Bitcoin adalah Ini Dia Penjelasan Lengkap Tentang Bitcoin
Gambar: istockphoto.com

Bitcoin adalah? Ini Dia Penjelasan Lengkap Tentang Bitcoin

 5 Pertanyaan dasar mengenai Bitcoin
Gambar: istockphoto.com

Bitcoin menjadi salah satu investasi yang paling banyak dibicarakan sekarang ini, sebagian orang optimis mendapat hasil berlimpah dan investasi Bitcoin, tapi ada juga yang pesimis terhadap Bitcoin. Artikiel ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar mengenai Bitcoin supaya anda bisa memutuskan, Apakah ingin berinvestasi di Bitcoin ataukah tidak.

 5 Pertanyaan dasar mengenai Bitcoin

  1. Apa itu Bitcoin?
  2. Apakah Bitcoin akan diterima sebagai mata uang di masa depan?
  3. Dimana kita bisa membeli Bitcoin?
  4. Apakah berinvestasi di Bitcoin merupakan keputusan yang bagus?
  5. Apa yang perlu diperhatikan oleh pemula?

Apa itu Bitcoin?

Apa itu Bitcoin
Gambar: istockphoto.com

Bitcoin merupakan sebuah matauang crypto yg pling banyak diterima diseluruh dunia sekarang & yg paling populer, untuk mengerti tentang mata uang crypto, maka kita perlu memahami terlebih dahulu mengenai Apa itu mata uang.

Uang adalah bentuk penyimpanan nilai yang disetujui dan diterima oleh semua orang sebagai bentuk alat pembayaran, uang pada dasarnya tidak memiliki nilai apapun, pada masa sekarang uang sama sekali tidak didukung dengan cadangan emas, hal yang membuat uang bernilai adalah karena semua orang meyakini dan setuju bahwa kertas uang tersebut memiliki bernilai, kita percaya kepada Bank sentral dan pemerintah sehingga uang diterima sebagai alat pembayaran.

Jika semua orang tidak menyetujui nilai terhadap uang maka uang akan menjadi tidak berharga, masalahnya adalah uang ini dikendalikan oleh pemerintah dan Bank sentral, mereka memiliki kewenangan besar untuk menentukan berapa jumlah yang beredar di masyarakat, semakin banyak uang yang beredar di masyarakat maka akan berdampak terhadap penurunan nilai atau daya beli dari uang itu sendiri, sehingga harga-harga akan menjadi semakin mahal dan uang yang kita peroleh dengan susah payah akan terus mengalami penurunan nilai setiap tahunnya karena mengalami inflasi.

Kasus ekstrimnya adalah inflasi yang terjadi di Argentina, Venezuela, dan Zimbabwe karena Bank sentral dan pemerintah mereka mencetak uang sangat banyak akibatnya nilai mata uang menjadi tidak berharga dan hal ini juga sedang kita lihat terjadi di negara-negara lain bahkan Amerika Serikat, pemerintah dan Bank sentral mencetak uang dalam jumlah sangat besar sampai USD 4 Triliun atau setara Rp50 Quadriliun.

Hal ini tentu saja akan berdampak terhadap inflasi, anda bisa membayangkan jika hal yang sama terjadi di Indonesia. Masalah kedua dari uang konvensional adalah saat kita akan mengirim uang baik keluar negeri atau di dalam negeri kita akan dikenakan biaya berupa nilai tukar dan jumlah biaya transfer, mungkin kita tidak menyadari betapa besar biaya ini, mengingat transaksi pengiriman uang ini dilakukan sangat sering, pihak bank atau ketiga mengambil keuntungan cukup besar dari biaya transfer. Bitcoin sebagai sebuah kata uang crypto memberikan solusi untuk semua masalah dari uang konvensional ini berlawanan dengan prinsip uang yang terpusat oleh kewenangan di Bank sentral dan pemerintah.

👉TRENDING:   Kode Bank BCA Untuk Keperluan Transfer ke Bank Lainya

Bitcoin memiliki sifat tidak terpusat, sehingga bebas dari campur tangan pihak sentral dan pemerintah, tidak tergantung pada catatan transaksi yang mereka pegang, tapi dicatat oleh sistem yang dikendalikan oleh semua orang di dunia, pada Bitcoin setiap komputer yang terhubung dengan sistem akan berpartisipasi dalam pencatatan ini, menyimpan salinan dari setiap transaksi dan penyimpanan sehingga tidak mungkin untuk memanipulasi sistem ini karena harus memanipulasi ratusan ribu komputer di seluruh dunia.

