Aplikasi Wattpad: Fitur dan Cara Penggunaanya
Aplikasi Wattpad: Fitur dan Cara Penggunaanya

Aplikasi Wattpad: Fitur dan Cara Penggunaanya

Wattpad, sebuah platform penerbitan daring untuk penulis dan pembaca, adalah rumah bagi miliaran cerita yang diterbitkan oleh penulis indie (independen). pada tahun 2006, Alanna Okun dan Ivan Yuen mendirikan Wattpad sebagai layanan SMS atau layanan pesan singkat. Pada 2007, Wattpad hadir dengan situs web resmi, mengembangkan platform mereka menurut permintaan pengguna.

Pada tahun 2014, Wattpad hadir dalam bentuk aplikasi yang bisa diakses melalui perangkat seluler, baik iOS maupun Android. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih jauh tentang Aplikasi Wattpad dan semua yang perlu Anda ketahui.

Pengertian Aplikasi Wattpad

Aplikasi Wattpad

Aplikasi Wattpad adalah cara terbaik untuk menikmati penulisan dan membaca karya-karya yang diterbitkan Wattpad. Wattpad menawarkan berbagai macam kategori yang berbeda, termasuk keromantisan, fiksi ilmiah, fan fiction, misteri, dan cerita remaja. Pengguna dapat membaca semua buku gratis, tanpa biaya apa pun selama di dalam aplikasi.

Selain itu, ada banyak fitur yang memungkinkan pengguna untuk membaca secara instan tanpa terganggu oleh iklan yang muncul. Ada pilihan mode gelap yang membuat membaca jadi lebih nyaman di sekitar yang minim cahaya, terutama pada malam hari. Ada juga fitur penanda buku digital yang memungkinkan pembaca untuk kembali ke tempat yang sama ketika mereka berhenti membaca dan ingin melanjutkan lagi di kemudian hari.

Fitur-fitur di atas memang hebat, tetapi salah satu hal terbaik tentang Aplikasi Wattpad adalah kita dapat membaca (dan menulis!) bagian-bagian yang relevan. Anda bisa mencari sejumlah buku yang berbeda dari banyak penulis yang juga berbeda. Anda bahkan dapat menyimpan buku-buku pilihan Anda untuk dibaca di kemudian hari atau ketika Anda sedang bepergian.

Aplikasi Wattpad sangat interaktif dan memungkinkan pengguna untuk memberikan tanggapan dan menyukai buku dengan mudah. Fitur komentar memungkinkan para pembaca memberikan opini mereka pada buku yang mereka baca. Hindari perselisihan dalam membuat komentar dan sebelum Anda tahu itu, Anda akan berteman dengan orang-orang baru dari seluruh dunia yang memiliki minat yang sama dengan Anda!

Kembali ke unsur penulisan, Wattpad memungkinkan para penulis untuk menulis dan memublikasikan karya mereka secara gratis dan tanpa pembatasan. Ini memberi banyak pilihan bagi penulis untuk mengeluarkan karya tanpa kerumitan yang dapat mengintimidasi. Wattpad memiliki sistem penilaian yang adil untuk karya yang diterbitkan, yang membuat penulis menerima umpan balik yang berguna dari para pembaca.

Selain itu, Wattpad juga berkomitmen untuk mengembangkan bakat-bakat dunia. Mereka memperkenalkan program “Wattpad Stars” tahun 2015 yang bertujuan untuk memilih dan memperkenalkan penulis-penulis Wattpad yang layak mendapat perhatian. Wattpad juga memperkenalkan Undiscovered Writers, program yang dirancang untuk membantu penulis menemukan pengikut baru melalui umpan balik konstruktif dari pembaca Wattpad yang berpengalaman.

