Cara Menggandakan Aplikasi di Android dan iOS
Cara Menggandakan Aplikasi di Android dan iOS

Cara Menggandakan Aplikasi di Android dan iOS

Menggandakan aplikasi menjadi dua atau lebih tentu bisa memudahkan kita dalam berbagai hal. Terutama jika aplikasi tersebut merupakan aplikasi bawaan di HP yang dapat digandakan dengan mudah. Namun, tidak semua HP memiliki fitur untuk menggandakan aplikasi bawaan. Jangan khawatir, dengan mode pengembang, kita masih bisa menggandakan aplikasi bawaan HP kita.

Menggandakan aplikasi bawaan HP dengan mode pengembang

Mode pengembang sebenarnya dikembangkan oleh para pengembang untuk memudahkan proses debugging pada aplikasi. Namun, karena penggunaannya cukup berbahaya, mode pengembang disembunyikan oleh produsen HP. Untuk mengaksesnya, kita harus membuka menu setting dan mengaktifkannya terlebih dahulu. Setelah mode pengembang terbuka, kita bisa merubah pengaturan HP dan memanfaatkan fitur-fitur yang tersembunyi.

Ada beberapa tahap yang kita harus lakukan untuk menggandakan aplikasi bawaan HP dengan mode pengembang. Berikut adalah tahap-tahap yang harus ditempuh.

1. Aktifkan mode pengembang

Langkah pertama adalah mengaktivkan mode pengembang. Caranya sangat mudah. Kita tinggal membuka menu setting, cari opsi tentang HP dan pilih opsi tentang ponsel. Setelah itu, kita akan menemukan opsi untuk aktivasi mode pengembang. Aktifkan opsi tersebut dan HP kita telah masuk ke mode pengembang.

Baca Juga:  5 Aplikasi Desain Jersey Futsal Terbaik di Android dan iOS GRATIS

2. Instal aplikasi duplikator

Setelah berhasil masuk ke mode pengembang, kita sudah bisa memanfaatkan fitur-fitur yang tersembunyi. Salah satu fitur terbaik yang bisa kita dapatkan adalah menggandakan aplikasi bawaan HP. Untuk itu, kita harus menginstal aplikasi duplikator terlebih dahulu. Ada banyak aplikasi duplikator yang bisa kita temukan di Google Playstore, namun saya merekomendasikan Parallel Space. Setelah diinstal, pilih aplikasi yang mau kita duplikat dan pilih opsi duplikat.

3. Atur aplikasi duplikat yang baru

Setelah proses duplikasi selesai, kita bisa mengatur aplikasi duplikat yang baru sesuai dengan keinginan kita. Kita bisa mengganti ikon aplikasi, mengubah nama aplikasi, dan lain-lain. Untuk mengetahui perbedaan antara aplikasi bawaan dan aplikasi duplikat, kita bisa memeriksanya melalui opsi aplikasi pada menu setting.

Menggandakan aplikasi bawaan HP dengan mode pengembang memang cukup rumit, terutama jika kita tidak terbiasa dengan setting HP. Namun, jika kita berhasil melakukannya, kita bisa memperoleh berbagai manfaat. Misalnya, jika kita memiliki dua akun Facebook, kita bisa menggunakannya secara bersamaan, tanpa harus sign in dan sign out terus-menerus. Kita juga bisa memisahkan aplikasi kerja dan aplikasi yang digunakan untuk bermain game, untuk memudahkan melakukan fokus saat bekerja.

Namun kita harus ingat, menggandakan aplikasi penggunaan RAM dan memori HP kita. Jadi sebaiknya, usahakan tidak menggandakan terlalu banyak aplikasi sekaligus. Jangan sampai HP kita menjadi lambat karena kekurangan memorinya. Selain itu, jika kita tidak yakin dengan proses penggandaan ini, lebih baik cari tahu mengenai prosedurnya terlebih dahulu, agar tidak merusak sistem HP kita.