Hal ini yang membuat Bitcoin menjadi sangat aman, sistem ini juga transparan karena tidak hanya dikuasai dan dikendalikan oleh sekelompok orang yang berwenang di Bank sentral dan pemerintah, dan yang paling penting adalah sistem ini sebagai perlindungan nilai terhadap inflasi, karena jumlah Bitcoin yang terbatas hanya 21 juta koin di seluruh dunia sehingga tidak bisa dimanipulasi oleh pihak tertentu untuk diperbanyak semaunya. Bitcoin menjadi solusi atas semua masalah yg adapada system matauang biasa yang ada sekarang ini.

Apakah Bitcoin akan menjadi mata uang di masa depan?

Apakah Bitcoin akan menjadi mata uang di masa depan
Gambar: istockphoto.com

Hukum dasar mata uang ialah dia bakal disetujui serta diterima semua orang diseluruh dunia, maksudnya dia bakal jadi satu-satunya yang diterima oleh semua orang, kita bakal melihat ilustrasi berikut:

  1. Mana mesin pencari yang sering anda gunakan? Pasti jawabannya adalah Google bahkan mungkin nama-nama seperti Yandex, Infoseek, CC search dan DuckDuckGo terdengar asing di telinga anda.
  2. Pertanyaan kedua Dimana ada menghabiskan waktu menonton video? pasti jawabannya adalah YouTube bahkan mungkin nama-nama seperti Vimeo, Metacafe, Dailymotion, Veoh terdengar asing di telinga anda.

Pada abad dgital kaya sekarang ini, pemenang akan menguasai semuanya, hal yang sama berlaku utk matauang Crypto, hanya ada 1 matauang Crypto yg bakal mendominasi serta diterima semua orang, di dalam internet, semua yang dipakai berdasarkan kesepakatan dari seluruh pengguna dan setiap seseorang mempunyai hak yg sama utk memilih, semakin besar penggunanya jadi dia bakal jadi pemenang.

Bitcoin dibangun di internet dan akan mempunyai pola yg sama, pda akhirnya matauang Crypto akan mengikuti pola yang sama dimana semua orang akan menerima ini sebagai mata uang digital dan alat pembayaran yang sah. Sebagai gambaran Bitoin menjadi teknologi yang diadopsi paling cepat di dunia, untuk mencapai nilai kapitalisasi pasar satu USD 1 Triliun. Apple membutuhkan waktu 42 tahun, Amazon membutuhkan 24 tahun, Google membutuhkan 22 tahun, Bitcoin hanya membutuhkan waktu 12 tahun untuk mencapainya. Bitcoin menjadi penemuan terbesar di abad digital ini, Bitcoin adalah teknologi jauh lebih Superior, jauh lebih canggih, dan jauh lebih unggul dibandingkan sistem mata uangkonvensional, terutama dizaman dgital sekarang.

👉TRENDING:   Pengenalan Tentang Bitcoin Dan Mata Uang Digital (Cryptocurrency)

Bitcoin akan menjadi era baru mata uang, Satoshi Nakamoto pencipta Bitcoin berkata saya yakin dalam waktu 20 tahun akan ada transaksi Bitcoin dalam jumlah sangat besar atau tidak ada transaksi sama sekali.

Dimana Anda bisa membeli Bitcoin?

Dimana Anda bisa membeli Bitcoin
Gambar: istockphoto.com
Anda bisa membeli Bitcoin melalui aplikasi-aplikasi seperti indodax, tokocrypto, rekeningku, pintu, luno, 5 Aplikasi ini sudah mendapat izin dari BAPPEBTI badan pengawas perdagangan berjangka di Indonesia. Berapa modal minimal membeli Bitcoin? Harganya satu Bitcoin saat ini adalah 700juta/coin tapi anda tidak harus punya uang segitu untuk membeli Bitcoin, modal minimal untuk membeli Bitcoin adalah Rp50.000 anda akan mendapat Bitcoin sebesar 0,00007 Bitcoin.

Apakah investasi di Bitcoin merupakan keputusan yang bagus?