Baca Juga:  Begini Cara Edit Foto Pakai Jas Online Untuk Pria & Wanita

Singkatnya, Aplikasi Wattpad adalah platform yang luar biasa bagi penulis dan pembaca untuk berkumpul, berinteraksi, dan menekuni seni tulis-menulis dengan cara yang ramah pengguna. Semua ini menciptakan lingkungan yang positif dan kolaboratif di mana orang dapat berbicara tentang karya mereka, mengembangkan keterampilan, dan membangun hubungan dengan orang-orang dari seluruh dunia. Aplikasi Wattpad sangat cocok untuk pencinta buku dan penulis indie (independen) atau siapa saja yang ingin mengeksplorasi lebih banyak karya-karya fiksi berkualitas tinggi.

Fitur dan Kelebihan Aplikasi Wattpad

Jika kamu seorang penulis, pembaca setia, atau bahkan hanya sekedar ingin mencari hiburan baru, kamu pasti tak asing dengan aplikasi Wattpad. Aplikasi yang telah hadir sejak tahun 2006 ini memang sangat terkenal di kalangan para penulis dan pembaca di seluruh dunia.

Karena popularitasnya yang terus meningkat, Wattpad juga terus mengembangkan fitur-fitur baru yang semakin memudahkan penggunanya. Berikut adalah beberapa fitur dan kelebihan aplikasi Wattpad yang mungkin belum kamu ketahui:

1. Membaca Gratis

Salah satu kelebihan utama dari aplikasi Wattpad adalah kita bisa membaca seluruh konten yang tersedia di dalamnya secara gratis tanpa harus membayar satu sen pun. Kita bisa memilih dari berbagai genre mulai dari romance, fantasi, misteri, dan lainnya. Selain itu, kita juga bisa memilih jenis cerita yang kita sukai, seperti cerita pendek, cerita panjang, atau novel.

2. Menulis Cerita Sendiri

Wattpad bukan hanya tempat untuk membaca, tetapi juga tempat yang tepat bagi kita yang ingin menulis cerita. Dengan fitur “Create Story”, kita bisa menulis cerita dan mempublikasikannya di aplikasi. Setelah diunggah, cerita kita bisa dibaca oleh seluruh pengguna Wattpad di seluruh dunia. Hal ini tentunya memberikan kesempatan bagi penulis amatir yang ingin memperkenalkan karyanya kepada khalayak yang lebih luas.

3. Wattpad Paid Stories

Selain memungkinkan kita untuk membaca dan menulis secara gratis, Wattpad juga menyediakan platform yang memungkinkan pengguna untuk menerbitkan cerita mereka secara profesional. Wattpad Paid Stories adalah fitur yang memungkinkan penulis untuk mendapatkan penghasilan dari cerita yang mereka tulis. Saat ini, fitur ini hanya tersedia untuk pengguna di Amerika Serikat, Kanada, dan Inggris. Tetapi, Wattpad berencana untuk memperluas layanannya ke seluruh dunia.

4. Audio Stories

Dalam upaya untuk terus memberikan pengalaman yang lebih baik bagi penggunanya, Wattpad juga meluncurkan fitur Audio Stories. Fitur ini memungkinkan pembaca untuk mendengarkan cerita melalui platform Spotify. Sejauh ini, fitur ini hanya tersedia untuk beberapa cerita yang dipilih oleh Wattpad. Namun, Wattpad berencana untuk memperluas katalog Audio Stories mereka di masa depan.

5. Wattpad Futures

Wattpad Futures adalah program kemitraan yang memungkinkan penulis mendapatkan penghasilan dari cerita mereka di aplikasi. Program ini memungkinkan penulis untuk mendapatkan uang melalui iklan yang ditampilkan di cerita mereka. Jadi, semakin banyak pembaca yang membaca cerita kita, semakin besar pula penghasilan yang akan kita dapatkan.

Itulah beberapa fitur dan kelebihan dari aplikasi Wattpad. Jadi, apapun minatmu, apakah sebagai pembaca atau penulis, Wattpad adalah platform yang tepat untukmu.

