Cara Mendownload Video dari Youtube ke Galeri Tanpa Aplikasi
Cara Mendownload Video dari Youtube ke Galeri Tanpa Aplikasi

Cara Mendownload Video dari Youtube ke Galeri Tanpa Aplikasi

Dalam era digital ini, berbagai macam tutorial, musik, dan hiburan dapat dengan mudah diakses melalui situs web. Salah satu platform populer adalah Youtube, yang menyediakan video dengan beragam topik. Bagi pengguna Youtube, terkadang kita ingin mengunduh video tersebut ke dalam galeri perangkat kita.

Tapi sayangnya, tidak semua orang tahu cara mengunduh video tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Hal ini bisa jadi sangat sulit untuk dilakukan jika tidak tahu bagaimana cara melakukannya. Untungnya, di artikel ini, kita akan membahas trik download video pada browser tanpa aplikasi tambahan.

Trik download video pada browser tanpa aplikasi tambahan

download video dari youtube ke galeri tanpa aplikasi

Berikut adalah penjelasan lebih detailnya:

1. Download Video dengan Menambahkan “ss” di URL

Trik ini sangat mudah untuk Anda coba. Anda hanya perlu membuka video Youtube yang ingin diunduh, menyalin URL-nya, kemudian tambahkan huruf “ss” di depan URL tersebut. Sebagai contoh, jika URL video tersebut adalah “https://www.youtube.com/watch?v=12345”, maka tambahkan huruf “ss” sehingga menjadi “https://www.ssyoutube.com/watch?v=12345”. Kemudian pilih format videonya, lakukan proses unduh, dan tunggu hingga selesai.

2. Download Video dengan Bantuan Situs Download

Selain cara pertama, Anda juga dapat menggunakan situs download video yang menyediakan fitur download video Youtube tanpa perlu instalasi aplikasi tambahan. Ada banyak situs yang menyediakan layanan ini, seperti Savefrom.net, VidPaw, atau KeepVid. Ambil contoh dengan menggunakan situs Savefrom.net, Anda cukup membuka situs tersebut dan memasukkan URL video Youtube, lalu pilih format video yang diinginkan, dan klik download.

Baca Juga:  Cara Download Aplikasi Game di App Store

3. Download Video dengan Fitur Unduhan Pada Browser

Trik yang satu ini mungkin tidak banyak orang tahu, yaitu fitur unduhan pada browser. Beberapa browser modern, seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox telah menyediakan fitur unduhan video secara langsung dari halaman Youtube tanpa aplikasi tambahan. Fitur ini sangat berguna bagi mereka yang ingin lebih mudah dalam mengunduh video, terutama bagi mereka yang sering menggunakan browser untuk browsing dan menonton video. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengunduh video dengan fitur unduhan pada browser Google Chrome dan Mozilla Firefox:

a. Unduh Video dengan Fitur Unduhan pada Google Chrome

  1. Buka video Youtube pada browser Google Chrome
  2.  Klik kanan pada tayangan video tersebut dan pilih opsi “Inspect”.
  3. Setelah jendela “Inspect Element” terbuka, pilih tab “Network”.
  4. Putar tayangan video tersebut dan tunggu sampai proses loading selesai. Setelah selesai, akan muncul berbagai file di daftar Network, cari file yang berformat “.mp4” dan ukurannya cukup besar.
  5. Klik kanan pada file tersebut dan pilih opsi “Open in new tab”.
  6. Setelah tampil di tab baru, unduh video tersebut dengan menekan tanda download pada pojok kanan layar.

b. Unduhan Video dengan Fitur Unduhan pada Mozilla Firefox

  1. Buka video Youtube pada browser Mozilla Firefox.
  2. Klik kanan pada tayangan video dan pilih opsi “Tampilkan Informasi Halaman”.
  3. Akan muncul jendela baru, pilih tab “Media” dan cari file video yang diinginkan dengan format “.mp4”.
  4. Klik dua kali pada file tersebut dan proses unduhan akan langsung dimulai.
Baca Juga:  10+ Aplikasi Pelacak Lokasi Nomor HP

Sebagai kesimpulan, kini Anda memiliki beberapa pilihan untuk mengunduh video Youtube tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan. Anda dapat mencoba trik download video pada browser tanpa aplikasi tambahan seperti menambahkan “ss” pada URL, menggunakan situs download, atau fitur unduhan pada browser. Dengan trik ini, Anda dapat lebih mudah dan cepat mengunduh video dari Youtube dan menyimpannya ke dalam galeri perangkat Anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Alternatif download video menggunakan VLC Media Player

VLC Media Player tidak hanya berfungsi sebagai pemutar video, tetapi juga dapat digunakan sebagai alternatif untuk mendownload video dari YouTube. Cara download video menggunakan aplikasi ini cukup mudah dan simpel. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Pastikan sudah menginstal VLC Media Player di perangkat komputer atau laptop anda. Jika belum, silakan download dan instal aplikasi ini terlebih dahulu.
  2. Buka YouTube lalu cari video yang ingin Anda download. Copy URL video tersebut.
  3. Buka aplikasi VLC Media Player. Pilih menu “Media” dan klik “Open Network Stream” atau bisa juga dengan menekan tombol “CTRL+N” pada keyboard.
  4. Akan muncul jendela “Open Media”. Di bagian “Network” paste URL video yang sudah dicopy tadi. Klik “Play”.
  5. Video yang sudah dipaste URL-nya tadi akan diputar di aplikasi VLC Media Player. Setelah itu, klik tombol “Tools” dan pilih “Codec Information” atau bisa juga menggunakan shortcut “CTRL+J”.
  6. Di jendela “Codec Information”, akan muncul informasi tentang video yang diputar. Di bagian bawah jendela tersebut, terdapat URL video yang bisa di-copy. Copy URL video tersebut.
  7. Buka browser lalu paste URL video yang sudah dicopy. Video akan diputar dalam browser. Klik kanan pada video dan pilih “Save Video As…”.
  8. Setelah itu, tentukan folder penyimpanan video tersebut dan klik “Save”. Proses download video akan dimulai.
  9. Tunggu beberapa saat hingga proses download selesai. Video akan tersimpan di folder yang sudah ditentukan.
Baca Juga:  Aplikasi Yasin dan Tahlil Tanpa Iklan

Dengan menggunakan VLC Media Player, Anda bisa mendownload video dari YouTube tanpa perlu repot menginstal aplikasi tambahan. Cara ini juga lebih mudah dan simpel dibandingkan alternatif download video menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua video yang diproteksi hak cipta dapat di-download secara bebas. Pastikan untuk hanya mengunduh video yang telah mendapat izin dari pemilik hak cipta. Jangan mengunduh video secara ilegal karena bisa menimbulkan masalah hukum.

Selain itu, pastikan juga untuk menggunakan aplikasi downloader yang dapat dipercaya sehingga tidak menimbulkan masalah pada perangkat Anda seperti virus atau malware. VLC Media Player merupakan aplikasi yang aman dan terpercaya, sehingga Anda bisa menggunakannya dengan tenang.

Dengan memanfaatkan VLC Media Player sebagai alternatif download video dari YouTube, Anda bisa dengan mudah mengoleksi video kesukaan tanpa perlu khawatir kualitas video atau keamanan perangkat Anda. Cobalah cara ini dan rasakan kemudahannya!