Apakah investasi di Bitcoin merupakan keputusan yang bagus
Gambar: istockphoto.com

Investasi harus selalu dipandang dari sudut pandang risiko dan keuntungan, risikonya adalah seberapa besar anda akan kehilangan uang keuntungannya adalah seberapa besar yang akan anda peroleh. Pertama kita akan membahas mengenai resiko terlebih dahulu. Resiko dalam investasi Bitcoin sangat besar, ada kemungkinan anda akan kehilangan semua uang anda di sini.

Bitcoin merupakan teknologi dan bergantung apakah orang akan menerima ini sebagai mata uang atau tidak, seiring waktu semakin banyak orang belajar mengenai Bitcoin, Apakah semakin banyak orang menerima dan menggunakannya, tapi tidak ada garansi bahwa di masa depan bahwa Bitcoin akan diterima oleh semua orang, jika semua orang di seluruh dunia memutuskan untuk tidak menggunakan Bitcoin, maka Bitcoin akan menjadi tidak ada harganya.

Tetapi potensi keuntungan investasi Bitcoin akan sangat besar, potensi keuntungan jauh lebih besar dibandingkan resikonya. Mari kita coba hitung potensi keuntungannya, kita gunakan emas sebagai ilustrasinya, emas memiliki sifat yang serupa seperti Bitcoin, meskipun emas memiliki bentuk fisik tapi tidak banyak memiliki fungsi kecuali sebagai penyimpan nilai, emas dapat ditambang seperti Bitcoin, emas memiliki jumlah yang terbatas seperti Bitcoin, emas dipakai sebagai alat pelindung wilayah terhadap inflasi dan krisis ekonomi, sama seperti Bitcoin karena kesamaan sifat dengan emas maka Bitcoin sering disebut sebagai emas digital, jika kita melihat total nilai emas diseluruh duniasaat ini sekitar USD 12 Triliun, sedangkan nilai Bitcoin diseluruh duniasaat ini hanya sekitar USD 1 Triliun, artinya Bitcoin mempunyai ruang yg sangat besar untuk mencapai potensi kenaikannya, yaitu sebesar 1000% lebih.

👉TRENDING:   5 Aplikasi Investasi Saham: Ada Yang Modal Awal Bisa 10 Ribu

Meskipun belum tentu hal ini jadi kenyataan, tapi ada kemungkinan untuk mencapai ke sana, seperti yang kita lihat sekarang ini Elon Musk orang terkaya di dunia membeli Bitcoin senilai USD 1,5 milyar atau setara Rp21 Triliun, Elon Musk juga mengungkapkan bahwa Bitcoin sudah diterima sebagai alat pembayaran untuk membeli mobil Tesla, meskipun potensi keuntungan Bitcoin sangat besar tapi yang pasti anda tidak ingin mengalokasikan semua investasi Anda ke Bitcoin karena potensi risikonya juga cukup besar, ingat risikonya bahwa anda bisa saja kehilangan semuanya.

Warren buffet mengatakan “Saya bisa bilang dengan pasti bahwa investasi di mata uang Crypto akan berakhir dengan sangat buruk, Bitcoin sama sekali tidak memiliki nilai, tidak menghasilkan apa-apa, Bitcoin hanya sebuah khayalan, anda hanya berharap orang lain bersedia membeli Bitcoin anda lebih mahal, Tapi orang lain yang membeli akan mendapat masalah karena nilainya nol”

Apa yang perlu diperhatikan oleh pemula?

Apa yang perlu diperhatikan oleh pemula
Gambar: istockphoto.com

Dengan mempertimbangkan resiko diatas, akan lebih bijak jika anda hanya akan berinvestasi hanya sebesar berapa yang anda mampu untuk kehilangan, Berikut tips investasi Bitcoin untuk pemula:

  1. Jangan pernah untuk menggunakan semua simpanan anda untuk berinvestasi di Bitcoin, jangan pernah menggunakan uang hutang atau uang yang dipakai untuk kebutuhan sehari-hari, ingat risikonya anda bisa kehilangan keseluruhan dari uang anda.
  2. Berpikir untuk investasi masa depan, ingat potensi kenaikannya Bitcoin baru akan mencapai potensi terbesarnya setelah beberapa tahun kedepan.
  3. Jangan terlalu sering melihat pergerakan harga Bitcoin, harganya Bitcoin bergerak sangat liar, bagi sebagian orang hal ini bisa menimbulkan stres dan panik selling, fokuslah bekerja jangan mau diperbudak oleh uang, biarkan investasi anda tumbuh dengan sendirinya.