Baca Juga:  15+ Aplikasi Coding dan Penggunaanya untuk Pemula

Cara Menggunakan Aplikasi Wattpad

Wattpad adalah platform penerbitan buku daring yang memungkinkan para penulis untuk mempublikasikan karyanya ke seluruh dunia. Itu juga merupakan tempat terbaik untuk membaca karya-karya terbaru dari penulis favorit kita. Dalam subtopik ini, kita akan membahas cara menggunakan aplikasi Wattpad sehingga kamu dapat menikmati semua fitur yang tersedia.

1. Download dan Instal Aplikasi Wattpad

Pertama-tama, kamu perlu mengunduh dan menginstal aplikasi Wattpad di perangkatmu. Aplikasi ini tersedia di Google Play Store atau Apple App Store. Setelah mengunduh aplikasi, instal dan buka aplikasinya.

2. Buat Akun Wattpad

Setelah membuka aplikasi, klik “Sign Up” untuk membuat akun Wattpad. Isi semua informasi yang diminta seperti alamat email, nama pengguna, dan password. Setelah mengisi informasi kamu, klik “Sign Up” dan akun kamu siap digunakan.

3. Mulai Membaca Buku di Wattpad

Setelah berhasil membuat akun, kamu dapat mulai menikmati fitur-fitur Wattpad. Ada ribuan buku yang tersedia dari berbagai genre, mulai dari fiksi, non-fiksi, romance, horror, dan sebagainya. Untuk memulai membaca, kamu klik tombol “Library” yang terletak di bawah toolbar aplikasi.

Di dalam “Library”, kamu bisa mencari buku sesuai dengan genre dan judul. Setelah menemukan buku yang ingin kamu baca, cukup klik untuk membukanya. Fitur pembaca Wattpad memberikan tayangan layar penuh untuk pengalaman membaca yang lebih mudah.

Wattpad juga memungkinkan kamu membookmark halaman di mana pun kamu berhenti membaca. Jadi, kamu tidak perlu khawatir akan kehilangan tempat yang kamu baca sebelumnya. Selain itu, kamu juga dapat memilah buku favoritmu dan membuat list manajemen bacaan kamu sendiri.

4. Mulai Menulis dan Mempublikasikan Karya Anda

Jika kamu ingin mempublikasikan karya tulis kamu sendiri, Wattpad juga menjadi platform yang tepat bagi kamu. Utamakan kreativitas dengan menulis setiap ide atau cerita yang kamu pikirkan. Kamu dapat membuat judul buku, menambahkan cover atau sampul buku sendiri, dan memulai menulis.

Bagian ini memerlukan fitur yang sedikit lebih kompleks, terutama jika kamu ingin memilah karya kamu ke dalam kategori yang tepat dan menyertakan tag yang membuat karya kamu lebih mudah ditemukan oleh pelanggan. Pilihlah kategori yang paling sesuai dengan karya kamu, tuliskan sinopsis yang menarik, dan pilihlah tag yang memberi tahu audiens tentang genre dan substansi cerita kamu.

Kamu juga dapat memperbarui atau mengedit karya yang telah kamu publikasikan di Wattpad. Namun, pastikan untuk memperhatikan hak cipta dan tidak menjiplak atau mengambil karya orang lain.

Dalam menggunakan fitur-fitur ini, kamu dapat menjadi penulis atau pembaca di aplikasi Wattpad. Tentukan aktivitas yang kamu inginkan setelah mencoba mengakses fitur-fitur di atas. Dengan aplikasi Wattpad, kamu bisa membaca karya-karya terbaik dari penulis-penulis hebat, dan menghapus kejenuhan dalam waktu senggang kamu. Jangan ragu untuk mencoba aplikasi ini dan menjadi penulis atau pembaca sekaligus dalam satu platform.

Menggunakan Aplikasi Wattpad untuk Menemukan Inspirasi Cerita Baru

Aplikasi Wattpad bisa menjadi sumber ide yang tak terbatas bagi penulis. Terdapat berbagai macam konten yang bisa diakses, dari berbagai kategori yang berbeda-beda, mulai dari romance hingga sci-fi. Seiring dengan semakin banyaknya penulis dan pembaca yang bergabung di Wattpad, kini tersedia juga berbagai fitur canggih seperti rekomendasi cerita berdasarkan preferensi pembaca, kolaborasi dengan penulis lain, dan Bahasa mesin yang mendukung. Ini semua memudahkan para penulis dalam menemukan ide yang unik dan memasarkan kreasi mereka ke khalayak yang lebih luas.

