Ketahui 5 penyebab telinga jadi gatal-aloberita
Gambar: istockphoto.com

5 Penyebab Yang Menyebabkan Telinga Jadi Gatal

5 Penyebab Yang Menyebabkan Telinga Jadi Gatal
Gambar: istockphoto.com

Pasti pernah kan merasakan gatal pada telinga. kalau gatal kan biasanya di garuk-garuk di colok-colok pakai lidi, cotton bud ataupun pakai colokan lainnya. nah, biasanya kalau seandainya pakai cotton bud ataupun pakai lidi di puter-puter geli gitu sensasinya jadi lebih enak dan gatalnya jadi berkurang.

Kemudian timbul rasa geli, tapi ketika temen-temen gatal di korek-korek, dicolok-colok, ini resiko bisa lecet bisa trauma nanti malah jadiĀ  infeksi kalau infeksi ya bukan hanya gatal saja, kalau infeksi timbul malah nanti timbul penyakit di telinga.

5 Penyebab kenapa telinga bisa gatal

5 penyebab kenapa telinga bisa gatal
Gambar: istockphoto.com

Telinga gatal bisa dirasakan oleh siapa saja, kapan saja, pasti pernah merasakan telinga gatal kadang telinga gatalĀ  ini bisa menjadi pertanda bahwa ada sesuatu di telinga, bisa jadi ada infeksi, bisa jadi ada kelainan di situ, saat mengalami telinga yang gatal jangan buru-buru, jangan gegabah untuk langsung dicolok sendiri di korek-korek sendiri, yang ditakutkan malah nanti jadinya trauma infeksi pada telinga. Jadi pengobatannya akan lebih rumit nanti kalau ada infeksi, jadi ada beberapa penyebab yang bikin telinga gatal.

šŸ‘‰TRENDING:   5 Manfaat Tomat Untuk Kecantikan

1. Akibat alat bantu dengar

Akibat alat bantu dengar
Gambar: istockphoto.com

Ketika orang yang memakai alat bantu dengar ini bisa menyebabkan telinganya gatal karena biasanya air terjebak di situ, kotor, yang akan menimbulkan reaksi alergi ataupun misalkan ukuran alat bantu dengar nya tidak pas jadi bisa elemen depanya lebih kencang ataupun lebih kuat sehingga menimbulkan reaksi gatal. Jadi ketika menggunakan alat bantu dengar sebaiknya rajin dibersihkan, kemudian juga sesuaikan ukurannya yang pas pada telinga jangan kekecilan ataupun kegedean.

2. Telinga keringĀ 

Banyak orang yang masih salah beranggapan dengan mengorek telinga sampai bersih, sampai nggak ada kotoran sama sekali, Apakah itu baik? itu bagus? Ternyata itu salah karena dengan mengorek seluruh serumen ataupun kotoran dalam telinga yaitu akan membuat telinga kering kelembaban disitu berubah, karena normalnya memang harus ada serumen di telinga bagian dalam, ditelinga itu memang harus ada serumen jangan sampai di korek bersih sekali sampai kulit aja lagi tersisa.

Ini bisa menyebabkan telinga gatal ya mudahnya timbulnya infeksi, mudahnya timbulnya bakteri, karena menjaga kelembaban telinga itu sangat penting yang normal jadi ada kelembaban tersendiri didalam telinga jadi jangan sampai mengorek terlalu bersih sampai kering. Inilah yang menyebabkan telinga gatal mudah terkena infeksi jadi benda asing gampang masuknya seperti bakteri, kuman, jamur jadi gampang masuk.

šŸ‘‰TRENDING:   8 Makanan Dan Minuman Untuk Mengatasi Susah Tidur (Insomnia)

kemudian seandainya kelembaban yang berbeda terlalu kering, telinga juga akan mengelupas kulit di bagian telinga. Nah, itu tandanya memang telinganya terlalu bersih dan terlalu kering jadi sampai kulitnya mengelupas. Jadi jangan sampai mengorek telinga sampai bersih atau disuruh orang untuk minta telinganya di korekin sampai bener-bener hilang serumeinnya.

3. Radang pada telinga

Saluran telinga radangnya bisa kemerahan bengkak bahkan timbulnya nyeri, ini biasanya juga ada reaksi alergi seperti timbulnya rasa gatal. Ketika telinga radang jangan tambah di colok-colok ataupun di korek-korek nanti malah radangnya makin meningkat ataupun radangnya bukannya teratasi malah tambah parah.

Nah, ketika merasa telinganya ada sakit atau nyeri kemudian juga ada kemerahan sebaiknya segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan ataupun pengobatan yang tepat. Jangan pintar-pintar sendiri misalkan ada radang dipencet-pencet, dicolok-cowlok, ditusuk-tusuk, ini malah beresiko infeksinya tambah parah, radangnya juga tambah parah yang

4. Infeksi pada telinga

Jadi ketika mengalami infeksi pada telinga bagian luar ataupun otitis eksterna ini akan menimbulkan reaksi gatal juga. Biasanya yang memiliki higienitas jelek pada telinga misalkan sering berendam renang ataupun sering terkena sesuatu yang kotor ditelinganya ataupun tidak sengaja di colok-colok dan infeksi jadinya, jadi jangan sampai mengalami infeksi telinga ataupun telinga bagian luar karena infeksi telinga.

šŸ‘‰TRENDING:   6 Cara Ampuh Mengatasi Rambut Ubanan Secara Alami

Namanya penyakit harus diobati jangan dibiarkan terlalu lama takutnya nanti infeksinya malah tambah parah, banyak orang yang mengalami infeksi telinga luar itu biasanya di akalinya sendiri dibersihkan dicolok-colok. Ini timbul ragam
infeksinya makin meningkat, jadi jangan sampai ketika telinganya bermasalah dikerjain sendiri datanglah ke profesional ke dokter dan konsultasikan masalah kesehatannya.

5. Psoriasis

Jadi timbulnya ruam merah yang gatal yang biasanya kalau seandainya terkena di area telinga tentu telinga akan gatal. Ini terjadi akibat reaksi autoimun yang menyebabkan adanya ruam situ nah ketika mengalami keluhan ini jangan di garuk berlebih nanti lecet, kalau lecet nanti malah tambah nyeri. Ketika mengalami keluhan ini memang sebaiknya diobati jangan dibiarkan nanti tambah luas jadi tambah lebat, temui dokter untuk mengatasi masalah telinga anda.

Itu tadi 5 penyebab yang paling sering yang menyebabkan telingaĀ  terasa gatal. Jadi kalau mengorek telinga jangan dikorek sampai bersih, kalau gatal jangan dikorek sendiri takutnya nanti tambah masuk malah menyenggol gendang telinga nanti malah jadi infeksi ataupun jadi sakit, kemudian juga bagi yang memiliki kebiasaan-kebiasaan yang higienitas nya jelek sebaiknya jaga kebersihan supaya tidak timbul infeksi. Sakit pada telinga walaupun hanya gatal kemudian jangan pintar-pintar sendiri mengobati telinganya sendiri tanpa obat ataupun temui dokter.