Pengenalan Tentang Bitcoin Dan Mata Uang Digital (Cryptocurrency)

Pengenalan Bitcoin  dan Mata uang Digital
Gambar: istockphoto.com

Kita akan belajar pengenalan Bitcoin, kita akan mempelajari terminologinya, ada 3 istilah

  1. Blockchain
  2. Cryptocurrency atau mata uang digital
  3. Bitcoin

Pengenalan Bitcoin  dan Mata uang Digital

Pengenalan Bitcoin  dan Mata uang Digital-2
Gambar: istockphoto.com

Jadi Blockchain itu? Anda dapat mempelajari Blockchain dari banyak sudut, anda dapat belajar dari sudut “teknis” yang kompleks, dan dari sudut bahasa  yang sederhana dan dapat di mengerti dalam bahasa sehari-hari.

1. Blockchain

Blockchain adalah teknologi di balik Bitcoin, Blockchain sebenarnya adalah buku besar atau ledger dan itu terdistribusi, artinya tidak ada entitas yang bisa mengendalikannya dan itu didistribusikan di dalam jaringannya sendiri (blockchain)
jaringan ini akan mencatat setiap transaksi antar pihak, tanpa entitas pusat (atau perantara). Tidak ada entitas yang mengontrol jaringan ini untuk memverifikasi dan melanjutkan transaksi.

Contoh:  Katakanlah misalnya kita memiliki transaksi normal, misal dua pihak, Agus dan Budi,  Agus mau transfer ke Budi dalam mata uang IDR (Rupiah), Agus akan menghubungi bank penerbitnya, misalnya Bank A dan mentransfer dana ke Bank B, Di Bank A, mereka memiliki catatan atau disebut buku besar Agus, misalnya Berapa banyak uang yang Agus miliki, dan setiap detail transaksi yang dilakukan Agus disimpan dalam buku besar ini, buku besar ini bukan untuk umum, jadi buku besar ini hanya untuk Agus (buku besar pribadi). Setelah Bank A melakukan validasi, dana akan ditransfer ke Budi, yang akan diterima oleh Bank B, Bank B juga melakukan verifikasi dasta dan seterusnya.

👉TRENDING:   Ingin investasi Syariah? Ini Dia 5 Saham Syariah Yang Bagus

2. Cryptocurrency

Cryptocurrency
Gambar: istockphoto.com

Kemudian kita akan melanjutkan selanjutnya tentang cryptocurrency, Cryptocurrency adalah mata uang digital yang dapat menyimpan nilai. Ada banyak cryptocurrency, misalnya Bitcoin, Ethereum, Ripple, BitcoinCash, Ini adalah kripto yang sering kita dengar, jadi Bitcoin bukan satu-satunya Cryptocurrency.

3. Bitcoin

Bitcoin-2
Gambar: istockphoto.com

Bitcoin merupakan cryptocurrency yang pertama kali (pelopor), dikembangkan menggunakan teknologi blockchain. BTC memiliki nilai transaksi terbesar, pada 2018 mencapai USD 1,8 triliun.

Saya akan memberikan ilustrasi, misalnya ada 2 pihak, A dan B, mereka ingin melakukan transaksi. Apa yang mereka lakukan?, mereka akan menukar barang misalnya, Sapi akan ditukar dengan Emas, jadi ini adalah Emas Logam adalah mata uangnya dan teknologinya adalah fabrikasi. jadi emas yang dicetak menjadi koin, maka kita bisa menggunakan koin ini untuk barter, sedikit lebih jauh ke depan, kemudian ini di ganti menjadi uang, menjadi catatan jual beli antar barang diganti pakai nota. Ini bukan satu-satunya, bisa juga menggunakan IDR,USD, GBP, atau JPY dan ini alat tukarnya berupa uang kertas, menggunakan teknologi cetak

👉TRENDING:   Ketahui Ciri-ciri Investasi Bodong, Jangan Sampai Tertipu

Itu sebabnya ketika kelebihan pasokan dapat menyebabkan inflasi meningkat. Sekarang, atau dalam waktu dekat,
Bitcoin, mirip dengan contoh sebelumnya, jadi instrumennya adalah BTC, dan jenis mata uang yang kita sebut mata uang crypto dan teknologi di baliknya adalah blockchain

Jadi di ini, saya ingin memberikan perbandingan antara ketiganya (note dan gold) Jadi apa sebenarnya Bitcoin itu Karakteristik Bitcoin seperti emas, berharga, terbatas, misalnya jika anda menambang emas, persediaannya terbatas dan emasnya nanti akan habis. Emas memiliki pertahanan yang kuat terhadap inflasi, dan sangat jauh berbeda dari note
Catatan dicetak, oleh pemerintah (tidak terbatas).

  1. BTC mirip dengan emas, berharga, terbatas, dapat di bagi-bagi
  2. BTC bisa berfungsi sebagai alat pembayaran, sekarang dapat membeli barang di Jepang menggunakan Bitcoin Lebih cepat, lebih mudah, dan lebih murah.
  3. BTC mirip seperti Internet Tidak ada pihak / entitas yang dapat mengontrolnya, dan terbuka untuk semua orang. jadi, ini adalah definisi lengkap. Bitcoin adalah bagian dari mata uang digital atau mata uang crypto, Bitcoin tidak dikendalikan oleh bank, tidak didukung oleh pemerintah mana pun dari negara mana pun. Tapi itu berasal dari jaringan komputer terdesentralisasi yang menggunakan algoritma tertentu.
👉TRENDING:   5 Aplikasi Investasi Saham: Ada Yang Modal Awal Bisa 10 Ribu

Algoritma ini disebut kriptografi, mereka menggunakan penghitungan matematika tertentu, dan dengan demikian mata uangnya disebut cryptocurrency, yang menggunakan teknologi blockchain. Bitcoin saat ini adalah cryptocurrency tertua dan terbesar sekarang.

Kenapa perlu tau tentang Bitcoin

1. Innovatife

Bitcoin adalah inovatif baru yang sangat inovatif.

2. Disruptive.

Bitcoin masih dalam tahap yang sangat awal, Ini seperti email pertama kali diperkenalkan ke dunia Email ini mengganggu industri, pengiriman surat pengiriman surat dari satu titik ke titik lain, disruptive ini akan berdampak pada banyak industri dan ekosistemnya.

3. Future tech

Sekarang masih belum dapat menentukan apa yang akan terjadi pada Bitcoin di masa depan. Bitcoin masih berkembang dan berubah tetapi anda perlu tahu, agar anda dapat mempersiapkan diri, jangan kewalahan, atau tertinggal, atau tidak tahu apa-apa tentang teknologi baru ini. Jadi, jangan tinggalkan. Anda akan tahu bagaimana mengambil posisi Anda dalam waktu dekat.

4. Investment

Dalam hype bitcoin ini, ada peluang investasi, di mana kita dapat menghasilkan keuntungan atau penerima manfaat bagi kita.