Baca Juga:  Translate Nama ke Tulisan Jepang Online

Jadi, jika penulis mengalami blokade kreatif atau kesulitan untuk menemukan ide baru, Wattpad bisa menjadi tempat yang tepat untuk menemukan inspirasi dan saling berbagi dengan penulis lainnya.

Meramalkan Tren Berdasarkan Kategori Populer di Wattpad

Wattpad memungkinkan penulis untuk memprediksi dan mengikuti tren literatur dan genre yang sedang populer di kalangan pembaca. Dengan melihat kategori-kategori populer di Wattpad, penulis dapat mengetahui mana jenis cerita yang sedang digemari oleh orang lain dan kemudian membuat cerita yang menarik untuk di-publish.

Melalui fitur statistik di aplikasi Wattpad, juga sangat mudah untuk mengikuti tren literatur terkini dan mengidentifikasi pola yang sedang menjamur di kalangan pencinta literatur.

Menyambut Kritik dan Saran dari Pembaca Menggunakan Aplikasi Wattpad

Satu hal yang baik dari Wattpad adalah keterlibatan pembaca dalam mengevaluasi cerita yang dipublish. Aplikasi ini memudahkan penulis untuk menerima kritik dan saran dari pembaca mereka. Dengan feedback ini, penulis dapat merespons dan memperbaiki cerita mereka dan membuatnya menjadi lebih baik.

Kritik dan saran juga membantu penulis untuk mengetahui bagaimana pembaca merespons dan merasakan cerita yang telah dibuat. Kritik positif atau negatif tidak hanya meningkatkan keterampilan menulis penulis, tetapi juga dapat membantunya untuk mencapai khalayak yang lebih luas dan memperbaiki pengalaman bacaan pembaca di aplikasi Wattpad.

Meningkatkan Jaringan Penulisan dan Menjadi Bagian dari Komunitas di Aplikasi Wattpad

Wattpad memungkinkan para penulis untuk berinteraksi dan berbagi pengalaman dengan penulis lain melalui forum atau dengan mengikuti grup tertentu dalam komunitas Wattpad. Fitur pesan langsung di aplikasi Wattpad juga memudahkan para penulis bergaul dan berdiskusi dengan sesama penulis.

Menjadi bagian dari komunitas Wattpad memberikan akses bagi penulis terhadap dukungan, bantuan, kontak, dan bahkan penghargaan. Hal ini membuat Wattpad tidak hanya sebagai platform publikasi digital, tetapi juga sebagai jaringan dan kelompok manusia yang memiliki ide yang sama dalam mencari dan membuat cerita.

Menjadi Penulis Terkenal di Wattpad dan Menghasilkan Uang dari Karya-Karya Mereka

Wattpad mempertemukan para penulis dengan pemilik publikasi, perusahaan film, dan agen pencari bakat. Beberapa penulis Wattpad, seperti Anna Todd dan Beth Rhondeau telah berhasil memperoleh kontrak dari penerbit, menjadi penulis sukses, dan bahkan diadaptasi ke layar lebar. Wattpad juga menawarkan option untuk publikasi eBook dan penghasilan melalui Wattpad Next, di mana pembaca dapat membayar untuk mengakses konten unggulan dan konten eksklusif.

Mungkin, menjadi penulis terkenal di Wattpad bukanlah hal yang mudah dan membutuhkan usaha yang konsisten. Namun, dengan waktu, pengalaman, dan kerja keras, siapa pun dapat memanfaatkan Wattpad untuk tumbuh dan mengembangkan kemampuan menulis mereka dan bahkan memperoleh penghasilan dari karya yang mereka buat.