buah yang di sarankan dan yang tidak di sarankan bagi penderita asam lambung
Gambar: istockphoto.com

Buah Penyembuh Asam Lambung Dan Buah Yang Tidak Di Sarankan

Tips mengatasi asam lambung
Gambar: istockphoto.com

Asam lambung ini sangat tidak nyaman sekali, kalau sedang kumat mau makan gak enak kemudian nafsu makan juga enggak ada perut juga enggak nyaman, jadi memang serba salah nggak makan nggak sakit, makan pun juga gak enak. Jadi memang asam lambung ini banyak faktor penyebabnya yang paling sering adalah karena telatnya makan ataupun makan tidak teratur.

Nah, itu adalah faktor yang paling sering menyebabkan kambuh ataupun kumat tapi selain itu juga kita harus memperhatikan makanan mana yang baik dan makanan mana yang tidak baik ataupun yang tidak disarankan, karena apa? penting supaya tidak kambuh-kambuhan.

Buah yang di sarankan untuk penderita asam lambung

Asam lambung naik Lakukan10 hal ini ketika asam lambung kambuh
Gambar: istockphoto.com

Jadi  buah-buahan apa saja yang baik ataupun yang disarankan dan buah yang kurang baik ataupun tidak disarankan untuk penderita asam lambung. Jadi simak pembahasan di bawah ini supaya tidak kambuh lagi. Jadi ada beberapa buah yang baik ataupun disarankan untuk penderita asam lambung.

1. Pepaya

Pepaya
Gambar: istockphoto.com

Nah jadi siapa yang tidak tahu pepaya? pasti tahu ya mungkin di tempat lain namanya berbeda ragamnya tapi buah ini disarankan ataupun baik untuk penderita asam lambung. Kenapa? Buah pepaya ini bagus ataupun disarankan karena buah pepaya ini mengandung enzim, enzim ini dia sangat bagus sekali, Kenapa? karena enzim ini berasal dari getah buah pepaya nah enzim ini berfungsi untuk sistem pencernaan, dia untuk membantu proses pencernaan dan membantu menguraikan makanan menjadi lebih mudah, gampangnya seperti itu.

Kemudian tentu buah pepaya ini banyak mengandung vitamin ataupun mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Ketika asam lambungnya kumat boleh makan buah pepaya ataupun yang sedang tidak kumat, hanya sekedar ingin makan buah pepaya untuk mendapatkan manfaat sehatnya. Selain tekstur buah pepaya yang lembut kemudian juga itu tadi, memang buah ini  ketika asam lambungnya sedang kambuh ataupun perutnya sedang tidak nyaman ini membantu proses pemuliha gangguan lambung.Nah ini mau dibikin buah potong silakan ataupun mau dimakan buah panjang,  tapi jangan juga makanya terlalu berlebihan nanti malah sakit perut.

👉TRENDING:   8 Makanan Yang Membantu Menyuburkan Kandungan Agar Cepat Hamil

2. Apel

Apel
Gambar: istockphoto.com

Mungkin sudah sering mendengar buah apel itu bagus untuk penderita maag, memang buah apel ini sudah tidak asing lagi, memang bagus. kenapa? karena selain tinggi serat kemudian juga mengandung kalsium, kalium dan magnesium yang ketiga zat ini sangat membantu terhadap proses penyembuhan lambung.

Kemudian walaupun buah ini bagus. Namun, harus hati-hati kenapa? ada buah apel yang harus dihindari nah apel hijau biasanya rasa sedikit asam kalau seandainya makan yang asam-asam tentu malah nanti jadi tambah kumat ataupun tambah tidak nyaman. Jadi pilih apel yang matang dan yang warnanya merah jadi biar enggak asem, didapat manfaatnya
dapat sehatnya.

3. Pisang

Pisang
Gambar: istockphoto.com

Buah pisang ini juga bagus untuk penderita maag, Jadi buah pisang ini bisa membantu  untuk menetralkan asam lambung , karena teksturnya yang lembut otomatis juga gampang dicerna oleh perut, oleh lambung. kemudian buah pisang ini mengandung kalium, Ini juga sangat bagus bagi penderita asam lambung ataupun maag supaya cepat pulih.

Pisang apa yang bagus? Nah, biasanya muncul lagi pertanyaan seperti itu, intinya pisang pilihlah yang mateng kemudian pilih yang memang rasanya manis jangan masih setengah mateng rasanya asem, pilihlah yang matang. Pisang juga mengandung serat yang tinggi  jadi sangat bagus sekali untuk pencernaan, selain lambung untuk pencernaan juga sangat bagus kemudian ketika makan pisang di kunyah dulu abis itu ditelan sampai ke kerongkongan, ini juga bisa mengurangi iritasi di esophagus tenggorokan dari naiknya asam lambung.

