rumah, Dengan Bahan Alami

Cara Mengobati Diare Di Rumah, Dengan Bahan Alami
Gambar: istockphoto.com

Ketika diare pasti bolak-balik toilet mundar-mandir, sana-kemari nah kemudian yang di rasakan, perutnya sakit, melilit mules, kemudian tentu terasa tidak nyaman. Nah, jadi ada cara untuk mengobati diare di rumah, aloberita akan memberikan tips bagaimana cara mengobati diare di rumah. jadi walaupun di rumah masih bisa mengobati diare ketika sedang diare.

Cara alami mengobati diare

Cara alami mengobati diare
Gambar: istockphoto.com

Karena kalau seandainya diare tidak diobati efeknya kalian bisa dehidrasi, bisa mengalami syok. Nah jadi ketika diare harus dilakukan pengobatan supaya tubuh ataupun gejalanya membaik ataupun diarenya juga hilang, harapan paling lama itu dua ataupun tiga hari gangguan diare ini sudah bisa ditangani ataupun sudah bisa diselesaikan. caranya adalah:

Yang pertama mengkonsumsi cairan ataupun minum cairan, meminum cairan ini yang dimaksud adalah mengkonsumsi air putih. Nah banyak orang yang menyepelekan diare nanti sembuh sendiri, ah diare paling salah makan, diare mungkin ya sekali-sekali enggak papa.

Dehidrasi karena cairanya keluar, nantinya jadi lemas pusing kemudian juga bisa berdebar-debar, sampai keringat dingin, bahkan untuk makan ataupun minum pun sulit, jadi memang jangan dianggap remeh, walaupun diare tetap harus ditangani. Bagaimana cara menanganinya?

1. Minum air putih

Minum air putih
Gambar: istockphoto.com

jadi ketika cairan yang keluar diganti, ini untuk mencegah diare itu sendiri supaya tidak dehidrasi dan juga mengganti cairan dan juga mengobati gejala itu sendiri. minum air putih yang banyak, tetapi kalau temen-temen bisa minum oralit ini akan jauh lebih baik oralit nya, bisa dibuat sendiri ataupun bisa membeli oralit yang dijual tanpa resep dokter di apotek yang berbentuk sasetan nanti petunjuknya ada di belakang cara.

👉TRENDING:   Olahan Kelapa Dan Antioksidan Alami

penggunaannya Kenapa oralit ini lebih bagus karena dia mengandung elektrolit dan juga mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, ia lebih banyak dibandingkan dengan air putih biasa.

Nah dengan bantuan elektrolit dan mineral, ini akan membuat usus lebih efisien menyerap kelebihan cairanya supaya nanti fesesnya jadi lebih padat. Apalagi untuk bayi, kemudian juga untuk wanita hamil ataupun untuk lansia, ini harus benar-benar dipantau ataupun harus benar-benar dalam penanganannya Karena untuk golongan orang yang ini itu lebih gampang dehidrasi dan juga lebih susah dalam mengganti cairan.

2. Makanan sehat

Makanan sehat
Gambar: istockphoto.com

Saat diare memang disarankan untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat, Nah makanan yang rendah serat, bisa mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat dan rendah serat. ini kenapa? karena tujuannya supaya pencernaannya itu lebih gampang. sistem pencernaan tidak bekerja lebih keras dalam mencerna makanan.

kalau seandainya pencernaan lebih keras bekerja otomatis ini akan memperbudak kondisi perut serta diare akan lebih lama untuk sembuh, tapi kalau pencernaannya lebih gampang, istilahnya beban kerjanya dikurangin. nah ini juga akan membantu dalam proses penyembuhan, makanan yang sehat yang disarankan itu disebut diet B.R.A.T.

Jadi ini disarankan supaya feses lebih padat ya dan juga lebih banyak. Nah dia itu apa aja? yang pertama adalah pisang (Banana), kemudian nasi putih (Rice) kemudian saus apel (Applesaus) terakhir itu adalah roti putih (Toast) rotinya ini tanpa tambahan apapun tanpa diberikan topping ataupun selai.

