Ini Dia 6 Cara Mengatasi Alergi Kulit Secara Alami-2

Ini Dia 6 Cara Mengatasi Alergi Kulit Secara Alami

Cara mengatasi alergi kulit dengan bahan alami
Gambar: istockphoto.com

Hallo sobat aloberita, teman-teman yang punya alergi kulit, gejala yang timbul itu bisa macam-macam setiap orang bisa berbeda, ada yang ringan, berat, kalau seandainya keluhannya bentol-bentol, gatal gatal, hanya ruam kemerahan yang mungkin lama-lama bisa hilang sendiri, tetapi kalau seandainya gejala lain yang berat memang harus membutuhkan pertolongan. Kalau seandainya gatal-gatal pun kalau memang terganggu a memang bagusnya dilakukan pertolongan supaya tidak mengganggu aktivitas.

Kali ini kita akan membahas cara alami meredakan reaksi alergi kulit, memang tidak bisa dipungkiri kalau seandainya untuk mengendalikan alergi yaitu adalah dengan cara menghindari alergen, kalau seandainya terpapar alergen ataupun pemicu alergi tentu nanti tubuh merespon, kemudian timbulah reaksi alergi.

Cara mengatasi alergi kulit dengan bahan alami

Cara mengatasi alergi kulit dengan bahan alami-2
Gambar: istockphoto.com

Sebenarnya pemicu alergi itu tidak berbahaya, misalkan saya ambil contoh adalah udara dingin, sebenarnya kan udara dingin itu enggak berbahaya, tetapi karena tubuh itu salah mengenalinya salah meresponnya kemudian dilepaskan lah vitamin dan timbul reaksi peradangan akhirnya timbulah misalkan bentol-bentol, kemerahan, bengkak, ataupun keluhan sebagainya. Jadi sebenarnya alergen itu tidak berbahaya tapi tubuh hanya salah mengenali atau pun meresponnya.

👉TRENDING:   Ketahui Sebelum Terlambat, Ciri-ciri Kamu Mengalami Gagal Ginjal Kronis

Nah jadi ada beberapa cara yang bisa dilakukan, cara alami untuk meredakan reaksi alergi di kulit diantaranya.

1. Lidah buaya

Lidah buaya ini dia senyawa anti peradangan, jadi memang bagus sekali untuk meredakan reaksi alergi di kulit, kemudian juga sifat lidah buaya ini kan dingin, kemudian juga antimikroba jadi dia bisa membunuh mikroba-mikroba pada kulit, kalau seandainya luka lecet atau luka tergores ini biar jadi bersih, jadi tidak ada mikrobanya.

Lidah buaya bisa meredakan ataupun mengurangi reaksi gatal, tetapi yang perlu diingat lidah buaya ini bukan untuk mengobati alergi, tapi hanya membantu meredakan reaksi alergi, jadi jangan salah paham.

Pastikan teman-teman tidak alergi terhadap lidah buaya, jadi kalau menggunakan lidah buaya tetapi timbul yang aneh-aneh di kulit, jangan digunakan, tetapi kalau aman saja ya ini boleh-boleh dicoba. Jadi tidak ada salahnya meredakan reaksi alergi dengan lidah buaya.

2. Kompres es

Yang perlu temen-temen garis bawahi dulu saat menggunakan cara ini pastikan teman-teman tidak alergi dingin, kalau seandainya energi, itu tidak bisa. Ketika mengompres es di bagian yang timbul alergi misalkan timbul bentol, ini akan memberikan sensasi nyaman dingin yaitu akan menenangkan reaksi alerginya, apalagi kalau seandainya ketika dikompres es itu kadang ada kulit yang mati rasa, ini akan membantu mengurangi pembengkakan pada kulit.

👉TRENDING:   3 Tips Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal, Meski Makan Banyak

Bisa mengompres es menggunakan botol, botol diisi es ataupun pake kain dingin dan perasaan yang sudah dingin, sensasi yang dirasakan cuma sesaat, jadi tidak bisa digunakan dalam jangka panjang, kemudian ada juga cara caranya supaya aman dalam mengompres, jangan lebih mengompres dari 20 menit, jangan lama-lama, tidak boleh.

Kemudian berikan jeda 1 jam, kalau seandainya sudah dikompres, istirahat dulu baru kompres lagi, kemudian kalau ingin mengompres es harus pakai alas, jangan langsung ke kulitnya itu juga tak boleh.

3. Oatmeal

Oatmeal bukan cuma buat diet, buat mengenyang kan perut, tetapi juga bisa digunakan buat meredakan reaksi alergi. Jadi ini akan melindungi jadi tidak iritasi yang kemudian melindungi kulit supaya tidak terkena alergen.

Ini bisa digunakan lalu penting untuk diketahui, dengan menggunakan oatmeal ini juga bisa membantu menjaga kelembaban kulit dan juga meredakan rasa gatal pada kulit.

4. Hindari paparan langsung sinar matahari

Kalau seandainya sedang ada reaksi alergi, memang disarankan menghindari panasnya sinar matahari secara langsung, karena akan mengakibatkan tak nyaman dikulit, gatalnya makin gatal, kemudian ruamnya bisa semakin kemerahan, ini memang disarankan untuk tidak langsung terpapar sinar matahari, karena sinar matahari dan sengatan matahari ini juga akan membuat alergen, yaitu semakin sensitif yang akan membuat lebih bereaksi dan sensitif.

👉TRENDING:   0816 Kartu Apa? Operator mana? Provider Apa? Nomor Apa?

Untuk menghindarinya bisa menggunakan misalkan celana panjang, baju lengan panjang ataupun memang tidak keluar di tempat yang panas-panas.

5. Gunakan pakaian yang longgar

Kadang ada orang yang alergi terhadap bahan-bahan tertentu dari pakaian, misalkan bahan karet ataupun bahan lainnya, Nah mungkin teman-teman tidak sadar, ketika menggunakan bahan tersebut, rupanya muncul reaksi alergi, ataupun memang tidak memiliki alergi terhadap bahan yang teman-teman gunakan, tetapi pakaian yang digunakan terlalu ketat, ini juga akan membuat tidak nyaman dan juga akan membuat alerginya semakin tidak nyaman.

Jadi memang disarankan gunakan pakaian yang lebih longgar, jadi jangan yang ketat-ketat atau pun sempit, atau misalkan ada alergi terhadap bahan pakaian tertentu, nah ini harus dihindari pemicunya, hindari jenis bahan tersebut dan jangan tetap digunakan.

6.Gunakan pakaian warna netral

Jangan memakai pakaian yang terlalu terang, takutnya itu ada pewarna, takutnya nanti bisa sensitif.

Kalau seandainya telah mengikuti step-step diatas tadi tetapi keluhan menetap ataupun memberat, tidak ada perubahan, tidak ada perbaikan, silakan berkonsultasi ke dokter ataupun mengkombinasikannya dengan tips di atas tadi.