👉TRENDING:   Ketahui 6 Kondisi Yang Bisa Menyebaban Rasa Sakit Saat Menelan

4. Melon

Melon
Gambar: istockphoto.com
Buah melon ini kaya akan magnesium. nah, Kalau beli Antasid obat yang sering dijual di apotik untuk gangguan Maag, itu ada kandungan magnesiumnya jadi melon ini juga mengandung ataupun kaya akan magnesium, jadi memang bagus ketika penderita maag makan melon, supaya cepet pulih untuk membantu lambung.

5. Kelapa

Kelapa
Gambar: istockphoto.com

kok kelapa? jadi yang dimaksud adalah air kelapa jadi air kelapanya sangat bagus ketika mengkonsumsinya, kenapa seperti itu? karena dia bisa menenangkan sistem pencernaan, dia juga bisa menghambat peradangan pada lambung jadi ini memang cocok sekali ketika ada sakit maag.

Kemudian kalau mengkonsumsi kelapa tapi jangan aneh-aneh kebanyakan orang minum air kelapa ditambah sirup, ditambah gula, tepung, dan ditambah-tambah yang lainnya. Jadi efektivitasnya jadi gak karu-karuan malah nanti kalau minum sakit perut, jadi memang yang murni yang bener-bener masih orisinil.

Buah yang TIDAK di sarankan untuk penderita asam lambung

Tadi buah-buahan yang baik ataupun yang disarankan untuk orang yang ada sakit maag, berikutnya adalah buah-buahan yang kurang baik ataupun tidak disarankan bagi penderita maag. Nah diantaranya:

• Golongan jeruk

Golongan jeruk
Gambar: istockphoto.com

Jadi golongan jeruk ini memang tidak disarankan ataupun kurang baik. Apa saja? mau jeruk bali, jeruk nipis, jeruk lemon ataupun golongan jeruk lainnya. semuanya pasti ada rasa asem, kecut, juga nggak boleh kenapa? itu memang vitaminnya ada memang dibutuhkan oleh tubuh tapi kalau punya sakit maag itu dihindari dulu ataupun dibatasi

Apa lagi kalau makan jeruk langsung dikumat, itu enggak boleh, Tapi kalau masih toleransi masih bisa ya harus dibatasi, takutnya nanti kebanyakan juga jadi kumat, Kenapa harus dibatasi? Karena jeruk kan rasanya memang asa, ini bisa meningkatkan resiko kambuh, bisa mengiritasi lambung kemudian kalau kambuh berasa sakit, tentu ujung-ujungnya mau sehat tapi palah jadi sakit. Jadi memang harus dibatasi golongan-golongan jeruk ini.

• Tomat

Tomat
Gambar: istockphoto.com

jadi kalau suka mengkonsumsi tomat dan sering asam lambungnya kambuh, bisa saja ini jadi penyebabnya. kenapa?  Karena tomat itu memang sifatnya asam jadi memang harus dibatasi supaya tidak kambuh, bukan enggak boleh namun harus dibatasi, kecual memang kalau habis makan tomat langsung kambuh berarti emang enggak boleh, tapi kalau masih makan tomat nggak kambuh berarti boleh tapi dibatasi jangan berlebihan.

👉TRENDING:   Cara Membersihkan Muka Yang Benar

•  Alpukat

Alpukat
Gambar: istockphoto.com

Walaupun buah alpukat banyak manfaatnya, tapi ini tidak bersahabat dengan orang yang ada sakit maag ataupun asam lambung. Kenapa? karena buah alpukat ini mengandung lemak, kalaupun lemaknya lemak sehat tapi dia enggak baik untuk penderita asam lambung, karena dia bisa merelaksasi otot-otot lambung sehingga bisa memicu naiknya asam lambung kumat ataupun bisa memicu sakit lambung ataupun sakit maag nantinya.

Nah, jadi memang ada buah yang disarankan ataupun yang baik untuk penderita asam lambung, kemudian juga ada buah baik yang bisa menetralkan asam lambung bisa membantu pemulihan sakit lambung. Tetapi ada buah juga yang tidak disarankan ataupun yang harus dibatasi jumlahnya kalau kebanyakan bisa kambuh jadi memang harus pilih-pilih terhadap buah-buahan ataupun makanan yang di konsumsi.