Jadi dengan diet B.R.A.T ini diharapkan nanti fesesnya lebih padat, juga lebih banyak dan juga ini dilakukan hanya 2 sampai 3 hari. jadi ketika merasa BAB sudah mulai membaik, sudah mulai agak normal anda bisa hentikan, makan seperti biasa tetapi hindari makanan-makanan yang bisa menyebabkan diare parah yang

👉TRENDING:   Obat Liver Tradisional Dan Obat Batuk Pilek Tradisional

3. Mengkonsumsi probiotik

Mengkonsumsi probiotik
Gambar: istockphoto.com

Nah jadi ini bisa meningkatkan imun anda, bisa meningkatkan kesehatan pencernaan anda. probiotik ini memang sangat bagus, dia bakteri baik supaya nanti flora normal usus itu bisa tetap terjaga. Nah jadi disarankan mengkonsumsi yogurt ataupun tempe, ini bisa yogurt polosan tanpa tambahan apapun. Oh ya Tempenya diolah dengan cara yang sehat dengan begitu sistim imun meningkat, kesehatan pencernaan meningkat. jadi melawan infeksi ataupun bakteri yang merugikan itu akan lebih baik.

4. Hindari makanan dan minuman yang bisa memperburuk kondisi

Hindari makanan dan minuman yang bisa memperburuk kondisi
Gambar: istockphoto.com

Jadi memang ketika diare jangan mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang bisa memperparah kondisinya. seperti apa? misalkan:

  • Makanan pedas, Otomatis kalau makanan pedas diarenya masih belum pulih belum sehat bisa mengiritasi saluran pencernaan bisa tambah parah diarenya
  • Makanan berminyak, makanan berlemak
  • Minuman bersoda ataupun berkafein seperti kopi, teh ataupun, minuman beralkohol.

Jadi memang jangan dulu mengkonsumsi makanan-makanan ini, karena makanan tersebut akan lebih sulit dicerna dengan kondisi diare, ini akan memperburuk kondisi diarenya. tapi kalau sudah sehat boleh-boleh saja, tapi jangan juga terlalu berlebihan.

kalau diare gimana biar gak lemes? itu minum yang manis-manis? nah perlu digaris bawahi, jangan mengkonsumsi minuman ataupun makanan yang mengandung pemanis buatan dulu karena ini juga akan lebih sulit dicerna diproses oleh tubuh yang sedang tidak sehat, yang sedang tidak baik-baik saja.

5. Teh chamomile

Teh Chamomile
Gambar: istockphoto.com

Tadi kan gak boleh yang di disarankan mengandung kafein seperti teh. nah, teh chamomile ini merupakan herbal, jadi dia bisa mengatasi keluhan kembung sakit perut kemudian juga rasa mual, ini berlaku untuk diare yang ringan, tetapi tetap prosedurnya seperti penjelasan tadi poin satu sampai selesai. ini hanya mengurangi sakit perut mual dan kembung.

👉TRENDING:   Cara Melihat Pin ShopeePay Sendiri yang Lupa

6. Makan dengan porsi yang kecil

Ini merupakan tips juga yang paling bagus. kenapa? ketika mengkonsumsi makanan dalam porsi yang besar makan, kekenyangan ini akan memperbudak kondisi diarenya.

karena apa yang harusnya saluran pencernaan ataupun sistem pencernaan yang sedang tidak sehat itu kalau misalkan diistirahatkan, kalau seandainya mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak otomatis sistem pencernaan itu dipaksa bekerja keras terus. nggak ada istirahat-istirahatnya nah jadi dengan mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil atau sedikit tapi sering, ini akan membantu proses penyembuhannya.

jadi penting makan dengan porsi kecil ini penting dalam membantu proses penyembuhannya, kalau makan dengan porsi yang besar diare akan lama sembuhnya.

7. Minum obat diare

Ketika teman-teman sudah mencoba tips diatas tapi belum juga ada perbaikan atau masih saja keluar masuk kamar mandi itu pun mondar-mandir, disarankan untuk mengkonsumsi obat diare Nah ada obat-obat diare yang bisa dibeli tanpa resep dokter di apotek.

Jadi bagi anda yang mengalami diare bisa mengkonsumsinya, sebelum mengkonsumsi baca aturan pakai supaya tidak berlebihan. kemudiant disarankan ataupun dianjurkan menggunakan obat ini ya ataupun menggunakan tips-tips yang di berikan tadi itu maksimal 2-3 hari ketika sudah mencoba semua tips dari poin satu sampai poin enam.

tapi keluhannya tidak juga menunjukan adanya tanda-tanda perbaikan diarenya, masih saja bertambah parah atau pun bertambah panjang sebaiknya teman-teman berkonsultasi ke dokter, supaya mendapatkan penanganan yang tepat seperti anamnesa, pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang, baru nanti diberikan terapi.

Nah itu tadi cara mengatasi diare di rumah yang bisa di lakukan dari poin satu sampai poin tujuh ini bisa dicoba, jadi jangan ragu-ragu. semoga mudah dipahami, Semoga bisa dimengerti, Semoga tidak ada yang diare.