Baca Juga:  Sekilas Mengenai Aplikasi Simontok 2019, Fitur dan Cara Penggunaanya

Cara menggandakan aplikasi di iPhone dengan fitur bawaan

Belakangan ini popularitas dari aplikasi untuk menggandakan aplikasi yang telah terinstal di ponsel semakin meningkat. Namun, tidak banyak pengguna iPhone yang menyadari bahwa mereka dapat menggandakan aplikasi di iPhone dengan fitur bawaan. Di bawah ini adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang cara menggandakan aplikasi di iPhone dengan fitur bawaan:

1. Menggunakan fitur “Screen Mirroring”

Satu cara untuk menggandakan aplikasi di iPhone adalah dengan cara mengaktifkan fitur “Screen Mirroring” pada iPhone dan menghubungkannya ke perangkat Apple TV. Perangkat Apple TV ini dapat menampilkan tampilan ponsel pada televisi, sehingga Anda dapat membuka aplikasi apa saja yang ingin Anda duplikasi di perangkat Apple TV.

2. Menggunakan fitur “App Switcher”

Fitur “App Switcher” pada iPhone memungkinkan pengguna untuk dengan cepat beralih antara aplikasi yang terakhir digunakan. Namun, fitur ini juga dapat digunakan untuk menggandakan aplikasi. Pertama-tama, buka aplikasi yang ingin Anda gandakan, kemudian tekan tombol “Home” untuk kembali ke layar utama iPhone. Setelah itu, tekan lagi tombol “Home” dua kali untuk membuka fitur “App Switcher”. Kemudian, cari aplikasi yang ingin digandakan, dan tekan dan tahan ikon aplikasi tersebut hingga muncul pilihan “Tutup”. Klik “Tutup” untuk menutup aplikasi asli, dan aplikasi yang telah digandakan akan tetap terbuka.

3. Menggunakan fitur “Folder”

Salah satu cara terakhir untuk menggandakan aplikasi di iPhone dengan fitur bawaan adalah dengan cara membuat folder baru. Caranya adalah dengan menekan dan menahan ikon aplikasi yang ingin Anda gandakan hingga ikon mulai bergetar. Setelah itu, seret ikon aplikasi tersebut ke ikon aplikasi lain, dan otomatis akan tercipta folder baru. Anda bisa menggandakan aplikasi di dalam folder dengan cara menyalin aplikasi tersebut dan menempatkannya di luar folder.

Baca Juga:  Bot Musik Telegram Untuk Mendengarkan Lagu

4. Menggunakan fitur “Split View” dan “Slide Over”

Fitur “Split View” dan “Slide Over” pada iPhone memungkinkan pengguna untuk membuka dua aplikasi dalam satu layar. Fitur ini sangat berguna untuk produktivitas, dan juga dapat digunakan untuk menggandakan aplikasi. Caranya adalah dengan membuka aplikasi yang ingin Anda duplikasi, kemudian menggunakan gerakan sliding untuk membuka fitur “Split View” atau “Slide Over”. Setelah itu, buka aplikasi lain yang ingin digandakan, dan geser ikon aplikasi tersebut ke sisi yang kosong. Aplikasi asli akan tetap terbuka di satu sisi layar, dan aplikasi yang baru akan terbuka di sisi yang kosong.

Dengan beberapa cara di atas, Anda bisa menggandakan aplikasi di iPhone dengan fitur bawaan. Anda tidak perlu lagi bingung dan mengunduh aplikasi tambahan hanya untuk menggandakan aplikasi yang sudah ada di ponsel Anda. Namun, pastikan Anda tidak menyalahgunakan cara ini. Sebab, banyak pengguna yang menggunakan cara ini untuk menggandakan aplikasi berbayar dengan jasa third party yang tidak sah, sehingga pengembang kerap merasa dirugikan. Oleh sebab itu, pastikan Anda memahami dengan benar ketentuan yang ada terkait penggunaan cara ini.