Cara Mengganti Oli Mesin Dan Filter Untuk Mobil Avanza, Xenia, Rush Dan Terios
Gambar: istockphoto.com

Cara Mengganti Oli Mesin Dan Filter Mobil Avanza, Xenia, Dan Terios

Cara Mengganti Oli Mesin Dan Filter Untuk Mobil
Gambar: istockphoto.com

Kali ini mengenai bagaimana cara mengganti oli mesin dan filter untuk Avanza, Xenia, Rush, dan Terios, cara ganti oli mesin dan filter oli Toyota Avanza, Rush, dan Daihatsu Xenia, Terios lama, yaitu mobil yang menggunakan mesin EJ, K3, 3SZ atau mesin 1.0, 1.3 dan 1.5. Karena ini akan meliputi jumlah oli grade dan sae rekomendasi dan momen pengencangannya.

Cara mengganti oli mesin dan filter mobil

Cara mengganti oli mesin dan filter mobil
Gambar: istockphoto.com

Langsung saja kita ke kolong kendaraan untuk mengetahui dimana letak baut tap oli, berikut ini contoh untuk mesin yang menggunakan transmisi manual, untuk baut tap oli transmisi manual pasti tidak akan salah, beda dengan yang matic, masih ada kemungkinan bisa salah, bisa salah antara tap baut oli mesin dan tap baut oli transmisi, karena bentuknya sama ukurannya sama kunci 14, cuma beda letaknya.

1. Buka baut tap oli

Buka baut tap oli
Gambar: istockphoto.com

Langsung saja kita buka baut tap oli ukuran 14 untuk membuka atau melepas baut, putar berlawanan arah jarum jam saat baut dibuka, sediakan wadah atau tempat untuk menampung oli yang keluar dari mesin, hati-hati oli panas setelah mesin hidup dan jangan sampai oli tumpah kemana-mana, tunggu sampai oli benar-benar habis yaitu kurang lebih 10-15 menit. Kalau lebih lama itu lebih baik jadi oli bisa benar-benar keluar semua tidak perlu disemprot dengan kompresor karena kompresor itu mengandung uap air yang bisa merusak mesin dan sil di dalam bisa bocor.

šŸ‘‰TRENDING:   Ketahui 3 Cara Reset Ecu VVTI Secara Manual Tanpa Ke Bengkel

Berikut ini contoh mesin yang menggunakan transmisi matic, cara membukanya juga masih sama, putar berlawanan arah jarum jam, sekali lagi mohon diperhatikan jangan sampai salah membuka baut antara baut tap oli untuk oli mesin dan Oli transmisi matic nya, inilah letak baut transmisi matic setelah baut tap oli mesin dibuka.

2. Tap oli sampai bersih

Tunggu sampai oli bener-bener habis, sambil menunggu oli benar-benar habis kita cek baut tab-nya, jika sudah ada gasket ini tidak perlu ditambah isolatif atau benang supaya tidak bocor dan jika gasket ini sudah rusak atau sudah tidak rata sebaiknya diganti saja dengan yang baru, setelah dipastikan oli benar-benar habis dan bersih kita pasang baut tap oli, kencangkan secukupnya, jangan terlalu kencang karena rawan Doll.Untuk memasang atau menutup putar searah jarum jam momen pengencangannya 30Nm

3. Ganti filter oliĀ 

Selanjutnya kita ganti filter olinya, standarnya pakai yzzt1Ā atau bisa juga pakai bz030, begini cara ganti filter oli untuk mobil yang ada absnya, teman-teman bisa menggunakan kunci pembuka filter, untuk yang menggunakanabs sebenarnya sama saja caranya, hanya saja lebih sempit ruang yang ada absnya, jangan lupa siapkan botol bekas air mineral atau yang lainnya untuk menampung oli yang keluar dari filter oli. Letakkan posisi tepat di bawah filter oli, ini akan menjaga lanta dari ceceran oli dan menjaga mobil tetap bersih.

šŸ‘‰TRENDING:   Banyak Yang Belum Tau: Ini Dia 5 Merk Mobil Yang Jarang Orang Tau

4. Bersihkan dudukan oli

Selanjutnya bersihkan juga dudukan filter oli menggunakan kain bersih, bersihkan dudukan filter oli dari debu dan kotoran, setelah bersih selanjutnya pasangkan filter oli yang baru, pasangkan filter oli sampai sil rapat menyentuh dudukan filter oli, selanjutnya tambah 3/4 putaran atau pasang sekuat kekuatan tangan anda saja, sebenarnya sudah cukup, karena kalo mesin panas ini filter akan semakin susah dilepas, jadi tidak perlu alat atau kunci untuk mengencangkan dan ini contoh penggantian filter oli pada mobil yang tidak ada absnya.

Nampak ruangan lebih longgar lebih lega jadi lebih enak dalam pelepasan atau pemasangannya, lepas filter oli dengan cara memutar berlawanan arah jarum jam. Ini hanya salah satu contoh alat pembukanya, masih banyak jenis lainnya, misalnya contohnya jenis mangkok, sabuk, rantai dan lain-lain atau bisa juga menggunakan vanbell karet, vanbell bekas untuk membuka filter oli, pastikan tidak ada kebocoran pada filter oli setelah mesin dihidupkan.

šŸ‘‰TRENDING:   Jadi "Raja" Mobil Baru di RI, Bukan Toyota Avanza

5. Isi oli mesin

Ganti filter oliĀ 
Gambar: istockphoto.com

Setelah filter oli terpasang dengan benar, saatnya mengisi oli mesin, buka tutup oli mesin dengan cara memutar sumbatan pengisian oli mesin berlawanan arah jarum jam, untuk memasukkan oli ke dalam mesin gunakan corong atau botol bekas air mineral supaya oli tidak tumpah kemana-mana, selanjutnya tuangkan oli ke dalam mesin setelah perlahan-lahan grade oli standar api, grade SL,S,SNĀ atau ilsac multi grade, SAE standar 5w-20, 5w-30, 10w-30, 10w-40, 20w-50Ā standar sesuai buku pedoman pemilik jumlah oli untuk mesin EJ atau Xenia 1000cc

Volume oli mesin yang dibutuhkan adalah dengan penggantian filter oli 2,3 Liter tanpa penggantian filter oli 2,1 liter, sedangkan untuk mesin K3 dipakai pada avanza, xenia 1,3 dan mesin 3sz yang dipakai pada Avanza, Rush, Terios, jumlahnya sama penggantian dengan filter oli 3liter dan tanpa filter oli 2,7. Setelah oli dimasukkan ke dalam mesin, berarti proses pengisian dan penggantian oli mesin sudah selesai, sekali lagi pastikan bahwa tidak ada kebocoran setelah mesin dihidupkan.

Itulah cara tentang bagaimana cara cara mengganti oli mesin dan filter, semoga bermanfaat
cara membuka tutup oli pada mobil avanza G