Aplikasi Penjernih Video di Smartphone dan Cara Penggunaanya
Aplikasi Penjernih Video di Smartphone dan Cara Penggunaanya

Aplikasi Penjernih Video di Smartphone dan Cara Penggunaanya

Mungkin Anda pernah merasa kesal ketika merekam video tapi hasilnya terlalu buram atau berisik? Atau, mungkin saja barangkali saat menonton video atau film di perangkat mobile, kualitas videonya kurang bagus dan tidak tajam? Maka, aplikasi penjernih video dapat membantu memperbaiki kualitas video yang buram dan juga menghilangkan noise yang mengganggu.

Aplikasi penjernih video adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk meningkatkan kualitas video dan audio. Aplikasi ini akan secara otomatis menstabilkan video Anda yang bergoyang, menghilangkan noise, serta memperbaiki kekurangan kualitas lainnya pada video agar terlihat lebih tajam dan jelas.

Apa itu Aplikasi Penjernih Video?

Aplikasi penjernih video sangat berguna bagi para vlogger atau pengguna smartphone yang hobi merekam video dengan kualitas yang bagus. Bukan hanya itu, aplikasi ini juga sangat dibutuhkan oleh para pengguna Youtube dan Instagram yang ingin menjaga kualitas video mereka agar lebih menarik dan terlihat profesional.

Aplikasi penjernih video sangat mudah digunakan dan menyediakan fitur yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Terlebih lagi, sebagian besar aplikasi penjernih video tersedia secara gratis dan juga ada beberapa aplikasi yang berbayar dengan fitur yang lebih lengkap.

Untuk mempermudah, di bawah ini beberapa fitur pada aplikasi penjernih video yang sangat berguna dan dapat digunakan dalam proses editing video.

1. Stabilisator

Fitur stabilisator berfungsi untuk membuat video yang kurang stabil menjadi lebih stabil. Aplikasi penjernih video dapat menghilangkan getaran atau goncangan pada video sehingga hasilnya terlihat lebih professional. Hal ini sangat penting untuk video yang diambil secara handheld atau dengan menggunakan kamera action seperti GO PRO.

Beberapa aplikasi penjernih video memiliki fitur stabilisator yang sangat baik. Beberapa di antaranya adalah aplikasi AndroVid, FilmoraGo, dan Adobe Premiere Pro.

Baca Juga:  Aplikasi Buat Stiker

2. Reduksi Noise

Reduksi noise digunakan untuk menghilangkan suara latar yang tidak diinginkan pada video. Suara latar ini seringkali terjadi ketika merekam video dalam kondisi yang tidak ideal seperti di lingkungan yang berisik. Aplikasi penjernih video dapat memberikan perbaikan audio yang lebih baik dan menghilangkan noise yang ada pada video agar suara lebih jernih.

Beberapa aplikasi penjernih video yang memiliki fitur reduksi noise yang bagus adalah Adobe Premiere Pro, FilmoraGo, dan InShot Video Editor.

3. Peningkatan Kualitas Video

Fitur ini sangat berguna untuk merekam video dalam kualitas yang lebih tinggi seperti 4K. Selain itu, juga dapat digunakan untuk mengubah resolusi atau ukuran video agar lebih pas dengan kebutuhan.

Beberapa aplikasi penjernih video yang memiliki fitur peningkatan kualitas video yang bagus adalah Adobe Premiere Pro, PowerDirector, dan FilmoraGo.

4. Pilihan Filter

Fitur ini biasanya terdapat pada aplikasi edit video pada umumnya. Dengan menggunakan filter pada video, maka akan memberikan kesan yang lebih menarik dan artistik. Ada berbagai pilihan filter yang dapat digunakan untuk menghasilkan video yang lebih memukau, mulai dari filter vintage, hingga filter yang lebih modern.

Beberapa aplikasi penjernih video yang memiliki pilihan filter yang menarik adalah InShot Video Editor, FilmoraGo, dan Adobe Premiere Rush.

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu aplikasi penjernih video beserta beberapa fitur yang dapat digunakan untuk membuat video menjadi lebih bagus dan lebih menarik. Pilihan aplikasi penjernih video sangatlah banyak dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Dengan adanya beberapa fitur yang sudah disebutkan di atas, tentunya Anda dapat menjadikan video Anda lebih menarik dan terlihat lebih professional.

Cara Menggunakan Aplikasi Penjernih Video

Aplikasi penjernih video adalah salah satu aplikasi yang dapat membantu kita mengatasi masalah dengan kualitas video yang buruk. Aplikasi ini dapat memperbaiki video yang terdistorsi, kabur atau terlalu gelap sehingga menjadi lebih baik dalam hal kualitas. Berikut ini adalah cara-cara menggunakan aplikasi penjernih video:

1. Download dan Instal Aplikasi

Langkah pertama untuk menggunakan aplikasi penjernih video adalah dengan mendownload dan menginstal aplikasi tersebut di smartphone atau komputer. Ada banyak aplikasi penjernih video yang dapat kita unduh dari toko aplikasi (Google Play atau App Store) atau situs web penyedia aplikasi.

