Cara Melihat Aplikasi yang Sudah Dihapus
Cara Melihat Aplikasi yang Sudah Dihapus

Cara Melihat Aplikasi yang Sudah Dihapus

Jika Anda sering mencoba aplikasi baru di ponsel Android, pasti pernah mengalami situasi di mana Anda pernah menghapus aplikasi tapi lupa nama atau ikonnya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melihat atau mengingat aplikasi yang sudah dihapus dari ponsel Anda.

Cara Melihat Aplikasi yang Sudah Dihapus

1. Gunakan Google Play Store

Buka aplikasi Google Play Store di ponsel Anda, kemudian tekan ikon menu (garis tiga) di bagian kiri atas layar. Pilih “My apps & games” (Aplikasi Saya & Game) dan pilih tab “Library” (Perpustakaan). Di sini, Anda akan melihat semua aplikasi yang pernah diunduh atau diinstal di ponsel Anda, bahkan yang sudah dihapus sekalipun.

2. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang bisa membantu Anda melihat aplikasi yang sudah dihapus. Salah satu contohnya adalah “App Usage Tracker” yang dapat diunduh dari Google Play Store. Aplikasi ini akan secara otomatis merekam dan melacak semua aplikasi yang pernah diinstal dan dihapus dari ponsel Anda.

3. Cari di Riwayat Unduhan

Jika Anda masih ingat kapan tanggal aplikasi tersebut diunduh, Anda bisa mencarinya di riwayat unduhan pada akun Google Anda. Buka halaman Google Play Store dan tekan ikon menu. Pilih “My apps & games” dan pilih tab “All” (Semua). Gulir ke bawah dan tekan “Download history” (Riwayat unduhan). Di sini, Anda akan melihat semua aplikasi yang pernah diunduh di akun Google Anda.

Baca Juga:  Aplikasi Penghilang Background

Dengan menggunakan salah satu cara di atas, Anda dapat melihat kembali aplikasi yang sudah dihapus dari ponsel Android Anda. Ingatlah bahwa ketika aplikasi dihapus, semua data dan pengaturan yang terkait juga akan hilang. Jadi, pastikan untuk mencari dan membuat cadangan data penting sebelum menghapus aplikasi tersebut.

Mencari di Folder Aplikasi yang Tersembunyi

Setelah pengguna menghapus aplikasi dari perangkat mereka, sebagian besar pengguna akan berpikir aplikasi tersebut telah hilang dari perangkat mereka, namun kenyataannya tidak semudah itu. Beberapa pengguna mungkin tidak tahu bahwa beberapa aplikasi yang dihapus masih tersimpan dalam folder aplikasi tersembunyi di perangkat mereka, membuat hak akses aplikasi tersebut sulit ditemukan. Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan membahas cara melihat aplikasi yang sudah dihapus pada folder aplikasi tersembunyi di perangkat Android Anda.

Folder Aplikasi Tersembunyi adalah tempat di mana Android menyimpan file aplikasi yang mungkin tidak muncul di layar perangkat. Folder ini dapat dimanfaatkan untuk menyimpan file sistem, data, dan aplikasi yang dihapus sementara oleh pengguna. Beberapa aplikasi mungkin terhapus oleh masalah teknis, sementara yang lainnya terhapus oleh kekecewaan pengguna pada aplikasi tersebut. Dalam situasi seperti ini, folder aplikasi tersembunyi adalah tempat terbaik untuk menemukan aplikasi yang telah dihapus.

Baca Juga:  Begini Cara Salin Tautan Di Tiktok Untuk Dibagikan, Mudah

Buka Aplikasi Pengelola File

Untuk melihat folder aplikasi tersembunyi, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah buka aplikasi pengelola file. Di sini, Anda dapat mengelola semua file dan folder di perangkat Android Anda. Ada beberapa aplikasi pengelola file terbaik dan populer tersedia di Google Play Store seperti ES File Explorer, File Manager, dan Solid Explorer. Unduh salah satu aplikasi ini dari toko aplikasi dan instal di perangkat Anda untuk memulai.

Cari Folder Aplikasi Tersembunyi

Setelah Anda berhasil menginstal aplikasi pengelola file, buka aplikasi tersebut dan cari folder bernama “.android_secure”. Anda mungkin perlu mengaktifkan pilihan “Show hidden files” atau “Display hidden files” pada aplikasi pengelola file untuk menemukan folder ini. Setelah folder terlihat, klik folder dan cari file “smdl2temp1.asec”. File ini adalah file sistem yang digunakan oleh Android untuk menyimpan aplikasi yang dihapus tetapi masih tersimpan di perangkat.

Cari Aplikasi yang Sudah dihapus

Saat Anda menemukan file “smdl2temp1.asec”, selanjutnya adalah mencari aplikasi yang telah dihapus. Anda dapat melakukannya dengan menyentuh file “smdl2temp1.asec” dan menemukan aplikasi yang hilang. Setelah menemukan aplikasi yang hilang, klik dua kali pada file tersebut dan klik “Install” pada pesan pop-up. Setelah proses instalasi selesai, aplikasi akan muncul di layar perangkat Android Anda seperti biasa.

Baca Juga:  Sekilas Mengenai Cache Aplikasi dan Fungsinya

Tambahkan Widget ke Layar Depan

Ada juga cara lain untuk mengakses folder aplikasi tersembunyi. Anda dapat menambahkan widget ke layar depan Anda melalui aplikasi pengelola file. Widget ini memudahkan pengguna untuk mengakses folder aplikasi tersembunyi melalui layar depan perangkat mereka. Untuk menambahkan widget, buka aplikasi pengelola file, cari opsi “Tambahkan Widget” atau “Add widget” pada menu aplikasi, lalu pilih widget yang diinginkan untuk menambahkan ke layar depan perangkat Anda.

Itulah beberapa cara untuk melihat aplikasi yang sudah dihapus pada folder aplikasi tersembunyi di perangkat Android Anda. Dengan bantuan aplikasi pengelola file, Anda dapat dengan mudah menemukan aplikasi yang telah dihapus dari perangkat. Penting untuk diingat bahwa jika penggunaan folder aplikasi tersembunyi pada perangkat ini tidak berjalan dengan baik, maka kemungkinan besar perangkat perlu diperbaiki atau reset. Namun, langkah-langkah ini dapat membantu pengguna dengan mudah mengakses aplikasi yang telah dihapus.