Pengin Makan Banyak Tapi Takut Gemuk Ini Solusinya

3 Tips Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal, Meski Makan Banyak

Tips menjaga berat badan
Gambar: istockphoto.com

Hallo sobat aloberita, pasti kalian pernah melihat orang yang makan banyak itu tidak gemuk-gemuk, orang makan banyak, makan kesukaan, makanya tidak normal tapi badannya tidak gemuk, Nah pasti kalian mau seperti itu ya? Nah jadi jangan salah sangka kalau pengin makan banyak, namun tidak gemuk, itu bisa dan memang ada caranya.

Berat badan tetap stabil walaupun banyak makan, tetapi ketika makan banyak, kemudian setelah ditimbangan berat badan naik, kemudian berpikir karena semalam makan banyak, jadi akan menyalahkan diri sendiri.

Tips menjaga berat badan

Tips menjaga berat badan-2
Gambar: istockphoto.com

Mempertahankan berat badan, itu bukan perkara yang sulit sebenarnya. Tetapi banyak orang yang menjadi sulit karena kurang pengetahuan, kurang niat yang sungguh-sungguh, tetapi makan banyak namun berat badan tidak naik itu bukan perkara yang mustahil, ada beberapa tips ataupun cara yang bisa dilakukan jika ingin makan banyak berat badan tidak bertambah.

1. Tingkatkan aktifitas

Jangan malas tingkatkan aktivitas, makan banyak tapi aktifitas minimal ataupun banyak diamnya, malas bergerak, tentu ini perkara yang serius, jadi emang berat badan dapat meroket kalau aktivitasnya sedikit ataupun sering rebahan. Ketika makan banyak aktivitas minimal banyak energi yang disimpan di tubuh.

đŸ‘‰TRENDING:   5 Penyebab Yang Menyebabkan Telinga Jadi Gatal

Lemak menumpuk, berat badan bertambah, akhirnya beda cerita kalau seandainya makan banyak, banyak pula geraknya, aktivitasnya, hal yang dikerjakan, maka berat badan lebih cenderung stabil.

Jika makan banyak menjadikan gemuk ya jelas, berarti aktifitasnya kurang, jadi energi akan disimpan jadi timbunan lemak, Contohnya misalkan makan ataupun seneng ngemil tapi sambil mengerjakan tugas ataupun duduk intinya itu, tentu berat badan bisa naik. Jadi tingkatkan aktivitasnya, banyak bergerak ,bisa olahraga, naik turun tangga, jalan kaki ataupun beres-beres rumah, mengerjakan sesuatu yang pakai tenaga, pokoknya aktivitasnya ditingkatkan.

Banyak nya pembakaran kalori itu tergantung dari aktivitasnya, durasinya, kemudian berat badanya sendiri, jadi banyak faktor yang mempengaruhinya, kemudian kalau seandainya sebentar aktivitasnya ya sedikit energi yang terpakai, namun kalau lama terus-terusan misalkan 30 menit sampai 1 jam itu juga banyak energi yang terpakai.

Misalnya bisa lari, jogging, jadi itu bisa dilakukan dirumah. Ataupun latihan ketahanan push-up, sit-up, ataupun pelatihan lain. ini bisa dikombinasikan ataupun kegiatan yang lainnya.

2. Pilihan makanan

Ketika pengin makan banyak namun berat badan tetap terjaga, perhatikan makanannya, jangan memilih makanan yang kurang sehat, cepat saji, ataupun makanan fast food, junk food ataupun makanan tinggi kalori lainnya.

đŸ‘‰TRENDING:   Menjaga kesehatan Dan Dampak Balita Minum Kopi

Nah jadi pilihlah makanan sehat, pilihlah makanan rendah kalori, bernutrisi, bergizi, bisa sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, jadi dalam pemilihan makanan juga sangat berpengaruh terhadap cara menurunkan berat badan, terhadap menjaga berat badan tetap ideal, jadi berat badan tidak meroket.

Kemudian juga bisa memperbanyak protein serta serat ketimbang banyak makan karbohidrat ataupun banyak makan lemak, ketika makan protein banyak, serat banyak, akan cenderung kenyang, jadi kalau kenyang kan juga tidak makan sembarangan, makanya juga akan lebih terkontrol, nafsu makan dapat terkendali.

Diimbangi dengan aktivitas tinggi ataupun olahraga, misalkan pisang, apel, telur, kentang, ataupun misalkan buah-buahan yang rendah kalori lainnya, jadi banyak sekali macam-macam makanan sehat.

3. Jalani makan sehat

Makan banyak tetapi ujung-ujungnya tidak sehat karena kebiasaannya salah, jadi jangan makan berlebihan, jangan sampai kekenyangan sampai sakit perut.

Kemudian banyak orang juga salah dalam mengartikan, saat makan banyak orang makan itu hanya karena kepingin, bukan karena lapar. Kemudian banyak juga orang yang makan di luar jam makan ataupun tidak memiliki jam makan ataupun waktu makan.

đŸ‘‰TRENDING:   5 Cara Menghilangkan Kebiasaan Mengigau Saat Tidur

Jadi usahakan memang kalau makan itu memang saat lapar, kemudian makan juga kalau sudah memasuki waktu makan ataupun jam makan, jangan belum masuk jam makan tapi udah makan, jadi usahakan buat jam makannya itu setiap hari sama. Nah misalkan sudah memasuki jam makan tetapi tidak begitu lapar, nah ini harus tetep makan saja, tetapi dengan porsi yang sedikit. Makanlah saat lapar atau saat memasuki jam makan.

Kemudian juga kebiasaan yang salah itu makan tidak tenang, jadi makanlah dengan tenang, jangan terburu-buru, jangan sambil melakukan aktivitas, jangan mengerjakan sesuatu, dengan menonton, jangan mengobrol, jadi penting sekali makan itu dengan tenang, makan dengan perlahan, menikmati setiap kunyahan, menikmati setiap rasa makanan supaya otak kita bisa menerima respon kalau kita sudah makan. jadi dikirimkan sinyal kita sudah kenyang, kalau makan buru-buru atau makanya istilahnya Bar-bar ya otak bingung, ini makan udah kenyang atau belum.