Daftar Aplikasi Adzan dan Sholat Curi Data Pribadi

Daftar Aplikasi Adzan dan Sholat Curi Data Pribadi

Aplikasi Adzan dan Sholat Curi Data Pribadi – Pihak Kominfo (Kementerian Komunikasi serta Informatika) merespons terdapatnya informasi belasan aplikasi yang diprediksi mencuri data pribadi pengguna.

Dari belasan laporan itu, 4 di antara lain merupakan aplikasi adzan serta sholat.

Mengutip dari detikcom, Dedy Permadi sebagai juru bicara Kominfo berkata kalau pihaknya tengah mempelajari beberapa dugaan pencurian data pribadi dengan cara ilegal.

“Koordinasi lebih lanjut dengan pihak Polda Metro Jaya akan dilakukan terpaut upaya serta langkah-langkah selanjutnya yang akan didapat sesuai ketentuan yang berlaku,” ujar Dedy pada Kamis (21/ 4).

👉TRENDING:   Bot Nulis v1 Membuat Tulisan Asli di Telegram serta WA

Lebih lanjut, Dedy menarangkan kalau pihak Google Play Store yang berplatform di ponsel android sudah mengambil tindakan pada aplikasi yang diprediksi melakukan pembobolan data pribadi pengguna tanpa hak.

“Aplikasi itu diwajibkan buat menghapus fitur pengambilan informasi pengguna, bila ingin dapat kembali diakses oleh konsumennya di Google Play Store,” sambungnya.

Daftar Aplikasi Adzan dan Sholat Curi Data Pribadi

Terpaut dugaan ini, Kominfo membagikan peringatan pada warga supaya meningkatkan keamanan pada handphone dengan melakukan tahap sebagai berikut:

👉TRENDING:   Download Joy Pony Apk Simulator Terbaru 2022

1). Memutakhirkan sistem keamanan perangkat

2). Melakukan instalasi ulang kepada aplikasi yang diduga memproses data pribadi secara tanpa hak bila aplikasi sudah tampak kembali di Google Play Store serta menghapus fitur yang memproses informasi pribadi secara tanpa hak

3). Tidak membagikan informasi individu pada pihak yang tidak bersangkutan.

Diberitakan sebelumnya, para pengamat keamanan AppCencus menemukan terdapat sebagian aplikasi yang menanamkan software development kit (SDK).

Ada pula data pengguna yang dicuri itu berbentuk nomor telepon, alamat email, data IMEI, informasi GPS, SSID router sampai lokasi.

👉TRENDING:   Link download 你的宿舍 APK Ghost 3D Mod APK Play Mods

Aplikasi itu ditanamkan buat mengambil informasi sensitif dari handphone pengguna serta dijadikan selaku malware oleh para peneliti. buruknya, aplikasi pencuri informasi pribadi pengguna sudah diunduh sebanyak 10 juta kali.

Selanjutnya daftar 4 aplikasi sholat serta adzan yang dihapus Google Play Store sebab ketahuan mengakulasi data pengguna dengan cara diam-diam:

  1. Al Quran Mp3-50 Reciters & Translation Audio-1 juta download
  2. Full Quran MP3-50+ Languages & Translation Audio-1 juta download
  3. Al-Moazin Lite (Prayer Times)-10 juta download
  4. Qibla Compass-Ramadan 2022-5 juta downloa