Baca Juga:  Aplikasi Karaoke Offline

2. Pilih Video yang Ingin Diperbaiki

Setelah aplikasi terinstal, kita dapat membuka aplikasi tersebut dan memilih video yang ingin diperbaiki. Biasanya kita harus menambahkan atau memuat video tersebut ke dalam aplikasi terlebih dahulu sebelum melakukan perbaikan pada video.

3. Lakukan Penjernihan

Setelah video terpilih, langkah selanjutnya adalah melakukan proses penjernihan pada video. Langkah ini terdapat beberapa pilihan tergantung dari aplikasi penjernih video yang digunakan.

Pilihan pertama, kita dapat menyesuaikan kecerahan atau brightness pada video, karena kecerahan atau brightness yang buruk dapat membuat sebuah video terlihat kabur dan buram. Biasanya kita dapat menyesuaikan kecerahan atau brightness pada aplikasi penjernih video dengan menggeser bar pencocokan ke atas atau ke bawah sampai menemukan hasil yang paling baik.

Pilihan kedua, kita dapat memperbaiki keburaman dengan menghapus noise (penghilang suara) pada video. Kita dapat menyelesaikan proses ini dengan memilih tombol “remove noise” pada aplikasi penjernih video dan akan melakukan proses penghilangan noise secara otomatis.

Pilihan ketiga, kita dapat menyempurnakan video dengan menggunakan fitur color correction yang tersedia di aplikasi. Color correction dapat dilakukan dengan memberi warna tertentu agar video terlihat lebih tajam atau terlihat lebih fresh.

4. Simpan dan Sebarluaskan Video

Setelah proses penjernihan selesai, langkah terakhir adalah menyimpan video dan menyebarkannya. Biasanya aplikasi penjernih video menyimpan video dalam bentuk yang dapat diputar pada hampir semua jenis perangkat, baik itu ponsel, tablet ataupun komputer. Dan kita juga dapat mengunggah video yang telah diperbaiki di media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Widget Giant.

Nah, itulah cara menggunakan aplikasi penjernih video dengan mudah dan efisien. Dengan melakukan penjernihan video, kita dapat meningkatkan kualitas video sehingga dapat menarik perhatian pengunjung dan meningkatkan daya tarik konten video kita. Teruslah bereksperimen dengan berbagai jenis aplikasi penjernih video yang tersedia di pasaran agar dapat memberikan hasil yang memuaskan.

Aplikasi Penjernih Video Terbaik untuk Smartphone

Apakah Anda mempunyai koleksi video yang sayang untuk dihapus tetapi kualitasnya tidak bagus? Jangan khawatir, sekarang ada berbagai aplikasi penjernih video yang bisa Anda gunakan langsung di smartphone Anda. Berikut ini adalah beberapa aplikasi penjernih video terbaik untuk smartphone.

Baca Juga:  Cara Mengunduh Aplikasi WhatsApp untuk Laptop

1. Adobe Premiere Rush

Adobe Premiere Rush adalah aplikasi penjernih video yang mampu menghasilkan video berkualitas HD dalam hitungan menit saja. Aplikasi ini sangat mudah digunakan bahkan oleh pemula sekalipun. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur seperti kemampuan untuk mengedit audio dan teks dalam video, serta menyimpan video langsung di cloud.

2. FilmoraGo

Bagi Anda yang ingin membuat video dengan banyak efek dan transisi, FilmoraGo adalah aplikasi yang paling tepat. Dengan aplikasi ini, Anda dapat menambahkan efek, teks, musik, dan transisi dalam video dengan mudah dan cepat. FilmoraGo juga menyediakan banyak template dan filter sehingga video yang dihasilkan akan menjadi lebih menarik dan kreatif.

3. InShot

InShot adalah aplikasi penjernih video yang sangat mudah digunakan untuk mengedit video. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur seperti menambahkan teks, musik, dan filter. InShot juga mendukung berbagai format video seperti MP4, MOV, dan AVI, sehingga Anda dapat mengedit video dalam berbagai format yang ada.

4. YouCut

Jika Anda membutuhkan aplikasi untuk memotong dan menggabung video, maka YouCut adalah pilihan yang tepat. Aplikasi ini tidak hanya dapat memotong dan menggabungkan video, tetapi juga dapat menambahkan filter, transisi, dan musik pada video. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur untuk memperkecil ukuran file sehingga video yang dihasilkan dapat diupload dengan mudah di berbagai media sosial.

Dengan berbagai aplikasi penjernih video terbaik untuk smartphone di atas, sekarang Anda bisa dengan mudah menghasilkan video berkualitas menggunakan smartphone Anda. Pilih aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.