Jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di masa depan untuk anak ips-2

5 Jurusan Kuliah Untuk Anak IPS: Paling Dibutuhkan Di Masa Depan

5 Jurusan kuliah untuk anak IPS
Gambar: istockphoto.com

Bagi anak kelas 12, hal memilih jurusan ketika memasuki jenjang perkuliahan perlu dipikirkan baik-baik, karena jurusan kuliah berpengaruh besar terhadap jenjang yg akan diambil, banyak orang beranggapan kalau anak IPA mempunyai prospek kerja lebih besar dimasa depan, sebenarnya jurusan IPA atau IPS mempunyai prospek yg menjanjikan, asalkan masuk dijurusan kuliah yg sesuai kemampuan serta minat kalian, jangan sampai salah jurusan sehingga tidak menikmati masa perkuliahannya.

5 Jurusan kuliah untuk anak IPS

Ada beberapa opsi jurusan yg dapat dipilih siswa IPS, tentunya mempunyai peluang didunia kerja yg bagus. Berikut adalah jurusan kuliah yg bisa dipilih oleh siswa IPS.

1. Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi
Gambar: istockphoto.com

Jurusan ini mempunyai prospek besar untuk kalian anak IPS, bukan hanya mempelajari bagaimana caranya berkomunikasi yg baik & bener, beragam matakuliah seru yg di pelajari dan kamu juga banyak praktek lapangan secara langsung, dari mulai publicspeaking, fotografi, sinematografi, penulis naskah berita, serta membuat film, perlu diketahui bahwa jurusan ini adalah jurusan yg mmpunyai jurusan yg paling bnyak diminati, karena hampir semua perusahaan di berbagai bidang membutuhkan.

đŸ‘‰TRENDING:   Ketahui Jurusan kuliah Ilmu Hukum Dan Prospek Kerjanya

Jika kamu ingin masuk jurusan ini, prospek kerja yang ditawarkan sangat menjanjikan seperti humas, jurnalis, penyiar radio, reporter, presenter, praktisi periklanan, produser, event organizer serta masih banyak lagi.

2. Bisnis digital

Hubungan internasional
Gambar: istockphoto.com

Jurusan bisnis digital mempelajari bisnis yg dikembangkan menggunakan teknologi digital, setiap mahasiswa akan diajarkan mengenai market place, start up digital, big data dan lainnya. Jurusanini dikembangkan utk mempersiapkan SDM yg dapat bersaing di era industri. Kamu akan blajar mengenai dasar teori yg berhubungan dgn bisnis sperti pengantar bisnis, hukum bisnis, pengantar manajemen, perilaku konsumen, serta kewirausahaan.

Prodi ini msih jarang, cuma dikit kampus di Indonesia yg ada jurusan ini seperti Universitas Padjadjaran dan Universitas Bunda Mulia, lalu bagaimana untuk peluang karirnya? dapat dikatakan peluang lulusan ini sangat luas, kamu dapat kerja di beberapa industri sperti keuangan, konsultan bisnis, analisis sistem, serta bekerja ecommerce terbuka. Jurusan ini pas untuk kmu yg seneng menganalisis rasional serta memecahkan masalah.

đŸ‘‰TRENDING:   Cara Mengubah Teks Menjadi Tulisan Tangan Online

3. Hubungan internasional

Apakah anda tertarik dgn hal-hal yg berhubungan dgn interaksi antar negara? misal iya berrti cocok dengan jurusan hubungan internasional, terlebih lagi untuk prospek karirnya yang sudah tidak perlu diragukan lagi, hubungan internasional bukan hanya mempelajari hubungan diplomatis satu negara dengan negara yang lainnya, tetapi mempelajari tentang konflik, ekonomi, kesejahteraan, hingga perdamaian dunia.

Dalam jurusan ini, kamu dibimbing utk diasah kemampuannya dalam memahami isu global, ingga kerjasama internasional. Kebanyakan orang memilih jurusan ini karena besarnya peluang untuk bekerja di luar negeri. Apa saja prospek kerja kedepannya? Kamu bisa menjadi politikus, diplomat, staf kedutaan, konsultan internasional, penerjemah dan masih banyak yang lainnya.

4. Kriminologi

Ketika mendengar kata kriminologi apa yang ada dipikiran kalian? apakah terdengar seram? Tunggu dulu, walaupun begitu, jurusan kriminologi menarik buat dipelajari dan punya peluang dimasa depan untuk yg mau menekuninya. Belajar kriminologi artinya anda akan bnyak menulis tntang penyebab kejahatan serta faktor yg mempengaruhi terjadinya suatu kejahatan.

đŸ‘‰TRENDING:   Nasib Para Petani, Bisakah Para Petani Menjadi Sukses?

Dikampus-kampus yg menawarkan jurusan kriminologi, kamu akan berjumpa dgn konsentrasi yg menarik banget, cybercrime, kepenjaraan, penegakan hukum dan kejahatan transnasional, untuk peluang kerjanya sangat menjanjikan loh, anda dapat bekerja di kejaksaan, lembaga kepolisian, departemen pertahanan, badan intelijen negara, badan nasional penanggulangan terorisme dan Komnas HAM, kampus yang menawarkan produk kriminologi ini diantaranya Universitas Indonesia, Universitas Budi Luhur dan Universitas Islam Riau.

5. Psikologi

Jurusan psikologi bisa dikatakan sebagai jurusan yg bnyak diminati, secara umumnya psikologi memplajari tntang tingkahlaku, pola pikir, mental manusia serta perasaan manusia, ilmu psikologi sendiri terbagi menjadi beberapa bagian sperti psikologi klinis, psikologi perkembangan, serta psikologi industri, matakuliah yg di pelajari pada semester awal mulai memplajari tntang sejarah psikologi, aliran-aliran dlm psikologi, bahkan teori-teori dasar psikologi.

Peluang karirnya, lulusan psikologi dapat menjadi HRD, konsultan psikologi, trainer, asesor, konsultan karir, psikiater, psikolog dan masih banyak yang lainnya.